10 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar!

Jurusan Sepi Peminat

Masih bingung pilih jurusan? Berikut beberapa jurusan sepi peminat yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu karena peluang kerjanya besar. Yuk, dicek!

 

Bagi kamu yang akan lulus SMA, sudah tahu ingin kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Saat ditanya seperti itu, pasti banyak dari calon-calon mahasiswa yang menjawab ingin masuk jurusan favorit, seperti ekonomi, kedokteran, komunikasi, atau teknik. Padahal, masih banyak loh jurusan dengan prospek kerja luas, tapi masih jarang diketahui dan kurang diminati.

Eits, jangan salah! Meskipun jurusan-jurusan ini sepi peminat, kebanyakan dari lulusannya justru digaji tinggi. Nah, penasaran nggak sih, apa saja jurusan tersebut? Check these out!

 

1. Jurusan Astronomi

jurusan astronomi
Astronomi (Sumber: iitj.ac.in)

Dari namanya, pasti kamu sudah mempunyai bayangan kan akan mempelajari apa di jurusan ini? Yap, kamu akan banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan antariksa. Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya. Tapi, banyak keseruan yang akan kamu dapatkan lho, dengan mempelajari ilmu astronomi.

Di jurusan ini, kamu akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Kamu juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis. Nah, ITB merupakan satu-satunya universitas dengan Jurusan Astronomi di Asia Tenggara, lho. Keren kan?

2. Jurusan Sejarah

Siapa nih yang suka kulik-kulik masa lalu? Hehehe… Di Jurusan Sejarah, kamu akan belajar banyak peristiwa historis, seputar sejarah kuno sebelum masehi, hingga zaman modern abad dua puluhan. Sayangnya, jurusan ini cukup sepi peminat loh karena kurang populer bagi sebagian orang. Selain itu, materi sejarah juga kerap dianggap membosankan bagi siswa.

Berdasarkan data Kemdikbud.go.id, daya tampung Jurusan Sejarah di UGM tahun 2023, ada sebanyak 15 untuk jalur SNBT, namun peminatnya hanya 298 orang. Tidak hanya itu, daya tampung Jurusan Ilmu Sejarah di UI tahun 2023, ada sebanyak 24 untuk jalur SNBT. Tapi, peminatnya juga tidak mencapai 300 orang.

Padahal, ada sejumlah peluang kerja menarik bagi lulusan jurusan ini, loh! Misalnya saja, buat kamu yang suka traveling, kamu bisa jadi tour guide yang mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah di dalam maupun luar negeri. Nah, kalau kamu suka nulis, kamu juga bisa jadi jurnalis khusus rubrik sejarah, penulis buku sejarah, atau script writer film sejarah. Kalau kamu suka mengulik sejarah lebih dalam lagi, kamu bisa jadi seorang peneliti di lembaga pendidikan, balai konservasi dan cagar budaya, lembaga kearsipan, dan masih banyak lagi. Menarik banget nggak, sih?

 

3. Jurusan Kehutanan

“Setelah lulus, kerjanya jadi penjaga hutan ya?”

Eits, jangan salah, kamu tahu kan bahwa Presiden Joko Widodo adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM? Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar, lho. Seperti kamu ketahui, Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas. Tak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

jurusan kehutanan

Peneliti hutan (Sumber: hutanharapan.id)

 

Di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang hutan saja, tetapi kamu akan belajar cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, seperti pengelolaan ekosistem hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan, hingga produktivitas hutan.

Dengan pengetahuan ini, kamu bisa bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan, mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

Baca Juga: 60 Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM, dan UNPAD beserta Daya Tampungnya 

 

4. Jurusan Sastra Jawa

“Kuliah di Jurusan Sastra Jawa, bakal belajar apa, sih? Ngomong bahasa Jawa, gitu ya?”

Ya enggak cuma itu dong! Kamu bakal belajar tentang sastra dan kebudayaan Jawa secara komprehensif juga. Nah, lebih luasnya lagi, kamu bakal mempelajari bidang jurnalistik, penyiaran, kebudayaan, pariwisata, kesenian, hingga kuliner khas Jawa. Cocok banget nih buat kamu yang suka eksplor budaya Indonesia!

Sayangnya, Jurusan Sastra Jawa kurang diminati dengan alasan tidak memiliki banyak peluang karier untuk masa depan. Benarkah begitu? Jawabannya, enggak juga ya. Lulusan Sastra Jawa juga bisa memiliki prospek kerja bagus dengan nominal gaji yang menggiurkan.

Contohnya saja, menjadi tour guide atau pemandu wisata. Di Jawa sendiri, ada banyak tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan dalam negeri maupun asing. Pastinya, ini membuat peluang kerja kamu semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang penerjemah, penulis, hingga tenaga pendidik.

