5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Membaca

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Membaca

Buku dan membaca. Hmmm, seringkali dihubungkan dengan figur cupu berkacamata tebal dan pergi ke perpustakaan setiap hari, atau membaca hanya menjadi “keharusan”  ketika kita akan menghadapi ujian atau kuis di kelas. Kegiatan membaca selalu dikaitkan dengan buku pelajaran tebal, yang terkadang kita gunakan sebagai obat tidur alami :p.

Namun kamu pasti setidaknya menikmati membaca beberapa jenis buku tertentu, kan? Bisa jadi majalah, komik, atau novel pop dari rak best seller di toko buku. Well, itu juga sudah menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kebiasaan membaca kamu.

Kali ini Ruangguru ingin berbagi 5 tips untuk mengembangkan minat kamu membaca buku. Dengan membaca dan tahu banyak hal, kamu bisa menjadi the-cool-geek-ever. Check this out!

1. Mulai dari rekomendasi. Kamu bisa mulai dengan browsing daftar buku klasik yang wajib dibaca atau subscribe ke situs yang berisikan review buku. Sesuaikan dengan jenis bacaan yang akan kamu nikmati, ya! Bisa self-help, romansa, science fiction, atau tentang travelling.

2. Pinjam. Kalau kamu masih belum yakin untuk membeli buku, atau kalau kantong kamu lagi kering alias bokek, maka manfaatkan sumber gratis di sekitar kamu. Dari perpustakaan hingga teman dan keluarga yang punya banyak koleksi buku, bisa kita pinjam terlebih dahulu.

3. Coba genre lain. Kalau kita hanya membaca tentang sci-fi terus menerus, kita mungkin gak akan pernah tahu cara keren Sherlock dalam memecahkan suatu kasus atau bagaimana trik persuasi dan memperbanyak teman dalam buku self-help. Coba deh baca buku dengan genre lain. Selain akan menambah wawasan kamu, membaca berbagai buku dengan genre berbeda bisa membuat kamu makin kreatif karena gaya menulis yang beragam.

4. Membaca setiap hari, minimal 10 menit. Bagi kamu yang belum terbiasa membaca, ayo coba mulai luangkan 10 menit perhari untuk membaca buku-buku yang ringan terlebih dahulu. Percaya deh, lama kelamaan kamu akan terbiasa dan malah keasyikan sendiri. Selalu siapkan buku berukuran kecil untuk dibaca ketika kita sedang menunggu sesuatu. Daripada bengong dan main HP, mendingan kita membaca bukan? ☺

5. Punya target. Kamu bisa membuat target tersendiri dalam membaca buku. Misalnya, dalam satu bulan harus menyelesaikan minimal satu buku bacaan, atau setidaknya membaca dua atau tiga buku genre tertentu untuk ‘memperdalam’ pengetahuan kamu.

Yuk mulai membaca! Bukan sebagai paksaan atau hanya sekedar kewajiban untuk bisa menjawab ujian, tetapi lebih ke self-fulfilment atau pengembangan diri untuk semakin banyak tahu! :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

3 Responses

  1. boby alexander says:

    Sy suka membaca

  2. Ngeng says:

    Baca fanfic.

  1. August 11, 2017

    […] saat berbicara kan? Namun, kalau kamu tidak sempat menyiapkannya, maka strategi satu-satunya adalah banyak membaca. Kamu pasti akan selalu tahu untuk memberikan tanggapan mengenai apapun. Hayo, siapa yang malas […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.