11 Negara dengan Sistem Pendidikan “Teraneh” | Blog Ruangguru

11 Negara dengan Sistem Pendidikan “Teraneh”

Siapa yang masih suka mengeluh terhadap apa yang kamu terima atau hadapi di sekolah? Seperti jam masuk sekolah yang terlalu pagi, tugas yang tidak ada habisnya, atau ujian yang membuatmu deg-degan tidak karuan. Coba cek dulu 11 negara di bawah ini deh! Semuanya memiliki sistem pendidikan yang sungguh aneh, tapi juga menarik untuk diketahui karena tidak ditemukan di Indonesia.

Ayo kita simak bersama-sama!

1. India – The City Montesorri School merupakan sekolah terbesar di dunia berdasarkan jumlah siswanya, yaitu lebih dari 32.000 siswa.

Sistem Pendidikan

Sumber: Youtube.com

sekolah-teraneh-di-dunia-3

Sumber: Giphy.com

2. Cina – Siswa yang bersekolah di sana menerima PR paling banyak di dunia. Coba bayangkan, rata-rata bisa menghabiskan 14 jam selama 1 minggu hanya untuk mengerjakan PR. Kalau kamu sendiri, butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan PR, smart buddies?

sistem pendidikan

Sumber: Gbtimes.com

sekolah-teraneh-di-dunia-5

Sumber: Buzzfeed.com

3. Chili – Liburan musim panas berlangsung dari pertengahan Desember sampai awal Maret. Tiga bulan tidak pergi ke sekolah? Wah, tentu banyak sekali hal yang bisa dilakukan sepanjang libur ya. Bahkan, bisa-bisa kamu kehabisan ide untuk menghabiskan libur nih, smart buddies.

sekolah-teraneh-di-dunia-6

Sumber: Tipschile.com

sekolah-teraneh-di-dunia-7

Sumber: CDN.com

4. Perancis – Memiliki tahun ajaran yang paling pendek, dibagi menjadi 4 caturwulan, masing-masing selama 7 minggu, dari bulan Agustus-Juni.

sekolah-teraneh-di-dunia-8

Sumber: CDN.com

sekolah-teraneh-di-dunia-9

Sumber: Tumblr.com

5. Jerman – Biasanya, setiap ajaran baru pasti ada saja keperluan sekolah yang kita beli. Entah seragam, tas, alat tulis, dan sebagainya. Konon, kalau ada barang baru, maka semangat baru untuk sekolah pun datang. Hayo, benar nggak? Hehe. Nah, di Jerman setiap masuk tahun ajaran baru, siswa menerima bingkisan berbentuk cone bernama Schultüte yang berisi pulpen, pensil, buku, dan cemilan. Wah, lumayan untuk berhemat lho karena sudah disediakan oleh pihak sekolah. Semangatnya jadi dobel deh!

sistem pendidikan

Sumber:drniemczura.com

sekolah-teraneh-di-dunia-11

Sumber: wildonworship.com

6. Belanda – Hari saat anak berulang tahun ke-4 adalah hari pertama sekolah. Jadi, selalu ada siswa baru di kelas. Sistemnya unik sekali ya?

sekolah-teraneh-di-dunia-12

Sumber: Holland.lancsngfl.ac.uk

sekolah-teraneh-di-dunia-13

Sumber: Pleated-jeans.com

7. Inggris – Sekolah tertua di dunia, The King’s School, telah diperbaharui dengan peralatan dan kebutuhan yang menunjang pendidikan modern. Misalnya, pada mata pelajaran ICT (Information and Communication Technology), telah digunakan papan tulis interaktif dengan Wi-Fi yang selalu terhubung. Jadi meskipun sekolah jadul, jangan kira tidak mengikuti perkembangan teknologi lho!

sistem pendidikan

Sumber: kings-school.co.uk

sekolah-teraneh-di-dunia-15

Sumber: Media.tenor.co

8. Jepang – Siswanya terkenal sangat mandiri. Mereka berangkat sekolah, membersihkan kelas, serta membawa makan siangnya sendiri.

sekolah-teraneh-di-dunia-16

Sumber: Ncee.org

sekolah-teraneh-di-dunia-17

Sumber: Media.tenor.co

9. Italia – Di salah satu kotanya yang bernama Turin, terdapat sekolah dengan hanya satu siswa. Bahkan, dijuluki lonely planet lho! Wah, ini beruntung atau kasihan ya dengan siswa dan gurunya? Serasa sedang belajar privat deh.

sekolah-teraneh-di-dunia-18

Sumber: Dailymail.co.uk

sekolah-teraneh-di-dunia-19

Sumber: Media.tenor.co

10. Kenya – Tidak diwajibkan untuk bersekolah, tapi kebanyakan anak-anak di sana pergi bersekolah. Hebat!

sekolah-teraneh-di-dunia-20

Sumber: Kachwanya.com

sekolah-teraneh-di-dunia-21

Sumber: Tumblr.com

11. Brazil – Makan siang dengan orang tua menjadi budaya penting di sekolah. Pagi hari, sekolah dimulai jam 7 pagi dan berakhir tepat sebelum makan siang.

sistem pendidikan

Sumber: Max-media.imgix.net

sekolah-teraneh-di-dunia-23

Sumber: Tumblr.com

Kalau disuruh memilih, kamu ingin bersekolah di negara yang mana? Sepertinya di Indonesia masih lebih seru ya?Hehehe. Tulis pendapatmu di kolom komentar yuk! (KA/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

9 Responses

  1. Abdul says:

    Min, ini bukan aneh min, biasa aja…
    Emang itu disesuain aja sm tipikal negaranya.. Masing2 negara pasti punya sistem pendidikan yg sedikit berbeda tentunya..

  2. Chalia says:

    Kalau q sich pilih jepang,dimana anak2nya sudah diajarkan kedisiplinan dan kemandirian.kedua hal tersebut sangat penting buat kesuksesan mereka kedepannya….

  3. Fajar Hidayat says:

    Yaa tentu saja INDONESIA 😄😁
    Semangat juang nya itu yg harus dipertahankan!

  4. Mira Lestari says:

    Klo q sih lebih suka negara sendiri indonesia…aku cinta indonesia

  5. Fitriyuh says:

    Semuanya bolehhh, kecuali India sama China. gak kuattttt😂😂😂

  6. Vi minata says:

    Jepang lebih mandiri :v

  7. Uum umaroh says:

    Kalo aku sih pilih jepang, soalnya ketika masuk atau mau blajar tuh pikiran kita harus fres, jadi tidak hrus bnyak smpai, artinya ktika kita bljar jangn di tmpat yg kotor

  8. Azis says:

    Kalau ane sih mili chili,jadi bisa mikir mau ngapain kalau libur musim panas tiba

  9. Shelfiana Anggraeni says:

    Kalau fisuruh milih, diantara 11 negara itu, aku lebih milih sekolah di negara Jerman. Karena, saat kita akan masuk tahun ajaran ajaran baru, semua perlengkapan sudah disediakan. Tapi, aku ttp milih sekolah di Indonesia. Masih banyak kok.. Sekolah di Indonesia yang lebih aneh dan lebih mengesankan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.