10 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih University of Manchester | Blog Ruangguru

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih University of Manchester

Apa yang langsung terbersit di pikiranmu saat mendengar kata Manchester? Untuk kamu yang penggila bola, tentu jawabannya klub bola terkenal Manchester United dan Manchester City. Namun, untuk kamu yang sedang merencanakan studi ke Inggris, mungkin akan langsung teringat dengan salah satu universitas ternama di kota tersebut. Yup, universitas itu adalah University of Manchester. Yuk, menjelajah kampus University of Manchester. Baca terus sampai akhir, ya!

University of manchester

University of Manchester

Foto: edumovlive.com

Menurut Times Higher Education World University Ranking, University of Manchester menduduki peringkat ke-55 di dunia. Sedangkan untuk wilayah United Kingdom, universitas ini berada di urutan ke-8. Kalau kamu penasaran masuk ke universitas ini susah atau tidak, pokoknya kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi semua persyaratan pendaftarannya. Ayo semangat!

University of Manchester

University of Manchester

Foto: ddar.manchester.ac.uk

University of Manchester sudah berdiri sejak tahun 1824. Selain bangunan yang modern, kampus ini tetap mempertahankan bangunan kunonya. Semua gedung yang dibangun sejak lama dipertahankan bentuk aslinya. Sedangkan gedung-gedung barunya bergaya arsitektur modern. Universitas ini merupakan merger dari dua institusi pendidikan berbeda yaitu Victoria University of Manchester dan University of Manchester Institute of Science and Technology. Keduanya sepakat untuk bergabung di tahun 2004.

manchester3

University of Manchester

Foto: plus.google.com

Kalau kamu berkuliah di University of Manchester, dijamin kamu tidak hanya akan fasih dalam berbahasa Inggris. Kamu juga akan punya kesempatan untuk belajar bahasa negara lain karena teman-temanmu akan berasal dari banyak negara berbeda. Kamu pun tidak perlu merasa asing di sana karena ada banyak juga mahasiswa yang berasal dari luar Benua Eropa.

University of Manchester

Foto: University of Manchester

Foto: pace.edu

Di University of Manchester terdapat empat fakultas, yaitu: Faculty of Humanities, Faculty of Life Sciences, Faculty of Medical and Human Sciences, dan Faculty of Engineering and Physical Sciences. Nantinya keempat fakultas tersebut akan dibagi lagi menjadi beberapa school berbeda. Setiap school akan memiliki beberapa jurusan. Sebagai contoh, di Faculty of Humanities ada Alliance Manchester Business School dan di dalamnya ada berbagai jurusan, seperti: MarketingFinance, dan lain-lain. Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan studimu di sana, pastikan kamu sudah mempelajari setiap jurusan yang ada, ya. Dengan begitu, kamu akan menemukan jurusan yang paling sesuai dengan minatmu.

University of Manchester

University of Manchester

Foto: timeout.com

Kamu suka nonton serial Sherlock Holmes? Jika ya, pasti kamu tahu dong aktor yang memerankan detektif Sherlock di serial tersebut? Yup, ia adalah Benedict Cumberbatch. Ia merupakan alumni dari University of Manchester, lho. Saat menjalani studi S1-nya, Cumberbatch mengambil jurusan drama. Selain alumni, ada juga sosok terkenal lainnya yang memiliki hubungan dengan University of Manchester. Ia adalah Alan Turing. Ilmuwan yang kisah hidupnya diceritakan dalam film berjudul Imitation Game ini pernah bekerja di Departemen Matematika di University of Manchester. Selain itu, ada musisi Phil Collins, Vidi Aldiano, Ed O’Brien, dan masih banyak lagi.

University of Manchester

University of Manchester

Foto: metro.co.uk

Kamu mungkin akan betah berlama-lama di kampus jika berkuliah di University of Manchester. Pasalnya, fasilitas yang diberikan oleh kampus untuk para mahasiswanya sangat lengkap. Kamu bisa mengakses beragam jurnal secara gratis, bebas meminjam buku, bahkan mengajukan pengadaan buku oleh perpustakaan. Gedung yang dikhususkan untuk menjadi tempat belajar mahasiswa bernama Alan Gilbert Learning Common buka selama 24 jam.

