Terbukti! 5 Tips Jitu Taklukkan UN dan SBMPTN | Blog Ruangguru

Terbukti! 5 Tips Jitu Taklukkan UN dan SBMPTN

Tidak terasa, UN dan SBMPTN sudah hampir di depan mata nih, smart buddies. Sudah sejauh apa persiapanmu? Agar sukses taklukkan UN dan SBMPTN, coba yuk 5 tips jitu berikut ini!

1. Motivasi dan mental

Akan terasa percuma berjam-jam motivasi yang diberikan oleh orang tua, guru, dan teman jika dari diri kamu sendiri tidak ada niat. Jadi, modal utamanya, harus ada dorongan dari diri sendiri untuk mendapat nilai baik dan bisa tembus PTN. Mulai sekarang, kamu harus berusaha menghalau kemalasan. Setiap kamu malas, coba ingat betapa besar jerih payah orang tuamu agar kamu bisa mendapat pendidikan terbaik. Kamu tentu ingin membalas budi orang tua dengan membuat mereka bangga dong?

Taklukkan UN - Frustrasi ketika menemukan soal sulit

Frustrasi ketika menemukan soal sulit. (Sumber: hercampus.com)

Selain motivasi, kamu juga harus punya mental yang kuat. Ingat, kamu akan bersaing dengan berjuta calon mahasiswa dari seluruh Indonesia lho. Kalau membayangkannya saja membuatmu ciut, apalagi nanti ketika dihadapkan dengan soal-soal sulit? Wah, berarti mentalmu belum tahan banting nih, smart buddies.

Kamu harus meningkatkan rasa percaya diri. Banyak belajar, banyak latihan, dan tantang dirimu sendiri agar mentalmu terlatih dengan baik. Misalnya, kerjakan satu paket soal dan tentukan berapa lama kamu harus bisa menyelesaikan. Kamu juga bisa coba mengerjakan soal beramai-ramai dengan temanmu. Terapkan prinsip prinsip “Ujian untuk menuntut ilmu, bukan menuntut ilmu untuk ujian”. Dengan demikian, kamu tidak akan takut menghadapi UN dan SBMPTN, smart buddies.

2. Rencanakan program dan targetkan

Cobalah buat jadwal agar waktu belajarmu lebih beraturan. Uraikan seluruh kegiatanmu sehari-hari, kemudian atur kapan kamu harus belajar secara rutin. Psst, tapi biasanya ini hanya berjalan selama 1-2 hari di awal saja, hehe. Benar nggak, smart buddies? Nah, cara menanggulanginya, coba kamu buat program belajar. Misalnya, minggu pertama khusus mata pelajaran Matematika, minggu berikutnya Bahasa, dan seterusnya. Tidak perlu terlalu fokus pada waktu, yang penting kamu benar-benar membedah topik yang sudah dijadwalkan para program tersebut. Jangan sampai overload ya, karena tidak akan efektif.

Taklukkan UN - Ruangguru

Contoh program belajar.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menentukan target belajar perhari. Hal ini ditujukan agar kamu tahu mata pelajaran mana yang sudah kamu kuasai dan masih perlu didalami. Sebagai contoh, kamu menargetkan bisa menyelesaikan 100 soal Matematika dalam seminggu. Kemudian, misalnya kamu adalah member tetap remedial Fisika, maka kamu coba targetkan harus mencapai nilai 75 pada ujian mendatang. Pada intinya, kamu harus tahu tujuanmu belajar apa, smart buddies.

3. Berlatih

Banyak latihan sudah pasti wajib kamu lakukan. Well, untuk memulainya saja terkadang kamu sudah keburu malas. Namun, kamu harus bisa memerangi rasa malas tersebut jika ingin maju. Hal ini bisa berhasil apabila kamu membiasakannya. Jadikan latihan soal sebagai hobimu mulai sekarang. Lahap semua soal-soal agar kamu semakin terlatih mengerjakannya, mulai dari yang mudah hingga yang tingkat kesulitannya membuatmu garuk-garuk kepala.

Mengerjakan latihan soal di mana pun

Mengerjakan latihan soal di mana pun. (Sumber: huffpost.com)

Eits, ketika mengerjakan jangan sambil lihat kunci jawaban ya. Hal ini tidak akan membuatmu semakin mahir dan tidak membentuk mentalmu jadi sekuat baja. Justru, cara ini akan membuatmu semakin malas, mudah menyerah, dan tidak semakin pintar. Apabila kamu ingin mengukur sejauh apa kemampuanmu, kamu bisa coba mengerjakan soal di RuangUji Ruangguru.com. Selain bisa berlatih mengerjakan soal CBT, akan ada pembahasan soal yang bisa kamu jadikan evaluasi belajar juga lho. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lihat langsung grafik analisis kemampuanmu. Dengan begitu, kamu bisa tahu mana materi yang menjadi kekuatanmu, dan mana yang harus diasah lagi. Cara mengerjakan soal seperti ini juga akan melatih kamu untuk berlaku tidak curang, smart buddies.

4. Berkelompok

Cobalah untuk turut serta dalam kelompok belajar. Kamu bisa membentuknya bersama teman-temanmu. Jangan hanya teman-teman sepermainan ya, nanti malah berujung ngobrol dan main. Ajak anak-anak pintar dan rajin di kelasmu agar kamu turut termotivasi.

Sebagai pelajar di era digital, kamu bisa coba lho sebuah metode belajar terbaru yang kekinian dan membuat #BelajarJadiMudah. Kamu dapat coba mengikuti program intensif untuk persiapan SBMPTN selama 1,5 bulan dengan Ruangguru Digital Bootcamp. Program ini akan dimulai pada bulan April hingga 15 Mei sebelum SBMPTN. Hal yang lebih asyik lagi, program ini dilakukan secara online sehingga kamu bisa belajar dari wilayah mana pun, smart buddies. Satu grup dibatasi, hanya boleh sekitar 15-20 orang saja. Jadi, belajarmu dijamin efektif.

Taklukkan UN - Belajar secara berkelompok

Belajar secara berkelompok. (Sumber: animaleadership.com)

Kamu dan teman-teman yang ada pada grup belajar tersebut akan mendapat pendampingan guru selama 24 jam. Kalian bisa bertanya mengenai pemecahan soal pada guru, sharing materi antar teman, tryout mingguan, konsultasi seputar jurusan, dan web seminar. Selain mendapat teman-teman baru, kamu juga belajar dengan metode baru yang lebih menyenangkan. Wah, seru banget kan? Bagi kamu si pejuang PTN, wajib banget nih ikutan Ruangguru Digital BootcampYuk daftar sekarang!

5. Faktor pendukung

Nervous boleh, tapi jangan sampai stres ya. Jika stres, tingkat konsentrasimu pun akan menurun. Kalau sudah demikian, bisa-bisa malah berujung sakit. Nggak mau, kan? Kamu harus tetap menjaga mood, asupan, waktu istirahat, belajar, olahraga, dan bermain agar semua berjalan seimbang. Eits, jangan lupakan kekuatan doa juga ya. Sekeras apapun usahamu, jika tanpa doa maka semua akan sia-sia.

Itu dia 5 tips agar persiapan belajarmu menuju UN dan SBMPTN jadi lebih efektif. Selamat mencoba ya, smart buddies! Ayo, jangan menunda-nunda dan mulailah dari sekarang. Cheers! (UH/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.