Mengajar Tanpa Batas: 4 Teknik Kreatif Guru Masa Kini

Mengajar Tanpa Batas: 4 Teknik Kreatif Guru Masa Kini

Teknik Mengajar Kreatif

Guru mengajar dan menjelaskan, murid mendengarkan dan mencatat. Mungkin Bapak Ibu Guru tidak asing dengan cara seperti ini. Namun, seiring berkembangnya jaman dan teknologi, cara belajar dan karakter siswa-siswi pun terus berkembang, generasi millenial ini tumbuh dengan kemudahan yang diberikan teknologi dan cepat beradaptasi dengan perkembangan digital, sehingga dibutuhkan teknik-teknik yang baru, kreatif dan inovatif untuk melibatkan murid secara aktif untuk memancing rasa ingin tahu mereka.

Yuk, kita kulik bersama 4 teknik mengajar kreatif di bawah ini untuk membantu Bapak Ibu Guru meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dalam belajar.

1. Case-Method Thinking

Bapak Ibu Guru dapat menyiapkan bahan ajar dengan menggunakan contoh kasus yang pernah terjadi terkait dengan mata pelajaran dan topik yang sedang diajarkan. Misalnya, untuk menjelaskan beberapa konsep ekonomi, contoh kasus yang dapat diangkat adalah dengan membedah bangkrutnya sebuah bank.

2. Permainan

Untuk mencairkan suasana, guru dapat menyiapkan permainan kecil untuk dimainkan saat di kelas. Misalnya Bapak Ibu Guru bisa membagi murid kedalam beberapa kelompok sesuai barisan duduk untuk saling berkompetisi, misalnya dalam kuis vocabulary Bahasa Inggris. Kelompok dengan jawaban benar paling banyak mungkin dapat diberikan hadiah kecil berupa makanan atau minuman ringan, ataupun tambahan nilai tugas.

3. Media Sosial

Daripada Bapak Ibu Guru kesal melihat siswa yang diam-diam memainkan HP untuk mengecek sosial media, bagaimana kalau hal tersebut justru dimanfaatkan? Contoh menarik memanfaatkan media sosial untuk belajar datang dari seorang guru Bahasa Inggris di Brazillian Academy of Languages, yang menginstruksikan para muridnya untuk mengecek grammatical error di tweets artis favorit mereka. Selain menyenangkan, hal tersebut membantu siswa-siswi sambil belajar meningkatkan kemampuan grammar mereka.

4. Self-Learning

Bapak Ibu Guru dapat menggunakan teknik Mind Mapping dalam melakukan kegiatan self-learning. Pada dasarnya, guru menyediakan satu topik besar yang harus dikembangkan lagi oleh para murid. Murid dibebaskan untuk membahas topik sedetil mungkin dari sudut apapun. Pada akhirnya, hasil mind-map dari setiap murid bisa melengkapi satu sama lain.

Selain empat cara di atas, masih banyak cara-cara mengajar kreatif lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan oleh Bapak Ibu Guru di berbagai artikel ataupun video di internet. Karena kreativitas guru dalam mengajar akan sangat menentukan prestasi siswa siswi nantinya.

Selamat mencoba, Bapak Ibu Guru! :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.