5 Tips Belajar Efektif dan Hemat untuk Anak, Apa Saja Ya?

Tips Belajar Efektif dan Hemat untuk Anak

Mari kita cari tahu bersama-sama cara belajar seperti apa yang paling efektif dan hemat untuk anak.

 

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, terutama perihal pendidikan. Terkadang proses belajar membuat lelah, namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Hal yang sering terlupakan adalah, anak memerlukan konsep belajar yang efektif untuk mencapai hasil yang baik. Tentunya, ini juga tidak terlepas dari peran orang tua. Membantu anak untuk melakukan proses belajar efektif dan hemat dapat dilakukan sehari-hari. Berikut beberapa tips pilihan untuk Anda:

 

1 . Kenali tipe belajar anak

tips belajar efektif - mengenali tipe belajar anak

Mengenali tipe belajar anak (sumber : rockingmama.id)

 

Setiap anak memiliki cara belajarnya sendiri-sendiri, ada yang terbiasa untuk mendengarkan guru langsung mengerti, ada yang perlu membaca sambil mencatat, bahkan ada yang harus belajar dalam sistem kebut semalam (atau kepepet) baru dapat mengerti. Di sinilah, peran orang tua sangat berpengaruh. Lihat cara belajar anak Ayah/Bunda untuk mentukan tipe belajarnya, sehingga Anda bisa mengoptimalkan cara belajar anak Anda.

 

2. Membiasakan anak belajar yang teratur

tips belajar efektif- membiasakan anak belajar teratur

Membiasakan anak belajar teratur. (Sumber: hellosehat.com)

 

Jangan biarkan anak merasa tertekan selama belajar. Ayah dan Bunda dapat membiasakan anak untuk belajar teratur, karena semua yang dilakukan secara teratur akan menjadi sebuah kebiasaan. Dengan demikian, anak akan merasa terbiasa dan tidak tertekan atau bosan dalam belajar meski mereka sedang malas. Belajar teratur dapat diawali dengan membiasakan anak untuk membaca buku pelajaran dalam waktu tertentu setiap harinya.

 

3. Belajar dengan cara yang menyenangkan

Biasakan anak untuk menciptakan emosi positifnya sendiri, karena dengan emosi yang positif anak akan merasa senang. Kondisi ini dapat diwujudkan dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak, seperti ruang belajar yang nyaman, memasang musik untuk membantu anak merefleksikan pelajaran, menyediakan makanan kecil, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Melatih Anak Agar Berpikir Kritis Sejak Dini

 

4. Belajar melalui metode Mind Mapping

Semakin beragamnya buku-buku pelajaran, membuat anak sulit untuk menghapal dan memahami pelajaran tersebut. Ayah/Bunda dapat melakukan metode mind mapping, yaitu cara mengajarkan anak-anak dengan melakukan pemetaan terhadap apa yang telah mereka pelajari. Apa kelebihannya? Anak akan lebih mudah untuk menghafal dengan waktu yang lebih singkat!

 

5. Belajar menggunakan Teknologi

tips belajar efektif - menggunakan teknologi untuk belajar

Menggunakan teknologi untuk belajar (sumber : brainoptimax.com)

 

Perkembangan teknologi saat ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, juga pendidikan. Mengapa? Karena saat ini, pembelajaran anak dapat diakses di berbagai sarana digital, seperti internet, ebook, pelajaran yang dapat ditonton di youtube, bahkan aplikasi belajar online Ruangguru. Selain akses mudah, metode ini juga tergolong hemat, dan ternyata hasilnya juga sangat efektif.

Nah, Ayah/Bunda sudah tau belum, kalau Ruangguru bersama Alta School berkolaborasi mempersembahkan program Kursus Ruangguru untuk anak usia 4-7 tahun. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi si kecil sejak dini. 

Salah satu kursus unggulannya adalah Ruangguru Calistung for Kids, yang ditujukan untuk anak usia 4-6 tahun. Jadi, si kecil akan mendapatkan pembelajaran dengan konsep stimulasi berulang dan contoh yang nyata, sehingga dapat membuat anak lebih mudah membaca, menulis, dan berhitung tanpa terbebani.

Kursus Ruangguru Calistung for Kids ini terdiri dari 3 level pembelajaran, dengan jumlah pertemuan 2 sesi per minggu, dan masing-masing sesi berdurasi 60 menit

Detail Paket

  • Paket 1 bulan: Rp580.000 (sudah termasuk modul belajar seharga Rp150.000)
  • Paket 3 bulan: Rp1.120.000 (GRATIS 1 modul belajar)
  • Paket 6 bulan: Rp1.855.000 (GRATIS 2 modul belajar)

 

Jangan khawatir, di Kursus Ruangguru, anak Anda akan mendapatkan pembelajaran eksklusif bersama guru-guru terbaik. Satu kelas hanya berisi 10-15 murid saja. Jadi, anak akan lebih mudah terpantau perkembangan belajarnya. Selain itu, Anda akan mendapatkan laporan belajar dan sertifikat dari Ruangguru setelah menyelesaikan modul pembelajaran tersebut.

Jika berminat, si kecil dapat mengikuti trial class terlebih dahulu melalui http://bit.ly/kelasgratiskursus. Trial class ini tidak dipungut biaya, sehingga Anda tak perlu ragu saat mendaftar.  

Demikian sedikit tips belajar efektif untuk anak dari Ruangguru, Anda bisa langsung coba menerapkannya! Semoga tips dari Ruangguru kali ini dapat meningkatkan belajar anak dirumah dan membuat belajar jadi mudah, ya! (NN/DR)

CTA IDN Blog Kursus Ruangguru

Ruangguru