5 Tempat Berbuka Puasa yang Hits dan Anti Mainstream! | Blog Ruangguru

5 Tempat Berbuka Puasa yang Hits dan Anti Mainstream!

Di Bulan Ramadan, momen buka puasa bersama adalah salah satu yang paling ditunggu. Selain untuk membatalkan puasa, momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, saudara, dan teman. Kalau smart buddies, sudah ada berapa jadwal buka puasa bersama, nih? Kali ini, Ruangguru akan memberikan rekomendasi tempat berbuka puasa yang hits dan anti mainstream di 5 kota. Penasaran? Yuk simak infonya!

1. Strawberry Cafe – Jakarta

Tempat Berbuka - Strawberry Cafe

Interior Strawberry Cafe Jakarta (Sumber: news.lewatmana.com)

Biasanya, orang-orang sudah memadati restoran 1-2 jam sebelum waktu berbuka agar kebagian tempat. Akibatnya, banyak yang merasa bingung harus mengisi waktu menunggu dengan melakukan apa. Nah, kalau kamu berbuka puasa di Strawberry Cafe, Jakarta, waktu menunggu tidak akan terasa membosankan lagi karena di sana tersedia ratusan permainan kartu dan board games yang seru. Semuanya free, lho! Kamu hanya perlu meminta ke pelayan permainan mana yang ingin kamu mainkan. Cocok banget untuk menunggu waktu berbuka bersama keluarga dan teman.

Tempat Berbuka - Strawberry Cafe

Aneka permainan yang tersedia di Strawberry Cafe. (Sumber: teen.co.id)

Ragam pilihan menu di Strawberry Cafe pun ada banyak. Beberapa di antaranya adalah Nasi Goreng Bakar, Spaghetti Strawberry, dan Einstein Recipe yang ternyata merupakan campuran beberapa jenis minuman. Unik-unik kan smart buddies?

2. Warung Misbar – Bandung

Tempat Berbuka - Warung Misbar

Tampak depan Warung Misbar. Seperti bioskop ya! (Sumber: suara.com)

Apakah smart buddies mengenal istilah misbar? Bagi yang belum tahu, misbar adalah kependekan dari gerimis bubar. Istilah ini identik dengan suasana nonton layar tancap pada tahun 70-80an. Pada saat itu biasanya pemutaran film dilakukan di tanah lapang. Konsep inilah yang diangkat oleh Warung Misbar di Bandung. Jadi, kamu bisa berbuka puasa sambil menonton film-film lawas Indonesia yang diputar di layar tancap. Seru kan?

Makanan yang ditawarkan di Warung Misbar khas Indonesia. Ada nasi liwet, nasi ulam, aneka oseng sayuran, daging sapi, ayam, dan sebagainya. Di sana, kamu tidak memesan menu tapi memilih sendiri nasi dan lauk yang kamu inginkan secara prasmanan. Pasti orangtuamu senang kalau diajak ke sana karena bisa bernostalgia dengan masa  muda mereka.

3. Lekker Urban Food House – Medan

Tempat Berbuka - Lekker Urban

Tempat-tempat duduk yang terbuat dari vespa. Unik ya! (Sumber: makanmana.net)

Selain karena menu, salah satu pertimbangan untuk memilih tempat buka puasa adalah suasananya. Di Medan, terdapat Lekker Urban Food House yang suasananya nyaman dan dekorasinya catchy. Restoran ini banyak memanfaatkan barang bekas yang didaur ulang menjadi properti yang menarik dan unik. Misalnya adalah vespa dan bathub yang disulap menjadi tempat duduk. Ada pula tokoh superhero Hulk dan Iron Man yang menghiasi ruangan. Instagramable deh pokoknya! Nggak heran banyak anak muda di Medan yang berbuka puasa di sana.

Tempat Berbuka - Lekker Urban

Wow besar sekali ya pizzanya! (Sumber: imgrum.org)

Di sana, menu makanan yang ditawarkan bergaya western dan nusantara. Salah satu andalannya adalah pizza jumbo bernama Godpizza yang berukuran 42 inci. Wow, besar sekali ya! Puas deh untuk berbuka puasa ramai-ramai.

4. Travelmie – Surabaya

Tempat Berbuka - Travelmie

Tenda-tenda di dalam Travelmie. (Sumber: pergikuliner.com)

Berbuka puasa bersama dilakukan dengan camping di pegunungan, why not? Smart buddies tidak usah khawatir lelah mendaki. Datang saja ke Travelmie, kafe yang mengangkat tema urban camping. Saat masuk ke dalam, pengunjung akan disambut dengan kalimat ‘Congratulation, you are now at puncaknya Soerabaia’. Suasana yang dihadirkan pun membuat pengunjung serasa berkemah di pegunungan.  Terdapat beberapa tenda lengkap dengan lentera, susunan balok kayu untuk api unggun, efek suara kicauan burung, dan setiap 30 menit sekali akan keluar kabut buatan.

Menu utama yang dihadirkan juga merupakan makanan yang paling sering disantap ketika camping, yaitu mi instan. Bukan sekadar mi instan biasa, tetapi variannya ada banyak dan antimainstream. Mulai dari Indomie Rebung Daging Blackpepper, Indomie Jantung Pisang Carbonara, hingga Indomie Goreng Belalang Dabu-Dabu. Wih, apakah smart buddies tertarik mencoba?

5. Bong Kopitown – Jogjakarta

Bong Kopitown Jogja (Sumber: 1001wisata.com)

Bong Kopitown Jogja (Sumber: 1001wisata.com)

Kalau smart buddies merasa bosan dengan suasana yang itu-itu saja,coba deh berbuka puasa di penjara. Hah penjara? Yap! Tapi tenang saja, penjara yang satu ini memiliki moto ‘The happiest prison on earth’.  Berlokasi di Jogja, Bong Kopitown menyuguhkan suasana penjara dengan menghadirkan jeruji-jeruji besi dan lampu kuning temaram di dalam ruangannya. Pengunjung yang datang akan dilayani oleh para pelayan yang berpakaian seperti narapidana.

Tempat Berbuka - Bong Kopitown

Nasi Penjara di Bong Kopitown. Tertarik mencoba? (Sumber: rri.co.id)

Meskipun suasananya penjara, menu yang disajikan adalah beragam Chinese food dan khas Melayu. Beberapa diantaranya adalah Penang Fried Noodle,Nasi Penjara, Dimsum, dan Es Cincau. Hidangan disajikan dengan wadah berbentuk alumunium yang mirip dengan piring dan gelas di penjara. Menarik ya! Apakah smart buddies siap berbuka puasa di penjara?

Nah, itu dia 5 tempat makan hits dan anti mainstream yang bisa smart buddies coba agar momen buka puasa bersama semakin berkesan. Restoran atau kafe mana yang kamu pilih? Share di kolom komentar ya! (NF/DR)

You may also like...

1 Response

  1. Fadil says:

    buseh konsep nya bagus bagus bener dah
    yang vintage dan fantasy seru tuh hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.