Berminat Masuk STAN? Cek 4 Jurusan Favoritnya!

Berminat Masuk STAN? Cek Dulu 4 Jurusan Favoritnya!

STAN

Foto: apimages.com

Ada yang ingin melanjutkan sekolah ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)? Wah, semangat ya! Peminat STAN memang banyak sekali sehingga persaingannya juga sangat tinggi. Selain karena memiliki reputasi yang bagus, lulusannya terbukti berkualitas tinggi.

Kamu tidak perlu membayar biaya apapun selama sekolah di sini. Modul dan buku juga gratis, malahan kamu dapat uang saku. Kok bisa gratis ya? Jadi, STAN itu ada di bawah Kementerian Keuangan. Nah, oleh sebab itu biayanya ditanggung Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Negara (APBN). Sangat membantu meringankan beban orang tua kan, teman-teman?

STAN

Foto: 4medapproved

Fyi, sekolah tinggi ini dibentuk untuk memenuhi tenaga ahli di pemerintahan. Jadi, bisa dipastikan ketika kamu lulus, kamu akan bekerja untuk pemerintah. Selain itu, gaji yang menggiurkan juga jadi faktor pendukung mengapa banyak yang tertarik masuk STAN.

Selama sekolah di STAN, diterapkan sistem Drop Out (DO). Rasa solidaritas antar mahasiswanyapun sangat kuat. Mereka membudayakan belajar bersama untuk saling berbagi dan mendukung. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar diantara mereka tidak ada yang di-DO, kemudian lulus dan sukses bersama.

Nah, kalau minat lanjut ke sekolah tinggi ini, cek dulu 4 jurusan terfavorit di STAN. Ruangguru kasih bocoran ini spesial untuk kamu, hehe.

STAN

Foto: abangnataputra.blogspot.com

1. Akuntansi Pemerintahan

Ini dia nih jurusan yang paling diincar ketika mendaftar STAN. Jumlah massanya kira-kira setengah dari seluruh mahasiswa STAN. Kebayang dong banyaknya? Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling sulit ditembus juga. Tapii…., jaminan pekerjaannya sangat bagus. Jadi, terbayarlah susah payahnya. Di jurusan ini, kamu harus mempelajari akuntansi secara mendalam, jadi kemampuanmu di bidang akuntansi tidak diragukan lagi setelahnya.

2. Kepabeanan dan Cukai

STAN

Foto: beacukai.go.id

Jurusan yang sering dikenal dengan sebutan Bea Cukai ini hanya diperuntukkan bagi cowok. Syaratnya kalau mau jadi mahasiswa jurusan ini: penglihatan sehat (tidak boleh silinder atau minus di atas tiga dan tidak buta warna). Kenapa syaratnya penglihatan ya? Petugas bea cukai harus memiliki ketelitian yang sangat tinggi, jadi penglihatannya pun harus baik. Selain belajar mengenai materi umum, jurusan ini juga mempelajari Kimia dasar lho! Ketika memeriksa barang, kamu harus tahu barang itu terlarang atau tidak. Beda dengan yang lainnya, jurusan D3 ada di Rawamangun, tapi D1 tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

3. Kebendaharaan Negara

Khusus untuk yang mau jadi bendahara di pemerintahan, jurusan ini pas banget untuk kamu. Dikarenakan tugasmu nantinya adalah mengurus keuangan negara, jadi kamu akan menerima pembelajaran seputar keuangan negara dari A-Z. Mulai dari perencanaan, sampai dengan penggunaan uang negara. Selain itu, kamu akan mempelajari penyusunan APBD, sistem perencanaan anggaran, dan tentang berbagai macam kementerian yang ada di negara. Hmm, terdengar rumit ya? Tapi tenang, semua akan berguna untuk ke depannya kok!

4. Administrasi Perpajakan

STAN

Foto: bdo.vg

Sesuai namanya, jurusan ini akan mengurus segala hal tentang pajak. Seperti akuntansi, mata kuliahnya juga tidak mudah. Tapi kalau kamu bisa lulus dari jurusan ini, pasti kamu bangga dong bisa melewati segala kesusahan yang ada? Pekerjaan hebat juga menunggumu pastinya. Siapa yang tidak mau?

Itulah 4 jurusan terfavorit di STAN. Jika kamu memang berminat ingin masuk STAN, belajar lebih giat ya dan persiapkan mentalmu! Persaingan akan sangat ketat, dan mata kuliah yang kamu terima juga akan kompleks. Tapi hasilnya, kamu akan jadi pribadi yang tough, cekatan, mandiri dan tidak mudah menyerah. Cheers!

 

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

5 Responses

  1. Pembahasan Soal STAN says:

    sangat beremanfaat mengenai jurusan STAN nya min. Bisa memberi gambaran bagi mereka yang tertarik masuk perguruan ikatan dinas tersebut

  2. Diana says:

    Membetulkan saja.. Bea Cukai nggak harus cowok kok untuk D1nya. Cewek jg bisa asal memenuhi kriteria tinggi badan dll. Terima Kasih 😊

  3. dubidudiwaii says:

    Proud sister, punya 2 adik yg berhasil lulus dr sklh ini, kuncinya bljr sungguh2 & jgn neko2, hbs lulus lgs kerja, gak kbnykn main, pikiran jg cpt dewasa krn bergaul sm pegawai2 yg lbh senior. Yg pgn ksini, bljr dr buku kisi2 ujian masuk stan, ikut try out, berdoa 😊

  4. Ade says:

    Jurusan ap sj yg bs mendaftar stan. Apakah smk bag tehnik bs tuk daftar stan???

  5. Rahmad guntoro says:

    Turut membetulkan . Stan bukan sekolah tinggi akuntansi negara. POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN. #selalu update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.