University of Manchester

Foto: flickr.com

Di dalamnya ada PC cluster, ruangan untuk belajar kelompok, dan kubikel untuk belajar individu. Selain itu, di sana juga ada sleeping pod yang bisa digunakan selama 20 menit. Pas banget untuk mahasiswa yang butuh istirahat sejenak setelah sekian lama belajar. Semua gedung di kampus University of Manchester dilengkapi dengan fasilitas untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan. Seperti kursi roda, ruangan khusus pembawa sifat disleksia, perpanjangan waktu untuk menyelesaikan segala tugas, ketika ujian ada yang membantu, dan masih banyak lagi. Jadi, semua mahasiswa punya akses yang sama terhadap fasilitas di kampus.

University of Manchester

University of Manchester

Foto: cs.manchester.ac.uk

Selayaknya universitas lain, pembelajaran utama dilakukan di dalam kelas. Sesudah itu, mahasiswa harus aktif untuk belajar secara mandiri melalui fasilitas yang tersedia. Selain kuliah umum, ada juga kelas seminar. Saat kelas seminar, mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi. Pada beberapa jurusan, ada kelas laboratorium juga. Di universitas dengan rektor Lemn Sissay ini, para mahasiswa bisa mengakses semua materi perkuliahan secara online di sebuah platform khusus. Materi tersebut lengkap dengan presentasi dosen dan bahkan rekaman kuliahnya, lho. Semua tugas juga dikumpulkan di platform tersebut. Pokoknya semua dokumen perkuliahanmu terekam di sana. Canggih, kan?

University of Manchester

University of Manchester

Foto: salveinternational.org

Siapa bilang kuliah di universitas bagus waktumu hanya akan habis untuk belajar? Di University of Manchester, kamu juga dianjurkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di luar lingkup akademis. Ada berbagai jenis society, atau kalau di Indonesia dikenal dengan nama Unit Kegiatan Mahasiswa, yang bisa kamu ikuti sesuai minatmu. Dari mulai olahraga, kesenian, debat, dan lain-lain. Kamu juga bisa bergabung di Student Union alias BEM-nya University of Manchester. Selain itu, ada juga beragam kegiatan volunteering yang bisa kamu ikuti setiap minggunya. Universitas pun juga membuka beberapa posisi pekerjaan part time di kampus untuk para mahasiswa. Jika kamu menggunakan masa kuliahmu dengan baik, kamu tidak hanya akan mendapat ilmu tapi juga pengalaman-pengalaman berharga yang bisa menjadikanmu pribadi yang lebih unggul.

University of Manchester

University of Manchester

Foto: geograph.org.uk

Manchester adalah kota yang cukup sibuk, namun tidak se-crowded London. Suasananya sangat kondusif untuk belajar tetapi juga cukup ‘hidup’ untuk kamu bersenang-senang saat weekend. University of Manchester merupakan bagian tak terpisahkan dari kotanya dan dekat dengan berbagai macam toko, teater, bioskop, restoran, dan fasilitas olahraga. Biaya hidup di Manchester terhitung murah jika dibandingkan dengan di London. Banyak konser-konser artis ternama yang diselenggarakan di kota ini, lho. Terutama untuk orang Indonesia, terdapat kelebihan lainnya yaitu ada banyak Warga Negara Indonesia yang merantau di Manchester.

University of Manchester

University of Manchester

Foto: placenorthwest.co.uk

Kalau kamu tinggal dekat dengan kampus, mungkin kamu tidak perlu naik transportasi umum untuk pergi kuliah. Namun, kalau tempat tinggalmu agak jauh, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan. Salah satu yang paling populer adalah sepeda. Yup, selain murah kamu juga bisa sekaligus berolahraga. Ada jalur khusus sepeda yang bisa kamu gunakan sehingga perjalananmu lebih aman. Selain itu, kamu juga bisa naik bus gratis dari City Campus ke North Campus (untuk fakultas Engineering and Physical Science, letaknya di North Campus) dengan menunjukkan kartu mahasiswamu. Terakhir, kamu bisa naik bus umum yang jadwalnya akurat. Nggak perlu takut terlambat, deh.

Gimana? Tertarik untuk kuliah di University of Manchester? Siapkan dirimu sebaik-baiknya ya! (AZN/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Didirikan oleh Louis Rocca, seorang imigran muda asal Italia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.