Ruangguru Blog

    Inilah 10 Hadiah yang Orang Tua Harapkan dari Anaknya

    By Ruangguru · Feb 13, 2017

    Sebagai seorang anak, sudah sepantasnya kita membuat orang tua bahagia. Segala jerih payah orang tua memang tidak akan pernah bisa dibalas dengan setimpal. Namun, bukan berarti tidak melakukan usaha apa-apa, kan?

    Sejauh ini, apa saja yang sudah pernah kamu lakukan untuk membalas budi pada orang tua? Mungkin 10 hadiah ini bisa kamu berikan untuk membahagiakan mereka, smart buddies.

    orang tua - Ruangguru

    Apapun yang sedang kamu kerjakan saat ini, jalani dengan penuh tanggung jawab. Misalnya kamu adalah pelajar, maka tugasmu adalah belajar dengan tekun. Coba pikirkan, berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan orang tua agar membuatmu merasa #BelajarJadiMudah? Kalau kamu sudah bekerja, maka kerjakan profesimu dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Hasilnya dijamin akan memuaskan hatimu, juga orang tuamu.

    orang tua - Ruangguru

    Mengurus anak bukan perkara mudah lho, smart buddies. Sebisa mungkin orang tua akan rela bersusah payah demi memenuhi kebutuhan anaknya. Maka dari itu, sebagai anak kamu harus bisa paham bahwa usaha kecil apa pun yang mereka lakukan hanya untukmu patut diapresiasi. Coba mulai dari sekarang, perhatikan hal-hal yang kamu anggap remeh.

    orang tua - Bekal yang disiapkan orang tua Bekal yang disiapkan orang tua. (Sumber: howsouthafrica.com)

    Misalnya, disiapkan sarapan dan bekal sebelum kamu berkegiatan di luar rumah. Meskipun rasanya tidak seenak makanan mahal di restoran favoritmu, tapi kamu patut menghargainya. Mereka harus bangun lebih pagi darimu untuk persiapkan semuanya agar kamu tidak kelaparan saat menjalani aktivitas. FYI, orang tua sedih lho kalau masakannya tidak habis. Kalau kamu rasa masakan ibumu kurang sedap, bagaimana kalau kamu yang coba menyiapkan makanan sesekali? Mulai saja dengan resep-resep mudah.

    orang tua - Ruangguru

    Hal ini sepele, namun sulit sekali diupayakan, terlebih di generasi zaman sekarang. Padahal kamu kan hidup di era digital, semua pasti sudah memegang gadget. Apa susahnya sih memberi kabar ketika sedang di luar rumah agar orang tua tidak khawatir? Mengabari orang tua tidak sampai 5 menit lho, smart buddies. Kamu hanya perlu menelepon atau mengirim chat sebentar, beritahu di mana kamu sekarang, apa yang sedang kamu lakukan, dan dengan siapa. (ala lagu Kangen Band hehe). Masak sih, orang tua kamu kalah dengan pacar dan teman-teman? Jangan sampai ya!

    orang tua - Menelepon orang tua Menelepon orang tua. (Sumber: mikemazurek.com)

    Selain malas memberi kabar, terkadang banyak juga yang berbohong kepada orang tuanya. Sebenarnya kenapa sih harus bohong? Kalau kamu tidak melakukan hal-hal aneh di luar sana, tidak perlu ditutup-tutupi kan? Bayangkan kalau nanti kamu punya anak, dan kamu dibohongi. Pasti tidak mau dong? Ingat, apa yang kamu tabur, nantinya itu juga yang kamu tuai. Yuk tabur hal-hal baik!

    orang tua - Ruangguru

    orang tua - Meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang tua Meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang tua. (Sumber: iacpublishinglabs.com)

    Setelah sibuk seharian di luar rumah, tidak jarang kita memilih untuk langsung masuk ke kamar dan beristirahat. Well, memang sih otak dan fisik kita butuh istirahat. Namun tidak ada salahnya kan, luangkan waktumu sejenak untuk ngobrol dengan orang tua? Tidak perlu bahas yang berat-berat kok, smart buddies. Ceritakan saja kegiatanmu seharian, atau kamu bisa mencurahkan segala penat yang kamu rasakan di hari itu. Hal sesederhana ini akan membuat orang tuamu senang. Itu tandanya, kamu masih mau ‘mengorbankan’ sedikit waktu dan tenagamu untuk sekadar berbincang dengan mereka. Orang tua paham betul kok kalau kamu lelah.

