5 Tips Ini Membuat Kamu Siap Menghadapi Awal Pekan

5 Tips Ini Membuat Kamu Siap Menghadapi Awal Pekan

Bagaimana reaksimu kalau akhir pekan di depan mata? Bagaimana pula reaksimu ketika awal pekan di depan mata? Banyak orang memiliki reaksi yang berbeda dalam menghadapi dua situasi tersebut. Kebanyakan reaksi dalam menghadapi awal pekan biasanya bernada negatif. Berikut ini Ruangguru.com punya tips untuk membuatmu siap menghadapi awal pekan. Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Persiapkan Sebelum Menikmati Libur

Mempersiapkan rencana - awal pekan

Mempersiapkan rencana. (Sumber: askmen.com)

Sebelum menikmati libur akhir pekan, ada baiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu kegiatanmu untuk pekan depan. Rancang tujuan, rencana kerja, dan segala hal yang kamu butuhkan untuk pekan depan. Hal ini perlu kamu lakukan sebelum libur karena harusnya pikiranmu masih ‘tersambung’ dengan tugas dan pekerjaan. Juga, agar kamu tidak langsung ‘terlena’ dengan kegiatan akhir pekan. Dengan begitu, kamu tidak perlu panik atau merasa tidak nyaman saat menyambut awal pekan.

2. Nikmati Libur Berkualitas

menikmati liburan - awal pekan

Menikmati liburan bersama keluarga. (Sumber: faktor.mk)

Jangan habiskan waktu akhir pekan kamu hanya dengan tidur. Manfaatkan akhir pekan untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai dengan produktif dan berkualitas. Coba ikut kegiatan sosial, kursus singkat, menjalankan hobi, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan sebagainya. Hal-hal demikian akan membuat merasa akhir pekanmu sangat menyenangkan, dan berada dalam pikiran yang positif menjelang awal pekan.

3. Review Persiapan Sebelum Tidur Minggu

Review persiapan - awal pekan

Review persiapan. (Sumber: madmid.com)

Setelah kamu beres mempersiapkan rencanamu sebelum libur akhir pekan, lakukan kembali review terhadap rencana itu. Coba bayangkan sejenak bagaimana berjalannya rutinitasmu nanti. Dalam keadaan senang, biasanya akan lebih banyak inspirasi untukmu dalam mengembangkan apapun yang kamu kerjakan agar hasilnya lebih baik. Kamu pun bisa menyambut awal pekan dengan siap dan percaya diri.

4. Tidur Cukup

tidur cukup - awal pekan

Tidur cukup. (Sumber: kompas.com)

Walaupun akhir pekan merupakan waktu bersenang-senang, jangan pula lupakan bahwa kamu butuh istirahat. Tidurlah dengan cukup (tidak berlebihan, seperti yang dijelaskan di poin nomor 2), agar kamu mempunyai cukup energi untuk menyambut awal pekan dengan semangat prima.

5. Sugesti Bahagia

Sambut dengan energi positif - awal pekan

Sambut dengan energi positif. (Sumber: bbc)

Buat sugesti-sugesti positif untuk dirimu sendiri. Baik itu saat mandi, bercermin, atau menjelang tidur. Berkata-katalah pada diri sendiri, “besok akan menyenangkan!”, “pekan depan aku bisa!”, dan lainnya. Hal yang paling mudah dilakukan adalah senyum. Sambutlah pagi di awal pekanmu dengan senyuman lebar. Kalaupun mood kamu sedang kurang baik, memaksakan diri untuk senyum juga akan cukup untuk memberi energi positif ke sekujur tubuhmu.

Awal pekan selalu tiba, setiap 7 hari sekali. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu hindari. Ketimbang mengeluh, lebih baik persiapkan dirimu agar bisa menghadapinya dengan baik, bukan? Apa yang kamu lakukan untuk menyambut awal pekan dengan semangat positif? Berbagi yuk! Tulis di kolom komentar ya, smart buddies. (YM/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.