5 Sosok Ibu Modern yang Memiliki Pola Didikan Unik dan Inspiratif | Blog Ruangguru

5 Sosok Ibu Modern yang Memiliki Pola Didikan Unik dan Inspiratif

Seorang ibu adalah sosok yang spesial di mata anak-anaknya. Konon, ibu adalah sekolah pertama bagi para buah hatinya. Selain mengasuh dan mendidik anak, para ibu juga memiliki kesibukan lain. Ada yang bekerja kantoran, menjalankan bisnis, dan banyak lagi kegiatan lainnya. Tidak heran apabila sosok ibu adalah sosok yang amat inspiratif. Berikut ini adalah para ibu yang menginspirasi karena pola asuh mereka yang sangat baik. Yuk, simak dan belajar dari mereka.

Astrid Satwika

Ibu dari seorang balita perempuan bernama Rania ini sangat digemari oleh banyak orang. Pasalnya, Rania merupakan anak yang sangat cerdas di usianya yang baru menginjak 3 tahun. Ia sudah pandai berbahasa Inggris, disamping berbahasa Indonesia. Selain itu, ia juga mempelajari Bahasa Mandarin, lho.

sosok ibu

Astrid Satwika dan Rania. (Sumber: youtube.com)

Astrid merupakan sosok ibu yang sangat dekat dengan anaknya. Sejak Rania kecil, Astrid selalu membacakan buku cerita kepada Rania. Tidak jarang buku yang dibacakan adalah buku tentang ilmu pengetahuan. Jadi, jangan heran kalau melihat Rania sangat tertarik dengan bidang Astronomi. Kejenakaan Rania sering diunggah ke media sosial milik Astrid dalam bentuk video. Salah satu video yang diunggah memperlihatkan kebiasaan Astrid dan Rania setiap malam. Tiap sebelum tidur, Astrid Satwika selalu mengajak Rania untuk mengulang kegiatan apa saja yang sudah dilalui dalam satu hari dan pelajaran apa saja yang didapat olehnya. Konon, ketika tidur, otak memproses informasi dan mengolahnya menjadi memori jangka panjang. Wah, Rania tentu akan menjadi semakin pintar ya.

Retno Hening

Menjadi seorang ibu muda yang tinggal di luar negeri bukanlah hal mudah. Pekerjaan rumah dan mengurus anak harus dilakukan tanpa bantuan asisten rumah tangga. Itulah yang sehari-hari dikerjakan oleh Retno Hening, ibu dari seorang gadis cilik bernama Kirana.

sosok ibu

Retno Hening dan Kirana. (Sumber: trivia.id)

Sebagai seorang anak kecil, Kirana sedikit berbeda dengan teman-temannya. Ia memiliki banyak pantangan makanan akibat eczema. FYI, eczema atau eksim adalah sejenis kelainan kulit kronis yang mengakibatkan gatal. Umumnya dialami oleh bayi dan anak-anak yang ditandai oleh kulit yang kering, inflamasi dan eksudasi.

Namun, sang ibu mengajarkan Kirana untuk tidak minder dan menerima keadaannya dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan celoteh Kirana di beberapa video-nya “Nggak apa-apa, I love myself.” Usaha Retno tidak sia-sia, Kirana selalu mengerti akan keadaannya, ia tidak merengek manja apabila tidak bisa memakan suatu makanan yang ia inginkan. Kirana memiliki sopan santun dan tenggang rasa yang tinggi. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh contoh baik yang selalu diberikan Retno. Sebagai seorang ibu, Retno tidak gengsi meminta maaf jika ia berbuat suatu kesalahan. Melalui tindakan-tindakan positif yang dilakukan oleh ibunya, Kirana ikut bersikap dengan sangat baik.

Dian Sastrowardoyo

sosok ibu

Dian Sastrowardoyo bersama Syailendra dan Ishana. (Sumber: conocer-sanabria.com)

Siapa yang tidak kenal dengan sosok ibu dari dua orang anak yang juga seorang pemain film layar lebar ini? Dian Sastro dikenal sebagai sosok selebriti yang pintar dan berpendidikan. Ia pun menjadikan pendidikan sebagai prioritas untuk anak-anaknya. Di sela jadwal padatnya, setiap hari Dian menyempatkan diri untuk menemani anak-anaknya belajar. Ia pun tidak ragu untuk menjadi seorang ibu yang tegas agar buah hatinya tidak manja dan disiplin.

Suatu ketika, Dian pernah mengajak kedua anaknya menjelajahi suatu daerah menggunakan bajaj. Ia ingin agar anak-anaknya mengerti akan perjuangan. Saat kecil dahulu, Dian sering naik bajaj ketika akan bepergian. Prinsip lain Dian dalam mengasuh kedua anaknya, Shailendra dan Ishana, adalah membiarkan mereka untuk mencoba hal baru agar berkembang. Ia membiarkan anak-anaknya melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Widi Mulia

sosok ibu

Widi bersama buah hatinya. (Sumber: bintang.com)

Salah satu personil grup vocal B3 ini memiliki cara mengasuh yang cukup unik. Ia senang mengajak ketiga buah hatinya untuk bermain di alam. Menurutnya, sekarang ini banyak anak-anak yang dibiasakan untuk bermain dengan gadget. Padahal hal tersebut akan menyebabkan seorang anak malas bergerak. Anak-anak yang suka bergerak dan berolahraga akan berkembang secara baik. Meskipun begitu, ia tetap memperbolehkan anak-anaknya untuk bermain gadget sesekali.

Ibu dari Dru, Widuri, dan Den Bagus ini rajin mengajak anak-anaknya untuk berolahraga bersama. Ia tidak khawatir apabila kulit anaknya menjadi hitam karena terpampang sinar matahari. Hal menarik lainnya adalah ia tidak pernah memaksa anaknya untuk belajar saat di rumah. Menurutnya, waktu di rumah jangan sampai digunakan untuk terus-terusan belajar. Seorang anak harus juga memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup. Setuju?

Novita Angie

Berbeda dari ibu-ibu lainnya, Novita Angie memanfaatkan analisis sidik jari untuk mengetahui pola asuh yang paling tepat bagi kedua anaknya. Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara Angie dalam mendidik kedua anaknya, Jeremy dan Jemima, pun tidak sama. Pola asuh yang disesuaikan dengan karakter anak ini akan menyebabkan perkembangan yang lebih optimal.

sosok ibu

Novita Angie bersama anak-anaknya. (Sumber: showbiz.liputan6.com)

Selain itu, Angie juga membebaskan anak-anaknya untuk mengeksplor hal-hal baru. Sebagai ibu, ia tetap memantau hal-hal yang dilakukan anak-anaknya dan mengarahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang positif. Angie juga mengajarkan kedua anaknya untuk tidak melupakan kampung halaman mereka. Di era teknologi seperti saat ini, ia tidak ingin anak-anaknya melupakan nilai-nilai budaya dan tradisi.

Lima ibu muda yang telah dibahas tentunya sangat menginspirasi, ya? Semoga ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari pola asuh mereka kepada anak-anaknya. Tidak ada sekolah untuk menjadi seorang ibu yang baik. Oleh sebab itu, para ibu harus terus belajar dari mana saja. #DidikanIbu yang baik akan menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berperilaku baik. Bagaimana pendapatmu? Ceritakan di kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk klik share pada artikel ini. (AZN/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.