7 Strategi Manajemen Waktu Saat Mengerjakan Ujian Nasional | Blog Ruangguru

7 Strategi Manajemen Waktu Saat Mengerjakan Ujian Nasional

Ujian Nasional kembali tiba. Apa sih yang membuat ujian itu seakan-seakan menyeramkan? Bisa jadi karena jumlah soal yang harus diselesaikan dengan waktu terbatas. Bayangkan saja, hasil belajar selama beberapa tahun diuji dalam hitungan jam saja. Eits, tenang saja, smart buddies. Semua bisa dihadapi kok asal tahu strateginya. Nah, kira-kira gimana ya cara manajemen waktu agar bisa menyelesaikan semua soal dengan baik? Berikut Ruangguru ulas spesial untuk kalian. Simak yuk!

manajemen waktu - Mengatur waktu saat mengerjakan ujian

Mengatur waktu saat mengerjakan ujian. (Sumber: indiaeducation.net)

1. Tenangkan diri

Gugup dan deg-degan adalah hal wajar selama menghadapi ujian. Akan tetapi, jangan biarkan kegugupan itu menguasai dirimu terlalu lama. Tarik nafas dalam, dan hembuskan perlahan dapat membantumu agar lebih tenang saat mengerjakan.

2. Menit-menit awal, gunakan untuk memeriksa soal

Sebelum mulai mengerjakan, pastikan seluruh lembar soal sudah kamu terima semua. Tulis semua kelengkapan identitas yang diperlukan. Sambil memeriksa kelengkapan soal dan identitas, tandai soal-soal yang menurutmu mudah. Dari sekian jumlah soal, pasti beberapa sudah familiar dikerjakan ketika tryout, kan? Jika kamu mengerjakan soal-soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu, tentu akan mempercepat pengerjaan. Nah, ini bisa menjadi acuan dari mana kamu mulai mengerjakan soal.

3. Bagi waktu

Ujian terkesan menyeramkan karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan dibatasi. Jika waktu tersedia 120 menit untuk 40-50 soal, berarti kamu punya waktu maksimal 3 menit untuk mengerjakan tiap soal. Taruhlah 3 menit tersebut sebagai waktu maksimal untuk soal-soal yang rumit. Lalu, untuk soal dengan kategori mudah kamu patok 1-2 menit. Setelah soal-soal mudah sudah terjawab, mulai kulik soal yang lebih rumit.

4. Tahu waktu

Hal yang perlu diingat, kamu tidak harus menghabiskan 3 menit untuk menyelesaikan 1 soal, lho. Semakin cepat menuntaskan soal mudah, semakin banyak sisa waktu untuk mengulik soal lebih rumit.

 - membawa penunjuk waktu

Membawa penunjuk waktu. (Sumber: lifehack.org)

Membawa jam tangan ke ruang ujian dapat membantu kamu mengetahui waktu. Dengan demikian, kamu tidak perlu menoleh ke jam dinding terlalu sering. Bila risih mengenakan jam tangan, letakkan saja di meja kamu.

5. Move on!

Tiga menit menekuni 1 butir soal, kamu belum juga menemukan jawaban? Lewati dulu saja. Terkadang, soal yang kamu anggap mudah memerlukan pengerjaan yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, jangan terlena. Beranjaklah dahulu ke soal berikutnya. Bila waktu masih memungkinkan, kembali kulik soal yang belum tuntas.

6. Jangan terburu-buru

Ruang ujian tak jarang membuat kita tegang. Tapi bukan berarti kamu jadi terburu-buru keluar ruangan ya. Coba cek kembali lembar kerjamu. Apakah semua jawabanmu sesuai dengan soal yang dimaksud? Beberapa kesalahan terjadi karena kita tergesa-gesa, lho.

7. Manfaatkan 10 menit terakhir

- Cek kembali lembar jawabmu

Cek kembali lembar jawabmu. (Sumber: english.iau.ac.ir)

Menjelang waktu pengerjaan habis, cek kembali lembar jawabmu. Setiap identitas sudah terisi dengan benar, semua soal sudah terjawab, dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Itulah tujuh tips untuk memaksmalkan waktumu dalam mengerjakan ujian. Selamat mengerjakan dan semoga sukses, smart buddies! (NM/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.