Anak IPA? Yuk Pelajari 8 Jurusan Teknik Ini

Kamu Anak IPA dan Mau Ambil Jurusan Teknik? Yuk Pelajari 8 Jurusan Teknik Ini!

Kamu anak IPA? Untuk yang masih bingung memilih jurusan apalagi mau jadi anak teknik, yuk, kita perdalam lagi mengenai jurusan-jurusan teknik yang bisa dipilih! Jangan sampai kita memilih jurusan teknik tertentu hanya karena terdengar ‘keren’ saja ya, tetapi juga harus sesuai dengan minat maupun kemampuanmu!

Jangan sampai kita memilih jurusan teknik tertentu hanya karena terdengar ‘keren’ saja ya, tetapi juga harus sesuai dengan minat maupun kemampuanmu!

Kira-kira jurusan teknik apa ya yang cocok? Yuk, mari kita bahas bersama! Dimulai dari jurusan……..

1. Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan

Bisa bekerja di oil company memang selalu menggiurkan. Terlebih lagi dengan standar gaji yang terbilang tinggi bila dibandingkan dengan industri lainnya. Tapi perlu diketahui pula, meski gajinya terbilang tinggi namun resiko yang dimiliki bidang ini juga besar lho! Apalagi kalau kita akan ditempatkan di lapangan, resiko keselamatan yang menjadi taruhan.

Di Teknik Perminyakan, nantinya kita akan mempelajari bagaimana cara menambang fluida, yaitu cairan dan gas. Kegiatan ini meliputi proses pengeboran, eksplorasi, distribusi maupun ekonomi migas.

Apabila kamu berencana mengambil jurusan ini, siapkan kemampuan dalam pelajaran Fisika dan Matematika yang kuat ya! Karena akan banyak dasar dari kedua ilmu ini yang akan diterapkan. Pelajaran lain yang berkaitan, yaitu Kimia dan juga Geologi dasar.

2. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Sebelum salah kaprah karena jurusan ini menggunakan kata “sipil”, bukan berarti nantinya kita akan bekerja sebagai pegawai negeri sipil atau di catatan sipil kok! Hihi. Di jurusan ini, kita akan mempelajari mengenai perencanaan, pembangunan, termasuk peningkatan infrastruktur bangunan sipil.

Apa saja bangunan sipil itu? Yang termasuk bangunan sipil, diantaranya gedung sekolah, rumah sakit, jalan raya, jembatan, bendungan, dan lainnya. Berhubung bangunan ini untuk kepentingan bersama, maka dari itu dalam pembangunannya juga memperhatikan dampak terhadap masyarakat maupun lingkungan di sekitarnya. Jadi, kita akan dituntut untuk bisa membuat rencana jangka panjang yang matang nih.

3. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin

Hidup kita, setiap harinya tidak pernah terlepas dengan mesin, misalnya ketika kita mau bepergian pasti menggunakan motor, mobil, atau transportasi umum, seperti bus dan kereta. Semua ini memudahkan kehidupan kita bukan? Nah, manfaat yang sudah kita nikmati itu merupakan inovasi dari ilmu Teknik Mesin.

Di jurusan ini kita akan mempelajari mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Sistem mekanik meliputi kendaraan, pesawat, mesin industri, peralatan elektronik rumah tangga, dan lainnya. Jadi persiapkan diri untuk mengotak-atik mesin ya! Hehe.

Apabila ingin mengambil jurusan ini, maka kita harus mengasah kemampuan di pelajaran Fisika dan Matematika karena kedua pelajaran ini akan menjadi dasar untuk memahami keteknikan mesin. Gimana? Apakah kamu menguasai kedua pelajaran tersebut?

4. Teknik Industri

Jurusan Tekinik Industri

Jurusan Tekinik Industri

Teknik Industri sebenarnya adalah turunan dari Teknik Mesin. Menariknya jurusan ini,  kita tidak hanya mempelajari ilmu teknik saja, tetapi juga belajar manajemen. Jadi kita tidak mempelajari teori yang bersifat teknis saja, tetapi juga bagaimana mengatur sistem produksi dalam sebuah industri agar dapat berjalan secara produktif, efektif dan efisien. Hal ini tentunya menuntut kita untuk memiliki kemampuan analisa maupun kemampuan menyelesaikan masalah yang bagus.

