10 Hobi yang Dijamin Meningkatkan Kecerdasan Kamu | Blog Ruangguru

10 Hobi yang Dijamin Meningkatkan Kecerdasan Kamu

Memiliki hobi tersendiri, selain membuat hati lebih gembira, tentu saja akan membuat waktu luangmu tidak terbuang sia-sia. Tapi, ternyata ada hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan, walau pun mungkin kamu tidak sedang belajar mata pelajaran di sekolah atau mengerjakan tugas.

Nah, kalau ada hobi yang bikin kamu lebih cerdas, pasti kamu akan memilih hobi ini kan dibandingkan dengan yang lainnya? Kita simak selengkapnya yuk, smart buddies! Jika ada yang kamu rasa cocok dengan karakter kamu, silakan langsung dicoba ya 😉

1. Bermain Alat Musik Instrumental

meningkatkan kecerdasan - Bermain musik

Bermain musik. (Sumber: pexels.com)

Apabila kamu menguasai satu atau beberapa alat musik, jangan tunggu sampai berdebu baru dimainkan. Lemaskan jari-jemarimu dan mulailah melakukan pemanasan dengan bermain tangga nada dasar, hingga lagu favorit kamu. Belum bisa main alat musik? Tandanya, ini saatnya kamu mencoba hal baru dengan belajar alat musik. Bisa otodidak sambil menonton video tutorial di Youtube atau minta bimbingan guru les musik.

2. Meditasi Secara Rutin

meningkatkan kecerdasan - Melakukan meditasi rutin

Melakukan meditasi rutin. (Sumber: freepik.com)

Hal ini sangat membantu dalam pengendalian emosi dan mengontrol pikiran yang ada di otak kamu lho. Juga, sangat bagus dilakukan bagi yang sulit berkonsentrasi karena terlalu banyak pikiran atau terbiasa melakukan multitasking. Meditasi perlu dilakukan secara rutin untuk menetralkan otak yang dipakai untuk berpikir secara terus menerus.

3. Membaca dengan “Lahap”

meningkatkan kecerdasan - Membaca buku sebanyak-banyaknya

Membaca buku sebanyak-banyaknya. (Sumber: pexels.com)

Selain meditasi, membaca buku juga terbukti dapat mengendalikan emosi. Di akhir pekan, cobalah membaca buku dengan topik yang berbeda-beda. Kamu bisa mulai dari komik berseri, novel inspiratif, biografi, hingga fiksi. Selain dapat mengubah-ubah cara pandang kamu terhadap sesuatu, juga melatih imajinasi kamu untuk membayangkan berbagai situasi di waktu yang berdekatan.

4. Olahraga Teratur

meningkatkan kecerdasan - Olahraga teratur

Olahraga teratur. (Sumber: pexels.com)

Hobi yang satu ini mungkin terdengar sudah biasa dilakukan banyak orang. Namun, tidak banyak yang dapat konsisten melakukannya, sehingga tidak merasakan betul manfaatnya. Olahraga menjaga kekuatan tubuh kita saat beraktivitas, yang kemudian dapat mendorong otak berpikir lebih jernih dan lebih tepat, terutama dalam mengambil keputusan penting.

5. “Olahraga” Otak

meningkatkan kecerdasan - Bermain catur untuk melatih kerja otak

Bermain catur untuk melatih kerja otak. (Sumber: pexels.com)

Merakit Lego, menyusun puzzle, atau menyelesaikan kumpulan teka-teki silang. Saat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, kamu akan ‘dipaksa’ untuk berkreasi dengan baik atau mengakhiri apa yang sudah kamu mulai. Secara bersamaan, kamu akan merasakan maanfaat menggunakan waktu dengan tepat. Kamu pasti akan merasa bangga jika bisa menghasilkan karya mutakhir dalam waktu sebentar saja.

6. Belajar Bahasa Asing Baru

meningkatkan kecerdasan - Belajar banyak bahasa asing

Belajar banyak bahasa asing. (Sumber: pexels.com)

Selain bahasa Indonesia atau bahasa internasional yang pada umumnya dikuasai orang, cobalah mengenal bahasa asing yang sama sekali belum pernah kamu dengar atau ketahui. Awali dengan mencari tahu kata sapaan, percakapan sederhana, angka dan huruf, hingga benda yang kamu lihat sehari-hari. Tempel kata-kata dalam bahasa asing tersebut di kaca atau di tempat yang mudah terlihat. Pasti kamu akan semakin lihai dalam menguasainya.

