5 Fakta Menarik Rendang yang Bikin Kamu Lapar! | Blog Ruangguru

5 Fakta Menarik Rendang yang Bikin Kamu Lapar!

Hai, Smart Buddies! Pasti pernah mencicipi makanan khas Indonesia bernama rendang, kan? Sayang sekali kalau belum karena selain rasanya yang enak, rendang juga mudah ditemui di banyak rumah makan, khususnya rumah makan padang. Meskipun sudah banyak yang menikmati dan jatuh cinta dengan masakan ini, masih sedikit yang tahu tentang fakta-fakta rendang. Salah satunya, kelezatan rendang sudah diakui dunia lho. Mulai penasaran, smart buddies? Yuk kita intip fakta unik rendang yang jarang diketahui!

1. Rendang Diakui Dunia

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kamu lapar!

Rendang dengan nasi. (Sumber: CNN.com)

Kamu seharusnya bangga karena makanan khas Sumatera Barat ini sudah mendapat pengakuan dunia, lho. Salah satu penghargaan yang diraih makanan lezat satu ini adalah pada tahun 2011 dari CNN International. Rendang dinobati oleh CNN sebagai peringkat 1 dalam World’s 50 Delicious Food. Penghargaan lain yang didapat oleh rendang diraih pada 2012 saat dinobatkan sebagai “The Most Balanced Food” dalam acara  LA Travel & Adventure Show, sebuah pameran terbesar di Amerika pada 2012. Makanan yang satu ini sangat membanggakan ya?

2. Makanan Bersejarah

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kamu lapar!

Rendang ayam. (Sumber: blogopsi.com)

Catatan mengenai rendang sebagai kuliner khas Sumatera Barat sudah ada sejak awal abad ke-19. Namun data lain menunjukan bahwa rendang sudah ada sejak abad ke-16, seperti yang diutarakan oleh Gusti Asnan, sejarawan Universitas Andalas. Masyarakat Minang tradisional selalu mengawetkan makanan dengan metode pengasapan dan pengeringan. Proses pengawetan ini dilakukan dengan memasak dalam waktu yang sangat lama. Masyarakat Minang jaman dahulu sangat suka bepergian, perjalanan yang dilakukan bisa sampai hitungan bulan. Seringkali tidak ada perkampungan untuk beristirahat, oleh karena itu para perantau   harus mencari alternatif makanan yang awet, yakni bekal bernama rendang. Dilihat dari proses pembuatannya, rendang dimasak dalam waktu yang lama dan sampai kuahnya kering. Itulah alasannya makanan dinamakan rendang, dari kata “merandang” yang berarti memasak santan kelapa sampai mengering perlahan.

3. Filosofi Rendang

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kamu lapar!

Rendang tengah dimasak. (Sumber: http://anekakreasiresepmasakan.blogspot.co.id)

Ternyata rendang punya filosofinya tersendiri bagi masyarakat Minang, lho. Menurut masyarakat Minang rendang mempunyai makna “musyawarah” yang berangkat dari empat bahan pokoknya. Bahan dagiang (daging sapi) merupakan lambang dari Niniak Mamak atau para pemimpin suku adat. Bahan karambia (kelapa) merupakan lambang dari Cadiak Pandai atau kaum intelektual. Bahan lado (cabai) merupakan lambang alim ulama yang pedas dan tegas dalam mengajak kebaikan. Terakhir pemasak (bumbu) merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.

4. Rasa Rendang yang Mendunia

Kuliner Malaysia dengan rendang. (Sumber: lifestyle.okezone.com)

Kuliner Malaysia dengan rendang. (Sumber: lifestyle.okezone.com)

Ada alasannya rendang diakui sebagai makanan terenak di dunia. Rasa rendang ternyata cocok di lidah masyarakat internasional. Hal ini tidak terlepas dari rendang sendiri memiliki kemiripan rasa dengan kuliner-kuliner bangsa lain. Meskipun rendang berasal dari Sumatera Barat, rendang memiliki cita rasa yang mirip dengan makanan khas India seperti kari daging. Rendang juga cocok dengan lidah orang Eropa karena memiliki kemiripan cita rasa dengan makanan Eropa Timur. Selain itu, Malaysia juga memiliki kuliner sejenis rendang dengan sedikit perbedaan. Hal ini menjadikan rendang cocok sebagai makanan global.

5. Ada Lebih dari Satu Jenis Rendang

fakta rendang - 5 fakta menarik rendang yang bikin kamu lapar!

Rendang telur. (Sumber: resephariini.com)

Rendang identik dengan daging sapi yang dimasak dengan kelapa dan berwarna gelap. Masakan rendang seperti namanya berarti makanan yang dimasak perlahan dengan santan kelapa sampai kering. Selain daging sapi, ada beberapa bahan lain yang dijadikan rendang. Seperti salah satunya rendang lokan, rendang yang dimasak menggunakan lokan, sejenis kerang-kerangan. Ada juga rendang maco yang menggunakan semacam ikan asin menggantikan daging sapi yang mahal. Ada juga rendang ayam dan rendang itik yang menggunakan bahan utama ayam-ayaman. Selain itu, juga ada rendang yang menggunakan bahan telur, daging kambing, paru, dan hati sapi. Jika dikumpulkan ada sekitar 11 macam rendang yang tercatat sebagai masakan adat Minang.

Itulah beberapa fakta unik dari rendang. Kita harus bangga dengan makanan khas bangsa ya, Smart Buddies! Kita harus pelajari dan pahami beragam kuliner khas Indonesia. Kamu sendiri punya fakta lain tentang rendang? Atau punya makanan khas Indonesia lain yang sungguh menarik? Ceritakan di kolom komentar ya! (SP/DR)

You may also like...

2 Responses

  1. elsos says:

    rendang masakan masyarakat ….
    nice artikel

  2. Nadyaeg says:

    Rendang emang enak tenan 👍👍👍👍👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.