7 Cara Menjawab Pertanyaan "Kapan Lulus?" Saat Lebaran | Blog Ruangguru

7 Cara Menjawab Pertanyaan “Kapan Lulus?” Saat Lebaran

Halo para mahasiswa tingkat akhir! Apa kabar skripsi atau tugas akhir kalian? Masih harus revisi atau sudah selesai? Selamat ya kepada kalian yang sudah berhasil menyelesaikan skripsi atau tugas akhir.

Mengerjakan skripsi atau tugas akhir memang bukan pekerjaan yang mudah. Ganti judul berkali-kali, revisi ini itu, dosen susah ditemui untuk bimbingan, dan berbagai cobaan lainnya memang kerap kali datang menghampiri. Kita memang memerlukan banyak stok kesabaran supaya skripsi atau tugas akhir bisa terselesaikan dengan baik.

Nah, sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Ini adalah momen di mana seluruh anggota keluarga berkumpul. Berbagai pertanyaan-pertanyaan iseng pun kerap kali muncul dari keluarga, termasuk pertanyaan “kapan lulus?”. Bagi yang sudah berhasil menyelesaikan skripsi atau tugas akhir tentunya bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Sedangkan bagi yang belum, pertanyaan ini bisa menjadi sangat menyebalkan untuk didengar.

kapan lulus

Foto: huffpost.com

Daripada kamu bete dan baper saat hari raya, Ruangguru.com mau kasih beberapa tips buat jawab pertanyaan “kapan lulus?”. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban-jawaban seperti berikut ini:

#1. “Doakan saja secepatnya.”

Minta doakan saja pada mereka yang bertanya. Berhubung masih Lebaran nih, suasananya masih religius banget, orang-orang juga masih suci karena telah dihapus dosa-dosanya saat puasa kemarin. Siapa tahu benar-benar dikabulkan sama Tuhan jadi kamu bisa cepat lulus deh.

#2. “Di waktu yang tepat.”

kapan lulus

Foto: pexels.com

Segala sesuatunya membutuhkan waktu, termasuk kelulusan kamu. Setelah menjawab pertanyaan “kapan lulus?” dengan jawaban ini, sebaiknya kamu cepat-cepat pergi ke tempat lain supaya tidak ditanya lebih lanjut lagi.

#3. “Kapan-kapan”

Menjawab pertanyaan menyeramkan tadi dengan jawaban ini adalah cara yang paling tepat. Biasanya orang yang bertanya akan merasa malas untuk bertanya lagi jika sudah mendengar jawaban seperti ini.

#4. “Ya… Setelah skripsi selesai…”

Nah ini adalah jawaban paling logis yang bisa kamu sebutkan. Kamu juga bisa menambahkan jawaban tersebut dengan kalimat ini sambil bercanda, “Makanya bantuin aku supaya bisa cepet selesai dong! Hehe”. Maksudnya sih supaya suasananya tidak terlalu tegang dan orang yang bertanya jadi percaya kalau kamu memang benar-benar berusaha untuk lulus.

#5. Pura-pura amnesia

Sepupu: “Kapan lulus?”

Kamu: “Kamu siapa? Aku siapa? Kita di mana? THR aku mana?”

Kemudian yang bertanya menjadi malas melanjutkan percakapan lagi.

#6. Mengalihkan pembicaraan

kapan lulus

Foto: blogbuildabear

Misalnya yang bertanya tante kamu:

“Eh kamu sekarang udah semester akhir kan? Kapan lulus?”

“Tante udah coba kue nastarnya belum? Coba kaastengels sama putri saljunya juga dong, tante. Enak banget lho buatan mama aku. Udah cobain opor ayamnya juga belum? Wah parah sih, tante bakal rugi banget kalau nggak nyobain. Yuk, yuk sini kita makan bareng aja tante.”

Kemudian tante kamu bakal lupa sama pertanyaannya.

#7. Senyumin aja

kapan lulus

Foto: pexels.com

Daripada buang-buang energi, bingung mau jawab apa, makin ditanya-tanya, marah-marah malah menambah dosa, lebih baik kamu kasih aja senyuman paling manis yang kamu punya. Lagipula bukankah senyum itu adalah ibadah? ☺

Demikian beberapa tips menjawab pertanyaan “kapan lulus?” dari Ruangguru.com. Artikel ini hanyalah hiburan semata. Mau dipraktikkan atau tidak semuanya adalah pilihan kamu. Selamat Lebaran! ☺

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.