3 Model Soal SBMPTN dan Cara Mengerjakannya

Siap-siap SBMPTN! Ini Dia 3 Model Soal dan Cara Mengerjakannya

Model Soal SBMPTN

Foto: blog-hp.heck.in

Menjelang SBMPTN yang dibuka pendaftarannya di 25 April mendatang, ada hal yang harus kamu persiapkan nih selain pilihan jurusan, yaitu pengerjaan soal. Ternyata selain terdiri atas banyak mata pelajaran, tes masuk perguruan tinggi ini juga terdiri atas 3 model soal berbeda, lho! Supaya bisa semakin lancar ketika hari-H nanti, kamu harus sering berlatih mengerjakan contoh soal mulai dari sekarang. Memangnya apa saja, sih, soalnya?

1. Pilihan Ganda

Model Soal SBMPTN

Foto: masawanwinanto.wordpress.com

Kami yakin jenis soal ini sudah tidak asing lagi bagi kalian. Ya, pilihan ganda adalah model soal “termudah” karena jawaban benar sudah pasti hanya ada satu dari lima pilihan yang tersedia. Salah satu trik mengerjakannya adalah dengan mengeliminasi opsi jawaban hingga menyisakan satu opsi yang paling relevan dengan pertanyaan. Namun, trik tersebut hanya berlaku untuk soal yang tidak melibatkan angka dan aktivitas menghitung, ya. 😀

2. Pernyataan Sebab-Akibat

Model Soal SBMPTN

Foto: istanamengajar.wordpress.com

Pada dasarnya, model soal ini juga dikerjakan dengan memilih satu jawaban benar di pilihan ganda. Namun, soal ini cukup sulit karena tricky dan mengandalkan kemampuan berpikir logis. Mengapa?

Model Soal SBMPTN

Foto: www.slideshare.net

Kamu harus benar-benar memahami pernyataan dan alasan yang disampaikan, apakah benar atau salah. Selain itu, kamu juga harus mengetahui apakah keduanya memiliki hubungan sebab akibat. Dalam memahami alur soal ini, ketelitian sangat dibutuhkan; sesimpel memahami bahwa pernyataan berposisi sebagai akibat dari alasan dan bukan sebaliknya. Setelah menemukannya, barulah kamu bisa memilih jawaban dalam pilihan ganda seperti yang tercantum pada gambar di atas. Harap hafalkan petunjuk pengerjaannya karena mereka tidak tertulis di bawah soal!

3. Benar-Salah

Model Soal SBMPTN

Foto: slideplayer.info

Untuk model soal ini, kamu akan dihadapkan dengan empat buah pernyataan. Dari empat pernyataan yang ada, kamu harus bisa mengetahui mana saja yang benar. Setelah itu, pilih deh opsi A, B, C, D, atau E sesuai dengan petunjuk di atas. Petunjuk ini juga harus dihafalkan seperti soal sebab akibat karena pilihan gandanya tidak ditampilkan di bawah soal. :)

Wah, variatif sekali model soalnya! Semua harus kamu pahami dengan baik karena bobot nilai untuk butir soal SBMPTN berbeda dari soal biasanya. Setiap soal yang dijawab dengan benar bernilai 4, soal salah bernilai -1, dan soal yang tidak dijawab bernilai 0. Jadi, siapkan strategi pengerjaan soal juga ya agar nilai yang diperoleh bisa maksimal dan melebihi passing grade jurusan yang kamu inginkan.

Tetap semangat! :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. contoh soal says:

    yang model terakhir itu biasanya jebakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.