Ruangguru Blog

    5 Sosok Ini Extra Kerja Keras Demi Sukses!

    By Ruangguru · Jul 7, 2017

    Setiap orang pasti ingin sukses, smart buddies? Sering kali seseorang dikatakan sukses,  kehidupannya yang mewah, popularitas, ataupun kekayaan yang berlimpah. Namun, di balik semua pencapaian tersebut, bisa jadi tersimpan kisah perjalanan hidup yang memilukan, lho! Nah, kali ini Ruangguru punya 5 sosok yang hidupnya terlihat sangat enak, namun sebetulnya mereka bekerja keras untuk mencapai posisi sekarang.

    1.Oprah Winfrey

    Kerja Keras - Oprah Winfrey Oprah Winfrey (Sumber: www.ohfact.com)

    Kebanyakan masyarakat awam mengenal sosok Oprah melalui talkshow andalannya, The Oprah Winfrey Show. Acara yang telah mengudara di 140 negara tersebut merupakan salah satu bukti besar kesuksesan Oprah. Hasil wawancaranya dengan Michael Jackson telah menarik 100 juta pemirsa. Ia juga dinobatkan sebagai "100 Orang Paling Berpengaruh di Abad 20" oleh majalah Time. Sementara Forbes, menobatkan Oprah sebagai perempuan pertama Amerika-Afrika yang menjadi miliarder.

    Masa kecil Oprah bermula dari pertanian di Kosciusko, Amerika Serikat.  Pada usianya ke 14, Oprah sempat dilecehkan oleh ayah tirinya hingga mengandung. Meskipun begitu,  bayinya meninggal sebelum dilahirkan. Hal tersebut menyebabkan ia memutuskan pindah ke Nashville, Tennessee untuk tinggal bersama ayahnya. Berkat ayahnya, Oprah bangkit kembali hingga pada usia 17, ia memenangkan kontes kecantikan Miss Black Tennessee. Pada Januari 1984, Oprah diundang ke Chicago untuk menjadi host program TV. Setahun kemudian, ia dipercaya untuk membawakan acara sendiri bertajuk The Oprah Winfrey Show.

    2. Bob Sadino

    Kerja Keras - Bob Sadino Bob Sadino (Sumber: www.isigood.com)

    Ada yang belum tahu sosok ini? Gemar bergaya nyentrik dengan celana pendek, Bob Sadino terkenal sebagai pengusaha di bidang agribisnis yang sukses. Meskipun begitu, ia dikenal sebagai pribadi yang rendah hati lho. Sikap ini merupakan refleksi dari perjalanan hidupnya yang berat.

    Saat berumur 19 tahun, orang tua Bob Sadino wafat. Hasil perolehan warisannya, ia gunakan untuk menetap di Amsterdam dan Hamburg selama kurang lebih 9 tahun. Tahun 1967, ia kembali ke Indonesia dengan membawa dua mobil Mercedes. Satu mobil disewakan, sementara satu lagi dijual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Sayangnya, mobil yang disewakan mengalami kecelakaan parah dan ia tidak memiliki uang untuk memperbaiki. Alhasil, Bob beralih menjadi tukang kuli bangunan dengan gaji hanya Rp.100,00.

    Berawal dari saran seorang teman, Bob Sadino memulai usaha peternakan. Seiring waktu, ia berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hasilnya dapat dilihat dari supermarket organik Kemchick sekarang. Bob percaya, setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Baginya uang bukan hal nomor satu,  namun kemauan, komitmen, serta keberanian mencari dan menangkap peluang. Kisah yang inspiratif sekali, bukan?

    3. Merry Riana

    Kerja Keras - Merry Riana Merry Riana (Sumber: jdacommunity.com)

    Ada yang pernah membaca buku “Mimpi Sejuta Dolar”? Buku ini menceritakan perjalanan Merry Riana, motivator kondang yang berhasil meraup penghasilan satu juta dolar singapura di usia muda. Namun, hasil tersebut tidak diraih semudah membalikkan telapak tangan, lho. Bahkan ia harus membayar utang senilai 300 juta rupiah kepada pemerintah Singapura. Penasaran kisahnya, smart buddies?

    Hidup sebagai mahasiswa Nanyang Technological University (NTU), Merry dituntut untuk memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Ia sempat menjadi penyebar pamflet jalanan, penjaga kios, hingga menjadi pelayan hotel. Bahkan, bisnis saham yang ia geluti malah menyeretnya pada kegagalan besar. Suatu ketika, ia bergabung dengan sebuah perusahaan asuransi. Di situ, ia meraih satu juta dolar dari hasil mengumpulkan pelanggan. Tahun 2003, ia dinobatkan sebagai salah satu agen terbaik di sebuah perusahaan asuransi ditempatnya bekerja. Bagi Merry Riana, “yang terpenting dalam kehidupan bukan kemenangan tapi bertanding dengan maksimal.”

    4.Ed Sheeran

    Kerja Keras - Ed Sheeran Ed Sheeran (Sumber: img.maximummedia.ie)

    Siapa yang tidak mengenal Ed Sheeran? Pelantun lagu Photograph ini telah mendunia dengan hasil karya musiknya yang luar biasa. Namun, siapa sangka bahwa ia memiliki masa lalu kelam sebelum menjadi bintang internasional? Ed pernah tidur di jalanan dan menjadi seorang gelandangan selama dua tahun. Bahkan, ia pernah tidur di depan istana Buckingham saat masih remaja dan menjadi musisi keliling.

    Pada usia 16 tahun, Ed pindah ke London namun tak punya uang untuk menyewa tempat tinggal. Kemudian, ia pindah ke Los Angeles dan bertemu Jamie Foxx yang melihat bakatnya. Ketika itu, Ed diizinkan untuk tinggal di rumah Jamie Foxx sehingga ia bisa melakukan rekaman. Setelah namanya mulai dikenal, Ed pun ditawari kontrak oleh Atlantic Records. Berkat kegigihannya, kini ia mampu mewujudkan mimpinya menjadi musisi terkenal.

    5. Chairul Tanjung

    Kerja Keras - Chairul Tanjung Chairul Tanjung (Sumber: www.profilbos.com)

    “Si Anak Singkong”, begitulah julukan Chairul Tanjung yang dikenal sebagai CEO sekaligus pendiri dari CT Corp ini. Awalnya, Chairul kecil berasal dari keluarga yang berkecukupan. Namun, hidupnya berubah ketika ayahnya kehilangan pekerjaan. Hingga keluarga mereka harus tinggal di losmen sempit yang kumuh. Tempat itulah yang menyebabkan julukan itu muncul.

    Insting bisnis Chairul muncul ketika berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI). Mulai dari bisnis fotokopi, berjualan kaos, bahkan buku kuliah pun ia jalani. Setelah lulus, ia mencoba mendirikan perusahaan bersama teman-temannya. Adanya perbedaan strategi bisnis, Chairul memutuskan untuk keluar. Setelah itu, ia memberanikan diri membidik tiga bisnis di bidang keuangan, properti, dan multimedia. Sebetulnya apa yang menjadi dasar pemikiran Chairul hingga bisa sukses dalam bidang bisnisnya? Menurutnya, dibutuhkan kesabaran tinggi dan kekuatan untuk pantang menyerah dalam meraih kesuksesan.

    Inilah 5 sosok hebat yang bekerja keras untuk mendapat kesuksesan. Jangan lupakan pepatah lama “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” Yuk jadikan kisah ini sebagai motivasi untuk berprestasi lebih baik lagi! (RO/DR/NM)

    Share this:

    Tags: fun facts, Tokoh

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!