Ruangguru Blog

    5 Film Pendidikan Terbaik yang Akan Mengubah Pandanganmu Akan Sosok Guru

    By Ruangguru · Jan 23, 2017

    Kalau menurutmu, sosok guru seperti apa yang pantas disebut teladan? Semua orang bisa saja jadi guru. Namun, untuk bisa seorang menjadi guru teladan tentu butuh keuletan, banyak pelatihan, serta jam terbang yang cukup memadai. Oleh sebab itu, guru sebaiknya memiliki keahlian untuk bisa mentransfer ilmu pengetahuan, paham konsep perkembangan psikologi anak, dan mengerti metodologi pembelajaran.

    Ruangguru.com mengumpulkan beberapa film pendidikan terbaik yang akan menginspirasimu. Apakah di antara beberapa tokoh guru di bawah ini ada sosok guru yang kamu idamkan? Simak yuk!

    #1. The Great Debaters

    film pendidikan terbaik Foto: cinemagia

    Film ini berkisah tentang orang kulit hitam yang meneriakkan kepedihan mereka akan diskriminasi yang diterima. Digambarkan bagaimana perjuangan mereka mendapatkan kesetaraan hak. Wiley College, salah satu sekolah kulit hitam yang cukup bermutu bertekad membentuk tim debat yang kuat. Ide ini dicetuskan oleh Melvin B. Tolson (Denzel Washington). Dari beberapa murid yang berminat, akhirnya dipilihlah 4 orang siswa.

    film pendidikan terbaik Foto: likeawhisper

    Empat siswa terpilih ini juga berasal dari berbagai macam latar belakang dan kisah masing-masing. Tentunya, mempengaruhi pola pikir mereka juga. Mereka digembleng oleh Tolson dengan berbagai macam cara agar terbentuk jadi pribadi yang memiliki karakter kuat. Berbagai macam halangan menghampiri tim debat ini. Keterlibatan Tolson dalam gerakan pekerja dan petani mendapatkan sorotan dari berbagai pihak yang kurang suka terhadap eksistensi kaum kulit hitam. Akibatnya, salah satu anggota tim debat memutuskan anggota keluar. Ditambah, konflik antar anggota tim debat yang mengancam kelangsungan tim itu sendiri. Halangan terberat mereka temui ketika di tengah perjalanan, mereka dihadang oleh sekelompok orang yang membakar orang kulit hitam tanpa alasan yang jelas.

    Setelah semua tim debat dari sekolah kulit hitam berhasil mereka tundukkan, Tolson berusaha melawan tim debat dari tim kulit putih. Ini jelas merupakan ide yang cukup gila. Lalu, datanglah tawaran untuk adu debat dari Universitas Harvard. Bagaimana kelanjutannya? Strategi apa saja yang Tolson berikan untuk anak didiknya?

    #2. Freedom Writers

    Film yang rilis tahun 2007 ini diangkat dari kisah nyata lho! Ceritanya tentang perjuangan seorang guru di wilayah New Port Beach, Amerika Serikat dalam membangkitkan kembali semangat anak-anak didiknya untuk belajar. Erin Gruwell, seorang wanita idealis berpendidikan tinggi, datang ke Woodrow Wilson High School sebagai guru Bahasa Inggris. Ia mengajar untuk kelas khusus anak-anak korban perkelahian antar geng rasial. Misinya, memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak bermasalah.

    film pendidikan terbaik Foto: amazon

    Namun, kadang kenyataan tidak seindah yang dibayangkan. Di hari pertamanya mengajar, ia baru menyadari bahwa perang antar geng yang terjadi di kota tersebut juga terbawa sampai ke dalam kelas. Di dalam kelas, murid duduk berkelompok menurut ras masing-masing. Sedikit kesalahpahaman yang terjadi di dalam kelas bisa memicu perkelahian antar ras. Kebayang kan susahnya mengajar dalam kondisi seperti itu?

    Akhirnya, Erin coba menaklukkan para murid dengan meminta mereka menulis buku harian. Di buku harian itu, mereka boleh menulis apa pun yang mereka alami, rasakan dan inginkan. Melalui cara mengajarnya yang unik, ia berusaha membuat para murid sadar bahwa dengan pendidikan mereka bisa mencapai kehidupan yang lebih baik. Walaupun segala upayanya tidak didukung oleh rekan-rekan guru yang lain dan pihak sekolah, Erin tetap maju. Bahkan, sampai rela mengorbankan waktu luangnya untuk bekerja sambilan demi membeli buku-buku bacaan yang berguna bagi para muridnya. Buku harian yang mereka tulis diterbitkan menjadi sebuah buku berjudul ‘The Freedom Writers Diary’. 

    film pendidikan terbaik Foto: wikimedia

    Film ini menampilkan bagaimana seseorang peduli pada pendidikan anak-anak (yang sudah dianggap sebagai sampah masyarakat) mampu merubah mereka menjadi orang yang lebih berguna. Buku-buku yang digunakan Erin Gruwell untuk mendidik para murid di film ini adalah buku yang benar-benar ada. Salah satunya, ’Diary of Anne Frank’ yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan sudah dijual di pasaran. Konflik dalam film ini tentu memberi banyak inspirasi bagi para guru yang ingin terus berinovasi dalam mengajar.

