Ruangguru Blog

    5 Pelajaran Hidup yang Terdapat dalam Film ‘Fantastic Beasts and Where to Find Them’

    By Ruangguru writer · Nov 23, 2016

    Siapa yang sudah menyaksikan film Fantastic Beasts and Where to Find Them di bioskop? Sejak tanggal 16 November kemarin, film yang diadaptasi dari novel karangan J. K. Rowling tersebut ramai ditonton orang-orang di seluruh dunia. Meskipun ceritanya ber-genre fiksi dan sangat imajinatif, ternyata ada pelajaran hidup yang bisa didapat dari film tersebut, lho. Simak selengkapnya, ya!

    Kemampuan yang seseorang miliki dapat digunakan untuk hal positif dan juga hal negatif

    film fantastic beasts - credence Tokoh Credence yang memiliki Obscorus. (Sumber: radiotimes.com)

    Kalau kamu sudah menonton film Fantastic Beast, pasti tidak asing dengan makhluk bernama Obscurus. Makhluk tersebut adalah kekuatan sihir hitam yang tercipta ketika seorang penyihir cilik dipaksa menyembunyikan kekuatan sihirnya. Obscurus memiliki kekuatan besar. Di film tersebut, bahkan ia mampu menghancurkan bangunan-bangunan di kota. Dari kisah ini, kita mengetahui bahwa suatu kelebihan bisa menjadi karunia atau kutukan, tergantung bagaimana seseorang menggunakannya. Lingkungan tempat kamu berada juga menjadi salah satu faktor yang menentukan. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki suatu kelebihan, gunakanlah untuk hal-hal yang positif, ya. Contohnya, apabila kamu jago Komputer, jangan gunakan kepintaranmu untuk meretas situs pemerintah. Lebih baik kamu membuat situs yang bermanfaat bagi orang banyak.

    Semua orang memiliki peran penting dalam kehidupan

    film fantastic beasts - jacob, newt scamander, tina Jacob membantu Scamander dan Tina. (Sumber: odeon.co.uk)

    Apakah kamu ingat dengan sosok Jacob? Seorang no-maj atau manusia biasa tanpa kemampuan sihir yang membantu Newt Scamander dan teman-temannya mencari peliharaan Scamander yang hilang di New York. Meskipun tidak memiliki kekuatan sihir, ternyata bantuan Jacob sangat berarti dalam pencarian hewan-hewan milik Scamander. Ia juga tidak minder meskipun berada di antara para penyihir. Semua orang pasti memiliki perannya masing-masing di kehidupan ini, smart buddies. Begitu pula dengan kamu. Jangan pernah minder dan teruslah berbuat kebaikan.

    Sayangi binatang di bumi

    film fantastic beasts - newt scamander Scamander memperlakukan semua peliharaannya dengan baik. (Sumber: cbc.ca)

    Newt Scamander merupakan sosok yang sangat menyayangi binatang yang ada di dunia sihir. Di dunia ini, kamu pun harus menyayangi binatang, ya, smart buddies. Mereka adalah makhluk hidup yang memiliki hak untuk hidup bebas. Jangan pernah menyakiti binatang apapun, apalagi hanya karena iseng. Jika kamu tidak menyukai atau takut suatu binatang tertentu, tidak masalah selama kamu tidak menyakitinya. Salah satu cara memperlakukan binatang dengan baik adalah dengan menjaga ekosistem lingkungan. Contohnya adalah tidak melakukan hal-hal seperti membuang sampah sembarangan, membakar hutan, mengebom ikan di laut, dan lain-lain.

    Dilupakan oleh orang lain adalah hal yang menyedihkan

    film fantastic beasts - jacob, tina, queenie, scamander Persahabatan di film Fantastic Beast. (Sumber: telegraph.co.uk)

    Di akhir cerita, orang-orang yang tidak memiliki kekuatan sihir harus dihapus ingatannya. Tidak terkecuali Jacob. Padahal, Jacob sudah menjadi teman baik bagi Scamander. Ia tentu tidak akan merasakan apa-apa setelah ingatannya dihapus. Namun, Scamander dan teman-temannya akan selalu mengingat Jacob. Ketika seseorang dilupakan oleh temannya ia akan merasa sedih. Apalagi jika mereka telah berbagi kenangan indah bersama. Smart buddies, jangan sampai kamu melupakan teman-teman dan sahabatmu, ya. Tetap jaga hubungan baikmu dengan mereka, apalagi sekarang kita semua sudah sangat terbantu dengan adanya teknologi komunikasi. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk putus komunikasi dong?

    Jangan takut keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan hal yang lebih baik

    film fantastic beasts - jacob Jacob menjadi pengusaha roti. (Sumber: latimes.com)

    Lagi-lagi kita akan belajar dari Jacob. Pria bertubuh gempal ini tadinya bekerja di pabrik makanan kaleng. Bertahun-tahun ia telah menghabiskan waktunya di pabrik tersebut. Namun ia merasa tidak dihargai di pekerjaannya. Oleh sebab itu, ia ingin mendirikan toko roti miliknya sendiri. Jacob akhirnya berhasil merealisasikan cita-citanya. Ia memiliki toko roti yang ramai dikunjungi oleh pembeli. Hikmah dari kisah tersebut, kamu tidak boleh menetap pada suatu hal yang tidak membuatmu menjadi orang yang lebih baik. Hidup itu harus terus meningkat. Jika kamu tidak menyukai suatu hal, kamu harus melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Ikuti kata hatimu dan jangan pernah takut untuk menggapai cita-citamu.

    Itu dia lima pelajaran kehidupan yang bisa kamu ambil dari film Fantastic Beasts and Where to Find Them. Semoga bermanfaat, ya, smart buddies! Bagaimana pendapatmu mengenai film tersebut? Coba tuliskan pendapatmu di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang ngefans berat dengan Harry Potter, ya. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: fun facts, Intrapersonal, Interpersonal, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!