    orang tua - Ruangguru

    Siapa di sini yang kamarnya masih dibereskan oleh orang tuanya? Hmm, mau sampai kapan begitu terus, smart buddies? Kalau keluhanmu selama ini adalah takut terlambat karena buru-buru ke sekolah/kampus/kantor, coba deh bangun lebih pagi. Rapikan seprai dan posisi bantal, lipat selimut, serta letakkan pakaian kotor di tempatnya sudah cukup kok.

    orang tua - Membantu ibu menyiapkan makanan Membantu ibu menyiapkan makanan. (Sumber: imgur.com)

    Jika di weekday kamu susah bangun pagi, kamu masih bisa melaksanakan hal ini di weekend, kan? Jadi tidak ada alasan ya, smart buddies. Setelah terbiasa merapikan kamar, kamu akan lebih inisiatif untuk mengerjakan hal-hal lain. Mencuci piring, menyiram tanaman, menyapu, dan masih banyak lagi.

    orang tua - Ruangguru

    Cara berpikir kita dengan orang tua tidak bisa disamakan. Hidupnya saja di zaman yang jelas-jelas berbeda. Syukur kalau orang tuamu adalah tipe modern yang mengerti pola hidup kekinian. Tapi kalau tidak? Mungkin akan sering bentrok nih, smart buddies.

    "Kenapa sih pemikiran orang tuaku sempit banget?"

    "Apa salahnya sih kalau aku pergi ke X?"

    "Kenapa aku dilarang melakukan hal Y? Ini kan tidak merugikan siapa-siapa."

    Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas pasti banyak bermunculan. Misalnya saja untuk pemilihan jurusan, perizinan untuk pergi ke sana-sini, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa bertubrukan. Masalah-masalah seperti ini tentu bisa memancing egomu untuk menjadi dominan. Nah, hal ini harus dihindari agar kamu tidak sampai melawan orang tua.

    Tipsnya, ketika emosimu tidak terkendali, tenangkan diri sejenak. Jika suasana hati sudah cukup tenang, kamu akan lebih mampu berpikir dengan jernih dan positif. Kemudian, coba ingat lagi apa yang sudah orang tuamu lakukan untukmu. Dengan mengingat jasa mereka, mungkin akan bisa meredakan amarahmu. Ingat, mereka adalah orang tua yang harus kamu hormati.

    orang tua - Ruangguru

    Jadilah anak yang berbakti dengan tidak menyulitkan, tapi meringankan beban orang tua. Cara yang bisa kamu lakukan? Jadilah mandiri, sehingga tidak perlu apa-apa diurusi orang tua. Mulai dari mendaftar sekolah/kampus, mengikuti program beasiswa, mencari kerja, atau membuka usaha sendiri untuk uang jajan tambahan.

    orang tua - Ruangguru

    orang tua - Jadi anak berprestasi Jadi anak berprestasi. (Sumber: freepik.com)

    Berikan pembuktian diri pada orang tua bahwa mereka tidak sia-sia menyediakan pendidikan terbaik bagimu dengan mencetak prestasi. Well, tidak semua orang bisa berprestasi di bidang akademis. Kamu masih bisa meraih prestasi di luar akademis kok. Apa hobimu? Tekuni, lalu ikuti banyak perlombaan. Tidak hanya kamu, orang tuamu pasti senang dan bangga luar biasa.

    orang tua - Ruangguru

    Ajak orang tua untuk jalan-jalan mencari hiburan mungkin agak mainstream. Bagaimana kalau memberangkatkan mereka umrah? Well, poin ini mungkin terdengar ngeri-ngeri sedap ya.  Mengingat, umrah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Eits, tapi hal ini bisa kamu wujudkan untuk membuat orang tua bahagia. Coba ikuti kontes #BelajarJadiBerkah deh, smart buddies. Caranya mudah! Coba ikuti step-stepnya di bawah ini:

    orang tua - ruangguru Kontes #BelajarJadiBerkah

    Psst, pastikan kamu sudah add official account LINE Academy dan LINE Ruangguru ya, smart buddiesSo, ajak seluruh keluarga dan temanmu untuk like dan share sebanyak-banyaknya ya! Bahagianya luar biasa dong jika bisa menghadiahi orang tersayangmu dengan voucher umrah? Informasi selengkapnya, klik di sini.

    orang tua - Ruangguru

    The last but not least, doa! Jangan pernah remehkan kekuatan doa ya, smart buddies. Setiap baru bangun dan sebelum tidur, selipkan orang tua dalam doa rutinmu. Semoga mereka sehat-sehat, panjang umur, dan dilimpahi keberkahan selalu.

    Itulah 10 hadiah yang sebenarnya diinginkan orang tua dari anaknya. Yuk bahagiakan orang tua kita selagi ada! (TN)

    Share this:

    Tags: fun facts, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!