Ruangguru Blog

    7 Rekomendasi Situs Belajar Online. Mana Andalanmu?

    By Ruangguru · Aug 16, 2017

    Teknologi yang semakin canggih, membuat #BelajarJadiMudah ya, Smart Buddies. Tidak hanya di sekolah atau di tempat les saja, saat ini kita bisa mendapatkan ilmu dan belajar dari mana saja. Banyak sekali lho situs belajar online yang dapat digunakan. Kamu bisa belajar apa saja, mulai dari pelajaran sekolah, hingga ilmu pengetahuan umum lainnya. Bahkan, banyak juga dari situs online ini yang gratis lho! Seru kan? Nah, langsung aja simak 7 rekomendasi situs belajar online berikut. Keep scrolling!

    1. Coursera
    belajar online - coursera Coursera (Sumber: skilledup.com)

    Pernah mendengar tentang Coursera? Coursera merupakan sebuah kelas online yang disediakan oleh beberapa Universitas dunia, seperti Oxford, John Hopkins University, Stanford, UC San Diego, dan lainnya. Melalui Coursera, kamu bisa mengikuti belajar apapun pelajaran kuliah yang kamu inginkan. Subjek yang disediakan juga sangat beragam, lho. Mulai dari musik, kedokteran, psikologi, hingga fotografi. Setiap kelas ini dapat diikuti dalam jumlah massal, bahkan hingga puluhan ribu peserta.

    Nah, sebagian besar kelas yang ada di Coursera gratis karena ditujukan untuk memperluas akses pendidikan di seluruh dunia. Namun, ada juga beberapa course yang berbayar jika kita ingin mengikuti materi secara lengkap dan mendapatkan sertifikat. Tertarik? Langsung aja kunjungi coursera.org.

    2. Khan Academy
    belajar online - Khan Academy Khan Academy (Sumber: khanacademy.org)

    Khan Academy sudah didirikan sejak tahun 2006 dan termasuk situs belajar online tertua di internet. Khan Academy menawarkan video belajar dan latihan yang dapat memudahkan pembelajaran para penggunanya. Melalui platform ini, kamu bisa belajar matematika sesuai dengan pengelompokkannya, seperti misalnya Aritmatika, Geometri, Kalkulus atau Trigonometri. Materinya juga sudah dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, lho. Ada juga materi untuk persiapan ujian SAT, MCAT atau GMAT. Namun, setelah menyelesaikan suatu course, Khan Academy tidak memberikan sertifikat. Tapi jangan khawatir, semua materi pelajaran dapat kamu pelajari secara gratis. Yuk, cek di khanacademy.org.

    3. edX
    belajar online - edX edX (Sumber: blogspot.co.id)

    edX merupakan hasil kerjasama dari dua universitas terkenal, yaitu Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012. Nah, berbeda dengan situs belajar online lainnya, edX dikelola oleh universitas dengan prinsip non-profit dan open source. Apa sih maksudnya? Jadi, di sini siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs belajar online-nya sendiri.

    Terdapat sekitar 1038 materi pelajaran yang dapat kamu akses secara gratis di edX, mulai dari TOEFL Preparation, seni & budaya, hingga arsitektur. Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan Verified Certificate setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan. Yuk, daftar di edx.org.

    4. Alison
    belajar online - Alison Alison (Sumber: alison.com)

    Nah, situs yang satu ini termasuk pelopor dari situs belajar online gratis di dunia, lho. Alison dibuat pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah mempunyai lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari beragam institusi seperi Microsoft, Google dan berbagai universitas terkemuka dunia lainnya. Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Perbedaan antara keduanya adalah Diploma Courses membahas materi dengan lebih mendalam dan sertifikat hanya tersedia dalam bentuk cetak. Berminat? Kamu bisa coba di alison.com.

    5. Udemy
    belajar online - Udemy Udemy (Sumber: makeuseof.com)

    Udemy merupakan situs belajar online asal San Fransisco yang diluncurkan pada tahun 2009. Di sini kamu bisa menyalurkan kemampuanmu dengan mengunggah video tutorial atau yang biasa disebut kursus. Nah, mereka yang mengakes tutorial ini dinamakan ‘Students’, sedangkan para pengunggah kursus disebut ‘Instructor’.

    Kelebihan dari Udemy adalah kamu tidak hanya bisa membagi kemampuan dalam video, tetapi para Instructor juga bisa mempublikasikan kemampuannya melalui slide document, audio, course text, text document dan mashup. Untuk para Students, banyak banget lho kursus yang bisa kamu coba, mulai dari membuat website, belajar programming, marketing, hingga parenting. Menarik ya? Langsung klik aja di udemy.com.

    6. Cozora
    belajar online - Cozora Cozora (Sumber: blogspot.co.id)

    Cozora merupakan perusahaan teknologi bidang pendidikan asal Indonesia yang dirilis pada Januari 2016. Terdapat dua layanan yang diberikan oleh Cozora. Pertama adalah Cozora Startup Lab. Nah, layanan yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin membuat startup karena di sini kamu bisa mengikuti serangkaian kelas online mengenai startup. Layanan yang kedua adalah Cozora Live. Layanan yang diberikan pada Cozora Live adalah fasilitas sharing melalui teknologi live cast atau live streaming. Layanan ini dapat digunakan oleh individu, organisasi, komunitas, ataupun perusahaan. Seru kan? Cek sekarang di cozora.com.

    7. Ruangguru
    belajar online - ruangguru Ruangguru (Sumber: ruangguru.com)

    Pertama kali diliris pada April 2014, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang pendidikan. Apa saja sih layanan yang disediakan oleh Ruangguru? Di sini kamu bisa berlangganan video belajar, mencari tutor privat, tryout ujian online, grup belajar online, dan lainnya. Wah, menarik banget ya.

    Ruangguru sudah mempunyai lebih dari 27.000 guru yang menawarkan jasa lebih dari 100 bidang pelajaran dan 2.5juta pengguna, lho. Keren kan? Ayo, kamu sudah pakai produk Ruangguru belum? Yuk, langsung cek website Ruangguru atau download aplikasinya untuk Android dan iOS. Karena dengan ruangguru #BelajarJadiLuarBiasa.

    Tertarik untuk mencoba salah satunya, Smart Buddies? Situs belajar online tentunya dapat mempermudah proses belajar kamu di mana dan kapan saja. Hayo, untuk kamu yang kelas 9 atau 12 sudah melakukan persiapan yang maksimal belum menjelang UN? Yuk, ikutan grup belajar online dengan teman-teman dari seluruh Indonesia di Ruangguru Digital Bootcamp (RGDB). Buruan daftar sekarang! (SA)

    Share this:

    Tags: study tips

    Leave a Reply

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!