5 Langkah Mudah Agar Fasih Berbicara Bahasa Inggris Layaknya Penutur Asli | Blog Ruangguru

5 Langkah Mudah Agar Fasih Berbicara Bahasa Inggris Layaknya Penutur Asli

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, umum dipakai di dunia akademik dan dunia kerja. Ingin bisa casciscus berbicara dalam Bahasa Inggris seperti Cinta Laura? Speaking memang merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dikuasai oleh orang-orang saat belajar Bahasa Inggris. Namun, ada beberapa trik yang dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuanmu. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Cara ini akan membuatmu terlihat natural dan fasih ketika berbicara dalam Bahasa Inggris. Pasalnya, ketika kamu berbicara dalam Bahasa Inggris dengan cara menerjemahkan setiap katanya dari Bahasa Indonesia, struktur kalimatmu akan berantakan. Nah, penasaran bagaimana caranya bisa berpikir dalam Bahasa Inggris? Baca terus sampai akhir, ya!

berbicara bahasa inggris

Kunci keberhasilan dari trik pertama ini adalah konsistensi. Kamu harus secara rutin mempraktikkan cara ini. Ketika kamu bangun tidur di pagi hari, coba perhatikan barang-barang yang ada di sekitarmu. Setelah itu, sebut barang-barang tersebut dalam Bahasa Inggris. Contohnya, lamp, bed, wardrobe, dan lain-lain. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama saat dalam perjalanan menuju sekolah atau kampus, lho. Pikirkan saja hal-hal yang kamu temukan di jalan dalam Bahasa Inggris.

berbicara bahasa inggris - kata-kata bahasa inggris

Kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris. (Sumber: youtube.com)

berbicara bahasa inggris

Ketika kamu sudah sukses melakukan cara sebelumnya, kamu dapat mulai melakukan trik yang satu ini. Coba buat satu kalimat sederhana dari hal-hal yang kamu lihat sehari-hari. Misalnya, gunakan Bahasa Inggris untuk mengomentari atau menjelaskan kejadian yang sedang kamu alami. Contoh kalimatnya adalah ‘I’m eating sandwich for lunch’. Lakukan hal tersebut sesering mungkin. Jika kamu belum percaya diri untuk berbicara secara keras, kamu bisa bicara dalam hati saja kok, smart buddies. Yang penting, kamu tidak boleh menerjemahkan kalimat tersebut dari Bahasa Indonesia, ya.

berbicara bahasa inggris

Saat kamu bangun pagi, coba rencanakan kegiatan harianmu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Ini dia contohnya.

Today I will go to school by bus. After lunch, I have to return a book to the library. I’m going to ask my best friend to accompany me. At night, I will watch some episodes from my favorite television series before I go to sleep.

berbicara bahasa inggris - agenda harian dan mingguan

Agenda harian dalam Bahasa Inggris. (Sumber: pinterest.com)

Kamu tidak perlu membuat kalimat yang sulit kok. Kegiatan sehari-hari yang sederhana saja sudah akan cukup membantu proses belajarmu. Luangkan waktu yang cukup untuk bisa benar-benar menyusun seluruh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

berbicara bahasa inggris

Saatnya untuk naik ke level yang lebih tinggi. Kini, kamu ditantang untuk bisa berpikir dalam Bahasa Inggris dalam sebuah percakapan. Uniknya, percakapan ini tidak kamu lakukan dengan orang lain. Dengan kata lain, kamu mengobrol dengan dirimu sendiri. Kamu dapat melakukannya dengan volume keras atau dalam hati saja. Melatih diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris melalui suatu percakapan akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kemampuan bahasamu. Pasalnya, kamu akan memberikan pertanyaan sekaligus memikirkan jawabannya. Meskipun kedengarannya agak aneh, tapi cara ini akan membantumu membiasakan diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh percakapan yang bisa kamu buat.

It’s so hot today.

I should have brought an umbrella.

Now I become so thirsty, I will buy a bottle of drink first before I enter the classroom.

berbicara bahasa inggris

berbicara bahasa inggris - dua orang bercakap-cakap

Mengobrol dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris. (Sumber: freepik.com)

Jika merasa sudah cukup lancar melakukan cara sebelumnya, kamu bisa mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Kuncinya adalah kamu harus mempersiapkan semua hal yang ingin kamu utarakan di pikiranmu dalam Bahasa Inggris. Aktivitas ini lebih menantang, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan diucapkan atau ditanyakan oleh lawan bicaramu. Apabila memungkinkan, akan lebih baik jika kamu mengobrol dengan orang asing. Selain lebih menantang, bukan tidak mungkin orang asing yang kamu ajak bicara akan membetulkan kalimatmu yang masih kurang tepat. Kamu jadi mendapat ilmu baru, deh.

Itu dia lima kegiatan yang bisa kamu lakukan agar kamu terlatih untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu akan semakin mahir menggunakan Bahasa Inggris saat berbicara. Struktur kalimat, penggunaan kata, dan intonasi bicaramu akan mirip dengan orang-orang yang bahasa utamanya adalah Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika dihadapkan dengan wawancara dalam Bahasa Inggris ataupun speaking saat tes IELTS. Selamat mencoba ya, smart buddies! Kalau kamu punya tips lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

You may also like...

14 Responses

  1. vira amanda says:

    Terima kasih atas sarannya. Mudah-mudahan dengan membaca berita ini, saya bisa memahaminya dgn baik

  2. Nisa says:

    Thank’s, for giving Me this information… I like speaking on English, but…. He he he… I Like it..!

  3. Anonymous says:

    Agar fasih, dengarkan lagu bahasa inggris dengan sering dan membaca terjemahannya.

  4. Dewi says:

    Terima kasih utk tips, saya akan share ke anak saya semoga dia bisa mahir berbahasa Inggris.

  5. Anna says:

    Terima kasih atas sarannya. Semoga dengan cara ini, aku bisa lebih memahami dalam bahasa Inggris

  6. robi says:

    Nonton film yg berbahasa ingris . Denger apa yg di ucapkan .lihat subtitle untuk menemukan arti . Ingat hafal
    (Nonton + belajar )
    Ucapan + arti = ingat

  7. edoardo jonathan says:

    kalau tips saya itu:
    bernyanyi inggris sambil di terjemahkan
    sama main game inggris jdi kita bisa bercakap dengan orang luar

  8. Hanny says:

    Thank for you advice, I also have another suggestion to make it easier to speaking in english, are routinely or consistently memorize 10 words per day in english

  9. Raya Dyga J says:

    Saranku membaca buku cerita B.Inggris…pakai aplikasi yang menggunakan B.inggris…percakapan dirumah sehari-hari menggunakan bahasa Inggris…nanti akan aku coba perlahan…

  10. Raidah Rafifa says:

    Terimakasih sarannya. Sangat membantu.
    Aku juga punya saran nih buat temen-temen. Sebelum memperaktikannya dengan cara mengobrol dalam bahasa Inggris dengan orang lain/orang asing, tidak salahnya coba saja dulu mencari teman yang berasal dari luar negri di sosmed. Setelah itu, sering-seringlah chat dengannya dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan terjemahan dari bahasa Indonesia. Dengan begitu, kemampuan kosakata kita juga terasah. Semoga bermanfaat dan ga salah ya saranku ini..😄

  11. Andi says:

    My tips is: always use english language for social life like in social media and talk to other people with english language

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.