10 Trik Rahasia Perbaiki Aksen dan Pengucapan Bahasa Inggris Ala Native Speaker | Blog Ruangguru

10 Trik Rahasia Perbaiki Aksen dan Pengucapan Bahasa Inggris Ala Native Speaker

Bagaimana sih caranya agar bisa bicara bahasa Inggris seperti native speaker? Semua itu mungkin terjadi, asal ada kemauan dan ketekunan. Yuk latihan dengan 10 cara berikut untuk meningkatkan kemampuan berbicara, khususnya dalam hal aksen dan pengucapan bahasa Inggris!

1. Rekam suara seorang native speaker yang berbicara dalam tempo normal, kemudian transkrip. Setelah selesai, coba putar ulang, dengarkan kalimat pertama, pause, lalu tirukan. Di fase ini, kamu bisa sambil melihat hasil transkrip sebagai acuan. Perhatikan dengan baik bagaimana native speaker tersebut berbicara. Mulai dari intonasi, pelafalan, dan sebagainya. Lakukan cara ini untuk kalimat-kalimat berikutnya.

(Sumber: androidcentral.com)

Ingin coba cara yang lebih menantang? Coba tidak melihat teks hasil tranksrip. Memang sulit, namun sangat efektif. Metode ini berhasil karena membantumu untuk mengoreksi pronounciation dengan telinga (hearing and imitating), bukan dengan mata (melihat kata per kata kemudian membacanya). Kamu memraktikkan nada, dialek, tanpa melihat bentuk kata yang tertulis. Kamu tidak mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris sesuai bagaimana kata tersebut dituliskan, bukan?

2. Video atau podcast. Banyak mendengar akan sangat menolong. Coba ingat perlahan bagaimana proses kamu bisa bicara. Ketika masih kecil, kamu banyak mendengar orang lain bicara berbagai macam kata. Nah, di situlah kamu mulai menirukan secara persis mulai dari intonasi, nada, dan sebagainya. Perlahan, terbentuklah aksen bicaramu seperti yang sekarang.

(Sumber: adriennely.com)

Coba lihat banyak referensi video mengenai cara pengucapan dalam bahasa asing yang kamu inginkan. Di awal, coba dengarkan satu video yang sama secara rutin sampai kamu benar-benar menguasainya. Di mana pun ada kesempatan, lakukan hal tersebut sesering mungkin. Misalnya, saat naik kereta, bis, dan sebagainya saat perjalanan menuju suatu tempat. Waktumu tidak akan terbuang percuma di sepanjang jalan, namun bermanfaat.

3. Cari model. Kamu bisa coba mencari sosok yang kamu jadikan panutan. Tiru bagaimana cara orang tersebut berbicara, mengucapkan kata per kata. Misalnya, artis idolamu. Tonton film atau sesi wawancaranya, dengarkan dengan seksama bagaimana pengucapan, dialek, intonasi, dan sebagainya. Jangan lupa amati gerakan mulutnya.

aksen - oregonlive

(Sumber: oregonlive.com)

Tipsnya, ketika kamu bicara bahasa Inggris, coba bayangkan bukan kamu yang sedang bicara. Berpura-puralah menjadi orang lain, role model-mu tersebut misalnya. Ikuti caranya, hingga meniru ke-khas-annya dalam berbicara. Well, memang agak awkward, namun ini patut dicoba karena efektif lho. 

4. Ucapkan dengan lantang. Setiap hari, baca tulisan berbahasa Inggris dengan lantang minimal 15-20 menit. Menurut hasil penelitian, dibutuhkan praktik selama tiga bulan guna mengembangkan otot mulut yang kuat untuk bicara bahasa baru.

5. Struktur lidah. Bagi para non-native speakers, ada kesulitan tersendiri dalam mengucapkan “L”, “R”, dan “TH”. Bagaimana mengatasinya?

(Sumber: fluentu.com)

Pengucapan L: Lidah harus menyentuh bagian belakang gigi dan langit-langit gusi. Coba kamu ucapkan kata “light” beberapa kali.

Pengucapan R: Ingat, pengucapannya adalah “ar” dan lidah berada di tengah mulut dan tidak menyentuh bagian atas mulut. Coba ucapkan “right” beberapa kali.

Pengucapan TH: pastikan lidah keluar sedikit dan terdorong di antara gigi atas dan bawah. Kamu bisa mengucapkan “think” berkali-kali untuk melatihnya.

6. Cari lawan bicara. Kamu juga harus mencari lawan bicara, misalnya teman yang lebih jago atau guru Bahasa Inggris.

(Sumber: epronounciation.com)

Jika ada partner, maka bisa bantu mengoreksi apa saja yang sudah benar dan masih harus diperbaiki. Cara ini akan membuat suasana belajar jadi lebih fun lho!

7. Rekam suaramu dan dengarkan. Cara ini bisa kamu lakukan jika malu mengucapkan karena takut salah. Bacalah sebuah bacaan bahasa Inggris sepanjang satu paragraf, kemudian rekam. Nah, sembari mendengarkan, kamu bisa sambil mengoreksi apakah masih ada pronounciation yang salah atau kurang tepat. Psst, bisa dicek di aplikasi “Check Pronounciation Free” lho. Ulangi sampai kamu mengucapkannya dengan benar, bahkan nyari sempurna.

8. Lakukan seperti sedang menyanyi. Bagaimana cara kamu bisa menghafal lirik lagu berbahasa Inggris favoritmu? Nah, coba praktikkan dalam hal ini juga. Banyak-banyak mendengar lagu bahasa Inggris ya.

9. Pelan-pelan saja. Dalam memelajari intonasi dan irama yang benar, coba kamu praktik bicara secara perlahan. Jika terlalu cepat, kemudian intonasi dan ritme bisa salah, maka tidak akan meningkatkan pronounciation-mu. Hal yang terpenting adalah apa yang kamu ucapkan jelas dan dapat dimengerti.

10. Jangan malas membuka kamus. Mulai sekarang, biasakan diri dengan simbol-simbol fonetik pada kamus. Kalau kamu masih merasa bingung mengucapkan kata-kata, carilah di kamus dan lihat pengucapan yang benar.

(Sumber: guim.co.uk)

Itulah 10 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Selamat mencoba, smart buddies! Apa kamu punya cara sendiri? Share di kolom komentar ya! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Tiara says:

    ini bantu banget, emang suka susah ngomong bahasa inggris apalagi dikasih tau pronounce r,t,th thanks berat deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.