5 Penjelasan Sains Tentang Hantu

Sudah Siap Dengan Conjuring 2? Baca Dulu Nih 5 Penjelasan Sains Tentang Hantu!

Bagi yang suka film horor, sebentar lagi wajib ke bioskop nih karena The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist akan segera dirilis beberapa bulan lagi!

Masih ingat kan dengan film pertamanya yang bercerita tentang pasangan pengusir roh jahat terkenal Ed & Lorraine Warren yang terlibat dalam mengusir roh wanita jahat yang bernama Bathsheba yang mengganggu keluarga Perron? Kali ini cerita masih berputar di “pekerjaan” The Warrens yang ingin membantu seorang ibu dan 4 putrinya yang selalu diganggu “makhluk gaib”.

Nah, percaya atau tidak percaya, hal-hal mistis dan berbau supranatural pasti selalu bisa menarik perhatian kita. Sering kan mendengar pemberitaan kesurupan massal atau teman kita yang katanya bisa “melihat” bahkan berkomunikasi dengan penghuni dari dunia lain tersebut?

Tapi ternyata banyak juga lho orang yang skeptis termasuk para peneliti yang berhipotesis hantu itu tidak ada dan 5 penjelasan sains inilah yang membuat kita merasakan adanya kehadiran hantu atau kejadian supranatural lainnya.

1. Infrasound

Dimulai dari Vic Tandy yaitu seorang ahli komputer yang sedang bekerja di suatu lab merasakan tidak nyaman bahkan melihat satu “penampakan”. Akhirnya dia memulai satu penelitian dengan alat pengukur frekuensi suara dan ternyata di ruangan tersebut tertangkap sinyal suara infrasound sekitar 19Hz yang memang bisa menyebabkan perasaan discomfort dan membuat bola mata melihat benda statis tiba-tiba bergerak (jadi menyerupai bayangan).

2. Jamur

Beberapa peneliti menyatakan bahwa jika ada kesamaan dari berbagai tayangan tentang tempat berhantu adalah adanya jamur yang diduga beracun (toxic mold), sehingga menyebabkan orang yang kebetulan berada di tempat itu akan merasakan takut yang tidak jelas dan bahkan mengalami demensia (gangguan memori) sementara.

3. Electromagnetic Fields atau Medan Magnet

Medan Magnet

Medan Magnet

Walaupun teori ini masih menjadi perdebatan diantara para peneliti, namun kebanyakan tempat-tempat yang dianggap angker memang memiliki medan magnet yang terlalu kuat atau tidak biasa. Penyebabnya karena aktivitas alat elektronik tertentu atau memang formasi geografis daerah tersebut mempunyai medan magnet yang kuat.

4. Karbon Monoksida

Alkisah, ada satu keluarga H yang pindah ke satu rumah dimana mereka sering mendengar pot jatuh, nama mereka dipanggil-panggil, langkah kaki, hingga anak-anaknya yang sering merasa lemas dan sakit. Ternyata setelah diteliti, mereka selama ini keracunan karbon monoksida dari perapian mereka yang rusak yang menyebabkan halusinasi dan membuat tubuh mereka lemas.

5. Diyakinkan Oleh Orang Lain

Nah, kalau ini lebih ke sifat dasar manusia yang terkadang suka mencari pembenaran, hehe. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Goldsmiths, seorang psikolog dari University of London, kamu akan semakin percaya telah melihat hantu jika orang yang bersamamu saat itu juga mengatakan dia melihat bayangan hantu itu. Bila temanmu bereaksi biasa saja dan bahkan tidak mengiyakan, maka kamu kemungkinan akan menganggap itu hanya ilusi saja.

 Itu tadi 5 penjelasan yang rasional yang mencoba menjelaskan kenapa ada kepercayaan terhadap hantu. Kalau menurutmu, hantu itu memang beneran ada gak sih? Share yuk pendapatmu di kolom komentar!

Well, sebelum tidur nanti jangan lupa lihat kolong tempat tidurmu dulu yaa! :p

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.