Jurusan ini akan terbagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem industri, dan tekno ekonomi. Kalau kita ingin mempelajari banyak hal sekaligus, maka Teknik Industri bisa jadi pilhanmu!

5. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro

Kamu menyukai teknologi robot? Reaksi pertama ketika melihat kecanggihan robot tuh langsung bikin terkagum-kagum! Apakah pernah terlintas dipikiran untuk bisa menciptakan sebuah robot kreasimu? Kalau iya, berarti kamu bisa memilih jurusan Teknik Elektro!

Meski di jurusan ini tidak hanya mempelajari perakitan robot secara spesifik, tetapi kita bisa mendalami pengetahuan dalam pengembangan elektronik dan mekanik yang bisa menjadi dasar untuk merakit robot lho! Selain itu, kita juga akan mempelajari telekomunikasi, seperti sinyal, komputer, sistem kendali maupun optik. Jadi, akan banyak hal yang dipelajari! Kalau mau ambil jurusan ini, perkuat kemampuan di pelajar Fisika dan Matematika ya, karena akan terpakai sekali di jurusan ini.

6. Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan

Kamu mengaku cinta lingkungan? Kalau kamu memang peduli dengan lingkungan maka jurusan Teknik Lingkungan bisa kamu pilih nih! Dengan mengambil jurusan ini, kita akan mempelajari bagaimana cara menyelesaikan masalah lingkungan dengan pendekatan teknologi baik melalui tindakan kuratif (penyembuhan) maupun preventif (pencegahan).

Selain itu, kita juga akan memantau kinerja sebuah industri terhadap dampaknya pada kesehatan lingkungan. Hal ini dengan memantau pengelolaan kualitas air, sistem pembuangan limbah dan daur ulang, pengendalian pencemaran, maupun sanitasi lingkungan. Jadi buat kamu yang cinta lingkungan, tidak hanya sekedar mengetahui isu lingkungan saja tetapi juga bisa menganalisis bahkan penelitian untuk isu yang ada. Great!

7. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia

Saat pertama kali mendengar Teknik Kimia, mungkin yang terlintas dalam pikiran kamu yaitu mendalami pelajaran Kimia saja. Eits, jangan salah! Meski mempunyai nama Teknik Kimia, tetapi di jurusan ini kita akan mendalami pelajaran Fisika juga lho!

Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan belajar untuk perancangan pabrik. Merancang di sini memiliki artian kita yang akan merancang berbagai proses pabrik, mulai dari reaksi dalam reaktor untuk menghasilkan produk yang diharapkan, sistem penggunaan sumber daya, dan lainnya. Pabrik ini bisa berbagai macam, mulai dari pabrik kimia, bioproses, maupun makanan.

Apa saja yang dikerjakan anak Teknik Kimia? Contoh sederhananya, apakah kamu suka keju, yoghurt atau roti? Nah, yang bertanggung jawab atas proses fermentasi dari makanan tersebut adalah lulusan jurusan ini. Selain makanan, di jurusan ini juga akan menentukan proses pemurnian minyak bumi dan gas alam, proses produksi bensin, solar maupun biofuel.

8. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Punya cita-cita untuk menjadi Programmer? Atau bahkan ingin menjadi Game Developer? Kamu bisa mencapai mimpi itu dengan memilih jurusan Teknik Informatika! Di jurusan ini kita akan belajar tentang perangkat, sistem, transformasi data maupun informasi pada sebuah mesin yang berbasis komputer. Jadi harus betah ya untuk terus duduk di depan komputer! Hihi.

Dengan terus berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, tentu membuat lulusan jurusan ini diperebutkan di perusahaan teknologi. Apabila kamu memilih jurusan ini, harus selalu siap untuk dituntut terus update setiap perkembangan teknologi terbaru ya. Hukumnya wajib nih!

Yap, itulah jurusan yang bisa dipilih apabila kamu ingin menjadi anak teknik. Bagaimana? Apakah sudah menemukan yang paling sesuai dengan minat? Jurusan apa yang paling menarik untukmu?

Semoga setelah mempelajari mengenai berbagai jurusan teknik, bisa membuat kamu lebih bijak dalam menentukan pilihan ya. Goodluck all! 😀

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.