Ruangguru Blog

    9 Cara Sukses Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai

    By Ruangguru · Mar 7, 2017

    Sebagai pelajar, pasti ada kalanya kamu tidak suka dengan satu atau dua mata pelajaran. Alasannya pun sangat beragam. Sulit dimengerti, terkesan membosankan, atau bahkan karena kurang suka dengan cara mengajar gurunya. Kesulitan-kesulitan ini terbilang wajar, smart buddies. Dari sekian banyak asupan mata pelajaran yang kamu terima di sekolah, ada kemungkinan beberapa pelajaran jadi sebuah kendala. Eits, akan tetapi harus dicari solusi untuk mengatasinya. Se-tidak suka apapun kamu, tetap harus kamu lalui agar bisa lulus, kan? Coba praktikkan 9 cara berikut yuk!

    1. Variasi

    Coba berbagai macam variasi metode belajar dan temukan tipe belajar yang paling cocok. Misalnya hari ini menggunakan flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat. Selain itu, mengubah lokasi belajar pun dapat berpengaruh lho, smart buddies. Pasalnya, suasana baru akan memunculkan semangat baru. Psst, tetap cari lokasi yang kondusif untuk belajar ya, misalnya taman, museum, dan sebagainya. Jangan sampai malah menimbulkan lebih banyak distraksi.

    2. Celah

    Bagi pelajaran yang dirasa sulit, kamu perlu mencari ‘celah’-nya. Carilah pola belajar atau mengerjakan soal dengan cara yang mudah kamu pahami. Setelah menemukan celahnya, pasti ke depannya akan terasa lebih ringan. Ingat deh, ketika kamu dulu belajar mengendarai sepeda, motor, bahkan mobil. Di tahap awal, kamu pasti merasa kesulitan, harus menjaga keseimbangan, lihai mengukur sudut kiri dan kanan, dan sebagainya. Namun, ketika kamu sudah tahu celahnya, semua jadi lebih mudah, bukan? Sama halnya dengan mata pelajaran.

    3. Limit your session

    Mata Pelajaran - Beri jeda 5 menit Beri jeda 5 menit. (Sumber: tekrevue.com)

    Kondisinya saat ini, kamu tidak suka dengan mata pelajaran tersebut. Oleh sebab itu, kamu jangan terlalu memaksakan diri agar segera suka. Semua harus dilakukan perlahan, melalui berbagai proses jatuh dan bangun. Dalam setiap sesi belajar, lakukan sepanjang 30 menit, lalu beri jeda, dan lanjutkan lagi 30 menit, begitu seterusnya. Jadi, tidak dipaksakan langsung 2 jam setiap sesinya.

    4. Nikmati proses

    Mata Pelajaran - Stres karena terlalu memaksakan diri Stres karena terlalu memaksakan diri. (Sumber: sciencenewsforstudents.com)

    Harus tetap mempelajari dan memahami mata pelajaran yang tidak disukai jelas kurang menyenangkan. Kamu berada dalam situasi tidak nyaman. Tapi, situasi seperti ini jugalah yang akan membawamu menjadi sosok yang lebih baik. So, jangan terlalu fokus ke hasil akhirnya akan seperti apa. Bahkan, kamu tidak perlu stuck terlalu lama jika memang belum ada improvement. Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah tuntaskan belajarmu sampai selesai. Don’t try too hard, smart buddies. Also, don’t stress about the results.

    5. Terima emosi negatif

    Maksudnya? Kamu harus santai dan mencoba  dalam menjalani masa-masa sulit ini. Ingat, tidak usah memaksakan diri untuk segera keluar dari emosi negatif. Semakin dipaksa, maka akan semakin sulit juga ada kemajuan. Rasakan dan nikmati setiap kesulitan yang kamu hadapi.

    6. Moment of yourself

    Pejamkan mata, tarik nafas dalam dengan teratur, lalu coba renungkan apa saja yang sudah kamu lakukan. Ingatlah kata-kata motivasi yang membangkitkan semangatmu. Lakukan tahap ini ketika kamu sedang stuck. Kamu akan merasa tenang setelahnya. Agar proses berjalan lancar, kamu harus selalu memulai belajar dengan mindset positif. Jika dari awal sudah terbentuk mindset negatif, maka kamu akan semakin malas mulai menyukai pelajaran tersebut.

    7. Musik

    Di sela-sela break, putarlah musik yang membangun mood untuk belajar. Kemudian, bangkit dari dudukmu, dan berjalanlah ke sekeliling ruangan. Keluar sejenak dan hiruplah udara segar. Cara ini akan merilekskan pikiranmu dan mengurangi emosi yang mengganggu.

    8. Mengelus binatang

    Mata Pelajaran - Belajar dengan binatang peliharaan Belajar dengan binatang peliharaan. (Sumber: pinterest.com)

    Mempelajari materi yang tidak disukai bisa memicu stres. Jika kamu stres, maka otak pun tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Lalu, apa hubungannya dengan mengelus binatang? Coba deh belajar sambil mengelus binatang peliharaanmu. Penelitian ini berasal dari hasil program membaca cepat yang diadakan sebuah perpustakaan di Ontario, Kanada. Siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ditemani anjing, terbukti lebih lancar membaca. Selain itu, hal ini juga dipraktikkan oleh sejumlah mahasiswa Hukum di GMV Law School, Virginia, Amerika. Psst, kalau kamu tidak punya binatang peliharaan, atau  binatang peliharaanmu agak tidak memungkinkan untuk disentuh, kamu bisa gunakan boneka binatang kok sebagai pengganti. Bagi kamu yang kurang suka pelajaran hafalan, bisa dicoba nih, smart buddies.

    9. Tutor

    Jika kamu tidak menyukai suatu pelajaran karena konsepnya, mungkin yang kamu butuhkan adalah seorang tutor seperti guru privat. Umumnya, guru privat selalu punya cara beda dari yang diajarkan di sekolah dan lebih mudah dipahami. Selain itu, guru privat hanya akan terfokus padamu untuk membimbingmu dari kebingungan sampai mengerti.

    Setelah kamu melalui berbagai cara, menghadapi segala kesulitan, dan berhasil menyelesaikan dengan tuntas, dirimu patut dihargai. Beri reward sederhana untuk dirimu sendiri agar semangatmu pun kian bertambah.

    Semoga beberapa cara di atas bisa membantumu ya, smart buddies. Agar termotivasi, baca dulu kisah seorang guru Matematika yang dulunya sangat benci pelajaran hitung-hitungan tersebut di sini. Yuk, semangat! (TN)

    Share this:

    Tags: Belajar Cerdas, study tips

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!