Yuk, Teliti Sebelum Memilih! 5 Tipe Bimbingan Belajar di Indonesia | Blog Ruangguru

Yuk, Teliti Sebelum Memilih! 5 Tipe Bimbingan Belajar di Indonesia

Hai, Smart Buddies! Semester ganjil hampir separuh berjalan, sudah mulai membutuhkan pendamping belajar selain dari sekolah? Sebelum memilih bimbingan belajar (bimbel), yuk kenali dulu berbagai jenis kegiatan pendampingan belajar yang ada di Indonesia.

Sama seperti sekolah, bimbingan belajar (bimbel) juga memiliki banyak tipe lho. Tersedia berbagai fasilitas, paket, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal ini penting, karena tentunya paket yang cocok dapat mendukung kamu belajar dengan seru dan sepenuh hati. Keep scrolling ya!

1. Bimbel Supercamp

Sesuai namanya, peserta tinggal di dalam satu rumah dan melakukan sesi belajar secara intensif setiap hari di dalam periode tertentu. Dalam satu hari, bisa terdapat 3-4 sesi belajar dengan durasi masing-masing 1,5-2 jam. Bahkan, biasanya peserta diajak untuk mengerjakan tryout sebelum memulai belajar pagi. Sifat pembelajarannya yang intensif dan fokus, menjadikan bimbel ini biasanya diperuntukkan bagi pejuang ujian masuk perguruan tinggi.

bimbingan belajar - Outbound salah satu fasilitas supercamp

Outbound salah satu fasilitas supercamp. (Sumber: etime.wordpress.com)

Soal biaya, bimbel ini mematok harga paling fantastis di antara berbagai tipe bimbel. Materi belajar, mentor pendamping, makan sehari-hari, hingga tempat tinggal dibandrol mulai dari 20 juta rupiah untuk masa 1 bulan belajar. Wow! Bahkan ada yang mematok harga lebih tinggi lagi dengan tambahan fasilitas seperti outbound, training motivasi, hingga formulir pendaftaran ujian masuk perguruan tinggi.

2. Bimbel Konvensional

Seperti sekolah yang lazim ditemui, bimbel konvensional diadakan di dalam ruang kelas. Beberapa murid berkumpul di ruangan yang sama, didampingi dengan satu mentor untuk tiap pelajaran. Jumlah peserta kelas relatif lebih kecil dari sekolah, maksimal 20 orang. Sementara sesi belajar dihitung per minggu, antara 2-4 kali pertemuan.

bimbingan belajar - Kegiatan belajar di bimbel konvensional

Kegiatan belajar di bimbel konvensional. (Sumber: danikpurwantini.wordpress.com)

Mengikuti les di bimbel konvensional, biasanya jadi ajang untuk mendapat teman baru dari luar sekolah. Setidaknya, kamu dapat merasakan kompetisi belajar antara siswa-siswa dalam satu kota yang sama. Modul materi pun menjadi fasilitas standar yang dapat diterima. Namun, tak sedikit pula yang mengenakan biaya tambahan untuk mengadakan tryout. Dalam satu tahun, bimbel konvensional biasanya memasang harga mulai dari 5 juta rupiah.

3. Kursus Online

Saat ini banyak sekali situs-situs yang menyediakan seri-seri kursus online dengan berbagai topik. Mendengar penjelasan di depan kelas diganti dengan menonton video materi. Banyak juga lho situs yang menyediakan akses secara cuma-cuma. Namun, murid tidak bisa melakukan konsultasi personal secara langsung dengan mentor pemateri. Di kursus online, murid juga dituntut untuk dapat belajar secara mandiri.

bimbingan belajar - Belajar di situs kursus online

Belajar di situs kursus online. (Sumber: beabetteryou.com)

4. Guru Privat

Bagi kamu yang ingin mendapat pendampingan belajar yang lebih personal, kamu bisa memanggil guru privat ke rumah. Bila biasanya belajar diadakan secara berkelompok (satu guru banyak murid), guru privat hanya melayani satu murid. Keunggulannya adalah, murid dapat belajar sesuai batas kemampuannya saat ini. Tentunya pemahaman mengenai satu materi akan menjadi lebih dalam ‘kan?

bimbingan belajar - Privat dengan tutor

Privat dengan tutor. (Sumber: simplybusiness.co.uk)

Sistem pendampingan belajar seperti ini, harganya dihitung setiap pertemuan. Biasanya antara 50-100 ribu rupiah sekali pertemuan untuk durasi 1,5-2 jam. Bila diasumsikan 1 minggu terdapat 2 pertemuan, maka dalam satu tahun akan memerlukan biaya sekitar 4,8 juta rupiah.

5. Bimbel Online

Bila kelas di bimbel konvensional berbentuk ruangan, maka kelas di bimbel online terjadi di dalam grup aplikasi online chat. Kompetisi yang terjadi tidak hanya dengan sesama murid di satu kota tertentu, bahkan bisa datang dari seluruh nasional. Hal ini tentunya membuat jaringan pertemanan yang diperoleh menjadi lebih luas.

bimbingan belajar - Bimbel online via hp

Bimbel online via hp. (Sumber: pixabay.com)

Bergabung di bimbel online, peserta tidak perlu lagi memikirkan hujan atau macet selama perjalanan ke tempat les. Saat belajar konvensional, mungkin kamu sering merasa segan untuk menanyakan pertanyaan. Nah, di bimbel online keseganan itu dapat berkurang. Selain itu, kamu pun bisa mendapat harga belajar yang lebih murah. Hal ini karena bimbel online tidak memerlukan biaya konvensional seperti penyewaan ruangan dan cetak modul fisik. Di Ruangguru Digital Bootcamp, paket belajar 6 bulan dimulai dari harga 300 ribu rupiah lho. Plus, ada tryout berkala yang bisa diikuti untuk mengukur kemampuan pemahaman materi.

Dari penjelasan yang ada, sudah bisa menentukan daftar bimbel yang mana? Yuk, pilih dengan bijak. Mau kan buat belajar jadi seru? (NM)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. August 18, 2017

    […] Mencari tutor pengajar yang punya kredibilitas baik juga sulit. Berbeda dengan masa sekarang, akses belajar sudah banyak ditawarkan dengan berbagai cara. Ada bimbingan privat sampai belajar online, harganya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.