Coba 8 Kegiatan Ini Untuk Menambah Uang Jajan Ketika Liburan, Yuk! | Blog Ruangguru

Coba 8 Kegiatan Ini Untuk Menambah Uang Jajan Ketika Liburan, Yuk!

Kamu sudah punya rencana apa untuk liburan? Kalau belum, biasanya kamu malah uring-uringan karena tidak ada kegiatan. Alhasil, berakhir di depan televisi menonton sepanjang hari. Jika dijalankan setiap hari selama libur berlangsung tentu akan jengah juga. Mending kamu coba 8 kegiatan di bawah ini agar liburmu lebih produktif dan menyenangkan. Psst, bisa menambah uang jajan pula. Apa saja ya? Keep reading, smart buddies.

1. Mulai usaha

Ketika libur tiba, kamu bisa mulai memanfaatkan waktu luang untuk memikirkan bisnis apa yang kira-kira bisa kamu jalankan. Kalau masih terlalu takut untuk memulai suatu bisnis sendiri, kamu bisa mulai dengan menjadi reseller kok. Jual aksesoris untuk gadget, pakaian, atau makanan. Selain itu, bisa coba buka jasa cuci sepatu, cuci motor/mobil, atau jual hasil karyamu sendiri.

Buka usaha cuci mobil

Buka usaha cuci mobil. (Sumber: kansascity.com)

Kamu bisa memasarkan melalui media sosial lho. Gratis dan praktis! Namun bukan berarti asal-asalan ya. Kamu juga harus punya taktik khusus agar menarik minat para calon customer. Pastikan gambar yang kamu tampilkan di halaman media sosial resolusinya tinggi. Sebagai customer pertama, berilah sampel/coba gratis ke teman-teman dan kenalanmu, kemudian minta testimoni akan barang/jasa yang kamu jual. Siapa tahu, bisnis yang kamu ciptakan tidak hanya bermanfaat bagi dirimu sendiri, tapi juga orang lain.

2. Manfaatkan hobi

Hobi membuat kue

Hobi membuat kue. (Sumber: telegraph.co.uk)

Hobi apa yang selama ini kamu geluti? Nah, bisa dijadikan peluang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah nih, smart buddies. Misalnya kamu senang membuat dessert, DIY (Do It Yourself) project, melukis, semua bisa kamu jadikan bisnis. Coba tawarkan diri untuk membuat kue bagi temanmu yang ingin memberikan kue ulang tahun ke ibunya. Jika mereka suka hasil buatanmu, tidak lama lagi pasti cerita mengenai kepandaianmu membuat kue akan tersebar ke mana-mana. Percayalah, cerita dari mulut ke mulut adalah cara pemasaran paling ampuh dan tidak memakan biaya.

3. Guru Privat

Menjadi guru privat

Menjadi guru privat. (Sumber: londonprivatetutor.com)

Apa kamu mendalami suatu bidang tertentu? Misalnya saja kamu jago hitung-hitungan, bahasa asing, menyanyi, alat musik, dan sebagainya. Kamu bisa jadi guru privat selama liburan lho. Pekerjaan ini bisa jadi sangat menyenangkan bagi kamu yang hobinya mengajar. Coba saja tawarkan ke tetangga, saudara, atau teman-temanmu. Sebagai permulaan, berikan harga yang ramah kantong. Kalau mereka sudah suka pelayanan dan cara kamu mengajar, mereka tidak akan ragu mempromosikanmu dan memberimu bonus lho! Selain dapat uang jajan tambahan, pahalanya tidak tanggung-tanggung lho karena membantu mencerdaskan bangsa.

Kalau kamu bertepatan sedang mengunjungi negeri orang, bisa juga menjadi guru Bahasa Indonesia di sana. Atau, setidaknya mengajar kebudayaan Indonesia, misalnya tarian.

4. Reparasi alat elektronik

Siapa yang suka mengutak-atik elektronik yang sedang rusak? Namun sayangnya, hobi ini tidak sempat terlaksana dengan leluasa karena kesibukan ini dan itu. Akhirnya, tertumpuk jadi rongsokan di pojok ruangan. Sayang sekali, kan? Nah, liburan adalah saat yang tepat untuk membereskan itu semua.

Mereparasi elektronik

Mereparasi elektronik. (Sumber: pcclinic-ashby.com)

Manfaatkan keahlian ini untuk mendapat penghasilan tambahan dengan cara menawarkan jasamu pada orang lain. Mulai dari tetangga, saudara, dan teman-teman. Pasarkan juga melalui internet ya. Lumayan lho sekalian melatih skill-mu dalam memperbaiki elektronik, hehe.

5. Tour guide

Ketika turis datang untuk berlibur, umumnya mereka akan kesulitan mencari tempat-tempat wisata. Hal ini bisa kamu jadikan peluang saat musim liburan tiba dengan menjadi tour guide, smart buddies.

Menjadi tour guide

Menjadi tour guide. (Sumber: iacpublishinglabs.com)

Tidak harus melamar pekerjaan di travel agent tertentu kok, kamu coba datangi para wisatawan dan tawarkan dirimu untuk jadi tour guide pribadi mereka. Keuntungannya banyak dari pekerjaan ini. Selain dibayar, kamu juga bisa jalan-jalan gratis, melatih penggunaan bahasa asing (jika dapat turis asing), dan menambah kenalan. Kurang menyenangkan apa coba?

6. Freelance

Keuntungan dari pekerja lepas atau freelance adalah tidak terpatok pada waktu yang panjang. Jadi, kamu bisa manfaatkan waktu liburan singkat dengan tetap produktif. Jadi event organizer, penyanyi atau pemusik di kafe atau untuk event tertentu, fotografer, desainer, dan sebagainya.

7. Blogger

Kini, blogger adalah suatu pekerjaan lho! Dengan modal cerita dan internet, kamu bisa menghasilkan uang. Kamu bisa tulis cerita perjalananmu selama liburan. Mulai dari menulis itinerary, tempat wisata tersembunyi, penginapan murah, trik mendapat tiket harga ekonomis, dan sebagainya. Kamu ulas selengkap dan sejelas mungkin agar banyak yang membaca.

8. Barista

Menjadi barista di kafe langganan

Menjadi barista di kafe langganan. (Sumber: mycafesupplies.com)

Hayo, anak muda pasti hobinya nongkrong. Daripada nongkrong tidak menghasilkan uang, kenapa kamu tidak coba melamar jadi barista di kafe langgananmu? Kamu bisa puas berlama-lama menikmati suasana kafe, meracik sendiri kopi favoritmu, dapat kenalan baru, ilmu baru, dan uang tambahan. Seru sekali, bukan? Jadi barista biasanya dibagi per-shift kok, jadi jangan takut waktumu habis di kafe ya.

Well, itulah

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.