    #3. Stand and Deliver

    film pendidikan terbaik Foto: filmonpaper.com

    Film klasik yang menggambarkan pentingnya peran guru dalam masyarakat saat ini. Diangkat dari kisah nyata, film ini diperankan oleh Edward James Olmo sebagai Jaime Escalante, pemeran utama. Jaime adalah seorang guru matematika yang mengajar di sekolah dangan standar pendidikan di bawah rata-rata dan akan ditutup. Ia harus menghadapi murid-muridnya yang berasal dari anggota geng jalanan dan berlatar belakang rendah. Jaime merupakan sosok guru yang  punya cara pandang yang jauh lebih tinggi terhadap konsep pendidikan yang revolusioner. Ia akhirnya memotivasi murid-muridnya dan membantu mereka mempelajari Kalkulus dengan metode pengajaran yang mudah dipahami. Film ini berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti Oscar dan Golden Globe.

    #4. Lean on Me

    Pada film ini, Morgan Freeman tampil sebagai Joe Clark. Ia merupakan guru yang mendedikasikan dirinya untuk SMA papan atas, Eastside High School. Namun tanpa alasan yang jelas, pihak sekolah memecatnya. Sepeninggalnya dari sekolah, keadaan justru memburuk. Murid sulit dikendalikan, terlibat aktivitas kriminal, nilai anjlok, angka kelulusan merosot, dan sebagainya. Ancaman pengambilalihan oleh pemerintah membuat pihak sekolah memanggil Joe Clark kembali pasca 20 tahun dari pemecatannya.

    film pendidikan terbaik Foto: flicks.com

    Semenjak kedatangannya kembali, Joe Clark tidak lagi tampil sebagai guru, melainkan kepala sekolah. Kepala sekolah yang sebelumnya koma karena dipukuli secara brutal oleh siswanya sendiri. Sekolah ini hampir ditutup kalau mereka tidak mampu memenuhi target 75 persen siswa lulus tes dasar bahasa dan berhitung. Akhirnya, ia menciptakan peraturan sendiri. Di hari pertama, ia langsung meminta daftar nama anak-anak yang terlibat narkoba, kasus kekerasan dan kriminal, serta sudah berada di sekolah lebih dari 5 tahun. Ada 300 anak yang langsung dipanggil ke atas panggung, dan di depan seluruh warga sekolah, langsung diberhentikan dan diusir saat itu juga. Gebrakan-gebrakan yang dibuatnya perlahan memperbaiki keadaan sekolah tersebut. Keadaan yang dihadapi tentu tidak mudah. Satu kebijakan berbuah solusi, sekaligus datangnya masalah lain. Apa yang dilakukan Joe untuk mempertahankan sekolah tersebut?

    #5. The Miracle Worker

    Sebuah film klasik yang dirilis tahun 1962 menceritakan tentang keajaiban dalam pengajaran. Terinspirasi dari kisah nyata yang diramu secara apik dari kisah Helen Keller. Helen adalah seorang anak usia 12 tahun yang buta, tuli, juga bisu. Tingkahnya tidak seperti anak-anak pada umumnya membuat orangtuanya hampir memasukkannya ke dalam rumah sakit jiwa.

    film pendidikan terbaik Foto: jeded.com

    Anne Sullivan hadir untuk membimbingnya. Jelas tidak mudah menghadapi siswa unik seperti Helen. Terlebih, karena cara mengajarnya sempat membuat Helen takut, Tuan dan Nyonya Keller memperpendek masa kerja Ny.Sullivan. Dengan berbagai upaya, ia berhasil meyakinkan keduanya bahwa Helen sangat membutuhkannya. Ia juga mengalami kasus serupa sejak kecil sehingga ia mampu jadi pembimbing yang tepat untuk Helen. Beberapa cuplikan sangat mendebarkan, terutama di bagian interaksi dan cara mengajar Nonya Sullivan kepada Helen. Film ini memberikan sebuah gambaran tentang pentingnya keteguhan hati.
    Jadi, kamu mau tonton yang mana dulu nih? Kalau kamu ada rekomendasi film tentang guru lainnya, share di kolom komentar ya! (TN)

    Share this:

    Tags: fun facts, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!