7. Bepergian ke Tempat Baru

meningkatkan kecerdasan - Menjelajahi tempat-tempat baru

Menjelajahi tempat-tempat baru. (Sumber: pexels.com)

Menjelajahi wilayah tertentu dengan modal peta atau Google Maps, memicu rasa ingin tahu yang sangat besar bukan? Ini merupakan kesempatan kamu untuk terkejut berkali-kali karena menemukan hal yang tidak biasa atau hal baru yang menambah pengetahuan kamu. Kamu tersesat? Nah, ini tantangan baru untuk kamu menemukan jalan keluarnya, hehehe.

8. Menulis Apa yang Kamu Rasakan

meningkatkan kecerdasan - Menuliskan apa yang sedang dirasakan

Menuliskan apa yang sedang dirasakan. (Sumber: pexels.com)

Dari pada menuangkan amarah kepada orang yang salah, lebih baik sedikit meredamnya dengan menuliskan apa yang membuatmu kesal pada secarik kertas. Terkadang, emosi yang meluap-luap terjadi karena otak kita tidak berpikir dengan jernih. Nah, setelah kamu menuliskannya, baca tulisan tersebut, maka kamu akan mengetahui apakah kamu patut ngomel-ngomel, atau malah melakukan introspeksi dan menerima kesalahan orang lain.

9. Menonton Pertandingan Olahraga

meningkatkan kecerdasan - Menyaksikan pertandingan olah raga

Menyaksikan pertandingan olah raga. (Sumber: freepik.com)

Selain berolahraga secara teratur, menonton pertandingannya juga dijamin membuatmu lebih cerdas. Mengapa? Kamu dapat menganalisis kedua tim yang sedang bertanding, memahami kekuatan dan kelemahan keduanya, serta mencermati tim mana yang lebih unggul hingga dapat memenangkan pertandingan.

10. Memasak Menu Masakan yang Berbeda-Beda

meningkatkan kecerdasan - Masak menu yang bervariasi

Masak menu yang bervariasi. (Sumber: pexels.com)

Memanfaatkan waktu luang dengan berkutat di dapur tidak hanya dapat dilakukan oleh perempuan, laki-laki pun bisa. Hindari memasak yang sudah kamu kuasai ya. Cobalah berbagai menu baru, dengan bahan masakan dan cara memasak yang baru juga. Butuh ketepatan dan ketelitian agar mandapatkan hasil masakan yang enak. Kalau kamu masih ragu, coba mencari panduan dengan menonton video tutorial di Youtube atau membaca buku masak ya.

meningkatkan kecerdasan

(Sumber: funnyshare)

Smart buddies punya pilihan hobi lainnya yang terbukti bikin pintar? Tulis di kolom komentar ya! (KA/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

7 Responses

  1. Kartika Wahyu Ningsih says:

    Sedikit bicara (bicara seperlunya saja), konsumsi makanan sehat, percaya diri. TERIMAKASIH :)

  2. Ismail Marzuki says:

    Wah! Beberapa hobi yang sering aku lakukan ada di atas. Membaca, bermain musik, belajar bahasa asing. 😆😆😆

  3. nadineekhz says:

    Aku suka baca, menulis dan belajar bahasa asing wah termasuk ya, padahal aku seneng melukis juga loh, gatermasuk ya? ):

  4. Giant says:

    No 4 dan no 9 yang berkaitan dgn olahraga sdh tidak lagi aq lakukan. Hiks….
    Yang lain…? I still do its untill now. Tapi belum dapat merasakan manfaat mengontrol emosinya secara tepat

  5. Joy says:

    Kece beneran😄 beberapa hobi aku juga ada😳 belajar bahasa asing, baca buku, masak menu makanan baru, hihi😁

  6. Ayesha says:

    Kalo mainannnya di IT atau komputer gimana dong?

  7. Jojo says:

    Aku suka masak ,liburan ,sama baca buku hal yang paling menghibur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.