 

5. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang mengacuhkan Jurusan Ilmu Perpustakaan karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku. Duh, salah banget. Jurusan ini akan mengajarkan kamu banyak hal, mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan.  Selain ilmu sosial, kamu juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi.

jurusan ilmu perpustakaan

Pustakawan (Sumber: bernama.com)

 

Prospek kerja setelah kamu lulus dari jurusan ini juga sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller. Seru kan?

Saat ini, universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan juga sudah mulai banyak dan terakreditasi bagus loh, antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, dan UIN.

Baca Juga: Daftar Jurusan Sepi Peminat di IPB, ITB, dan ITS beserta Daya Tampungnya

 

6. Jurusan Matematika

Belakangan ini, sedang populer nih pekerjaan menjadi seorang data analyst, data scientist, atau aktuaris yang gajinya cukup menggiurkan. Tahu nggak sih, kalau kamu masuk Jurusan Matematika, kamu berpeluang untuk terjun ke bidang tersebut, loh! Ini karena, di Jurusan Matematika kamu nggak cuma belajar ngitung saja, tapi juga analisis, keuangan, bahkan koding-kodingan.

Sayangnya, jurusan ini kurang populer di kalangan calon mahasiswa. Masih banyak stigma yang menganggap kuliah di Jurusan Matematika itu susah, jadi lulusnya juga pasti susah. Selain itu, kebanyakan orang juga masih berpikir kalau Sarjana Matematika ujung-ujungnya jadi tutor atau guru di sekolah. Padahal, Matematika merupakan dasarnya sains, sehingga lulusannya bisa terjun ke berbagai bidang, ya.

 

7. Jurusan Oseanografi

“Dari namanya, kayaknya belajar tentang laut ya?”

Bener banget. Walaupun masih asing, Jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan, lho. Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

jurusan oseanografi
Oseanografi (Sumber: aquanauta.hu)

Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Jadi ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Makanya lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Kamu bisa bekerja menjadi oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia, antara lain UNDIP dan ITB.

 

8. Jurusan Filsafat

jurusan filsafat
Patung Socrates (Sumber: epochtimes.com)

Selanjutnya, ada jurusan dengan julukan the mother of sciences, Jurusan Filsafat. Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat. Namun, di jurusan ini kamu bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa menjadi pengajar, penasihat penelitian, content writer, konselor, penasihat negara, atau bekerja di industri kreatif seperti Dian Sastrowardoyo. Keren, kan? Universitas negeri dengan jurusan filsafat adalah UI dan UGM.

Baca Juga: Daftar Jurusan Sepi Peminat di UNAIR, UNDIP, dan UB beserta Daya Tampungnya

 

9. Jurusan Arkeologi

jurusan arkeologi
Arkeolog (Sumber: celebritynetworth.com)

Well, arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan. Selama kuliah, kamu akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain. Kamu akan belajar dan menganalisa berbagai barang peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga artefak.

Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda-benda bersejarah, atau bahkan kamu mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri. Seru kan? Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, UNHAS, Udayana, Universitas Jambi, dan Universitas Halu Oleo.

 

10. Jurusan Antropologi Sosial

jurusan antropologi

Antropolog (Sumber: nrc.nl)

 

Last, but not least adalah Jurusan Antropologi Sosial. Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini cukup unik dan menarik, yaitu hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka dengan budaya dan hubungan antar manusia.

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti, antropolog, pengajar, wartawan PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas yang membuka jurusan ini antara lain UI, UGM, UNAIR, Unpad, Undip dan Unibraw.

Nah, itu dia beberapa jurusan sepi peminat, tapi punya peluang kerja yang besar dan beragam. Gimana? Masih mau menganggap remeh jurusan-jurusan tadi? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang agar dapat diterima di jurusan impian! Ingin tahu caranya? Sekarang, kamu bisa belajar online dengan menonton video di ruangbelajar. Seru kan? Yuk, segera daftarkan dirimu!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber foto:

Peneliti hutan [daring]. Tautan: https://hutanharapan.id/en/pt-reki-unja-sepakati-kerja-sama-penelitian-hutan-tropis-2/ (Diakses: 2 November 2021)

Pustakawan [daring]. Tautan: https://www.bernama.com/bm/am/news_covid-19.php?id=1848608 (Diakses: 2 November 2021)

Antropolog [daring]. Tautan: https://www.nrc.nl/nieuws/2013/09/30/antropoloog-in-het-veld-is-nu-goed-te-volgen-1300218-a1297450 (Diakses: 2 November 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D