Krea(k)tif: 6 Cara Biar Kamu Banyak Ide

Krea(k)tif: 6 Cara Biar Kamu Banyak Ide

Pernah gak sih kita melontarkan alasan “aduh, gak ada ide nih. Dia aja, gue gak kreatif orangnya” saat ditanyakan apa yang bisa kita buat untuk tugas kelompok seni. “Orang kreatif” biasanya ditujukan untuk teman kita yang jago gambar atau pinter ngutak-atik aplikasi editing seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw.

Namun, tahukah kamu kalau kreativitas itu dapat dilatih? Well, memang benar sih kalau beberapa orang terlahir dengan talenta seni yang lebih tinggi daripada orang kebanyakan, tapi kalau bicara tentang kreativitas, semua orang pada dasarnya mampu lho untuk menghasilkan ide keren.

Gimana ya caranya? Nah,baca dulu nih 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreativitas sekaligus men-trigger ide-ide kerenmu!

1. Bawa notes kecil kemanapun

Selalu Bawa Notes

Selalu Bawa Notes

Inspirasi bisa datang kapan saja dan kalau tidak segera dicatat, bisa jadi kita lupa nantinya. That’s why selalu sedia notes kecil dan pulpen untuk langsung menuliskan ide yang muncul di kepala kita saat itu.

2. Baca, baca, dan baca

Rajon Membaca

Rajin Membaca

Banyak membaca semakin membuat kita banyak tahu tentang berbagai hal mulai dari fiksi yang bisa mengembangkan imajinasimu hingga kisah sukses satu brand besar tertentu yang pasti bisa menjadi pelajaran baru buatmu

3. Doodle atau mewarnai

Doodling

Doodling!

Tahu kan tren buku menggambar untuk orang dewasa yang belakangan ini semakin banyak dipamerkan di sosial media? Nah, menggambar dan mewarnai memang menjadi salah satu cara untuk memancing otak kita untuk semakin kreatif lho, karena kita memikirkan perpaduan warna apa saja yang akan terlihat bagus.

4. Tanya pendapat adik kita, yuk

Terkadang, kita cenderung memikirkan ide yang spektakuler dan rumit ketika diberi problem tertentu. Yuk coba tanya pandangan adik kecil kita yang cenderung simpel dan tidak terduga. Siapa tahu ada ide menarik dari mereka

5. Me-Time

Luangkan Waktu untuk Me-Time

Luangkan Waktu untuk Me-Time

Yuk mulai eksplor dari daerah tempat tinggalmu, mungkin coffee shop kecil itu ternyata pewe sekali untuk browsing sendirian dan kopinya juga enak. Siapa tahu ada ide masterpiece baru yang muncul dari situ?

6. Mandi!

Ketika kamu mendadak mengubah kamar mandi menjadi ruang karaoke, menurut penelitian, mandi menggunakan air dingin melalui shower juga dapat merangsang otak kamu untuk berpikir kreatif lho! Efek rileks sehabis mandi juga membuat kamu berpikir lebih tenang dan ide kreatif bisa lebih “keluar” deh.

Nah, itu tadi enam cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang mengalami creative-blocks dan perlu untuk memancing ide-ide segar untuk menyelesaikan tugasmu.

Atau kamu punya cara unik sendiri? Share yuk di kolom komentar! ☺

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.