5 Tips Asyik Belajar di Rumah

5 Tips Asyik Belajar di Rumah

Sering gak sih mendengar Bapak/Ibu Guru mengajukan pertanyaan ini: “Sudah belajar belum di rumah?” yang mungkin akan kita jawab “Belum!” sambil tertawa jahil. Mungkin ada juga sih yang menjawab “Sudah, Bu!” dengan percaya diri.

Belajar di rumah. Bagi sebagian murid hal ini pasti dilakukan, namun mungkin hanya saat menjelang ujian atau tes. Padahal belajar di rumah itu sangat berguna untuk menambah pemahaman kamu terhadap materi yang sudah dipelajari di kelas sebelumnya. Selain itu, mulai membaca dan mempelajari sedikit materi yang akan dibawakan di kelas selanjutnya pasti akan membuat kamu lebih cepat mengerti saat guru sedang menjelaskan.

Kali ini, Ruangguru.com akan memberikan empat tips mudah yang siap kamu praktikkan agar kegiatan belajar kamu di rumah lebih asyik dan tidak membosankan. Check ‘em out!

1. Buat “sudut belajar” versimu sendiri!

manfaatkan balkon kamarmu

manfaatkan balkon kamarmu

Keluar dari kamarmu dan eksplor tempat nyaman di sekitaran rumah untuk kamu “sulap” menjadi tempat belajar baru di rumah. Misalnya saja mencoba belajar di teras samping rumah atau dekat area balkon rumah? Pakai saja meja belajar portable dan gelar tikar untuk belajar di situ. Kalau kamu lebih nyaman belajar di kamar, dekor area meja belajarmu sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar.

2. Together the better

belajar kelompok, yuk!

belajar kelompok, yuk!

Daripada sekedar hang-out di mall bersama teman kita, sesekali buat jadwal belajar bareng yuk! Kita bisa memanggil tutor untuk belajar materi yang belum terlalu kita pahami atau bahkan belajar kelompok sebelum masa ujian. Nah, ini baru namanya BFF’s Quality Time.

3. Metode Ser-San (Serius Tapi Santai)

belajar sambil mendengarkan musik

belajar sambil mendengarkan musik

Karena ini bukan belajar di sekolah yang lebih formal, kamu bebas menentukan kapan waktu untuk mulai dan berhenti sejenak. Pasang musik yang bisa memompa semangatmu lagi saat kamu mulai bosan dan istirahat sebentar sebelum memulai lagi sesi belajarmu. Sepanjang belajar pun, kamu bisa sambil mendengarkan musik klasik untuk menstimulus kerja otak dan menjaga konsentrasimu.

4. Siapkan Makanan Ringan

Supaya kamu tidak cepat mengantuk, mengunyah cukup disarankan lho untuk menjaga kamu tetap fokus. Tapi jangan jadi sibuk makan melulu ya! Permen mint, gums, dan makanan kecil serta minuman bisa kamu siapkan di dekatmu ketika kamu mulai bosan.

5. Pastikan tempat belajar bersih dan rapi

Tempat belajar yang bersih dan rapi biasanya lebih disukai untuk memudahkan proses belajar. Siapkan  buku dan alat tulis yang kamu perlukan sebelum memulai belajar agar waktu belajarmu lebih efektif.

Nah, itu tadi lima tips praktis yang bisa kamu lakukan agar kegiatan belajar kamu di rumah jadi makin asyik. Punya tips lainnya? Ayo di-share di kolom komentar!

Cheers!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

4 Responses

  1. Sugiono says:

    Salam. Artikelnya menarik, terima kasih. Ada sedikit usul nih. Bagaimana kalau membuat artikel atau workshop untuk guru juga. Berikan pemahaman bahwa siswa siswi datang ke sekolah…bukan…untuk membahas apa yang sudah diketahui, tetapi membuat suasana kondusif di dalam kelas agar mereka bisa mendapatkan ilmu dari guru sesuai kurikulum. Menukil dari beberapa poin dari artikel ini, jika siswa siswi bisa diarahkan untuk membuat kelompok belajar sendiri di luar, pendekatan tersebut juga bisa diaplikasikan oleh guru di dalam kelas juga. Mungkin berat, tapi sepertinya bisa menjadi parameter untuk menilai kualitas kompetensi guru dalam berinteraksi dengan anak didiknya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan. Terima kasih.

    • Ruangguru says:

      Hai Pak/Mas Sugiono :)
      Terima kasih untuk feedback-nya ya.
      Apabila yg dimaksud adalah menulis artikel yg ditujukan utk para guru seputar cara mengajar dan sebagainya, bapak bisa lihat banyak sekali artikel mengenai itu di blog.ruangguru.com
      Selamat mengulik 😉

      • Sugiono says:

        Salam. Ya artikel mengenai itu akhirnya ketemu, walau agak memerlukan try and error. Ada sedikit-sedikit-sedikit usul lagi untuk yang satu ini. Mungkin ruangguru sudah saatnya membagi dua kategori inspirasi; satu untuk kalangan siswa dan lainnya untuk kalangan guru, agar memudahkan pencarian artikel menurut segmen kalangan pembacanya. Terima kasih.

  2. komentator yang memberi masukan workshop untuk guru says:

    test. saya komentar barusan tapi tidak muncul. error atau memang pending ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.