Ruangguru Blog

    Aktivitas Setelah UN yang Dapat Mengarahkan Kesuksesanmu

    By Ruangguru · Apr 7, 2016

    Minggu ini, siswa SMA yang melaksanakan Ujian Nasional PBT telah menyelesaikan ujian, tetapi ada pula siswa yang belum berakhir masa ujiannya karena melaksanakan UN BK. Bagi mereka, masih ada 2 hari tersisa di minggu yang akan datang.

    Perasaan lega, gembira, dan merasakan aroma kebebasan terhempas dalam diri. Bahkan tak jarang juga yang merayakan selesainya UN ini. Ups, tunggu dulu! Masa ujian memang sudah berakhir, beban sudah mulai berkurang, tapi jangan lupa bahwa kamu masih menunggu hasil kelulusan, lho!

    Tidak perlu sedih atau takut. Untuk mengisi waktu luang selama menunggu hasil kelulusan, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas ini supaya semua hal yang dilakukan lebih bermanfaat dan terencana untuk masa depan. Check it out!

    Bersyukur dan banyak berdoa

    Hal pertama dan paling utama adalah bersyukur atas terlaksananya UN dengan lancar. Mensyukuri segala nikmat yang telah dijalani adalah hal paling sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap siswa. Dengan bersyukur, berdoa, dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, kamu akan lebih siap menerima hasil kelulusan. Rasa syukur akan membawamu lebih dekat ke harapan untuk lulus dengan nilai tinggi dan mendapatkan tempat kuliah sesuai keinginan.

    Persiapan ujian masuk perguruan tinggi

    Meskipun UN baru saja berakhir, bukan berarti kamu mengabaikan mimpi untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi. Masih ada seleksi tulis seperti SBMPTN, SIMAK UI, dan seleksi ujian mandiri lainnya yang bisa kamu ikuti. Mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk dengan banyak belajar, latihan soal, ataupun mengikuti program intensif di bimbingan belajar bisa jadi solusi untuk mencapai tujuan perguruan tinggi dan jurusan yang kamu dambakan.

    Aktif di berbagai kegiatan sosial

    Selain mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, kamu juga bisa mengembangkan jiwa sosialmu di berbagai kegiatan sosial ataupun organisasi lainnya. Mengikuti organisasi sosial dapat melatih jiwa kepemimpinan kamu atau pun menambah pertemanan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat ketika kamu kuliah dan mencari kerja nanti.

    Mengembangkan hobi

    Jika selama masa persiapan UN kemarin hobimu sempat terhambat dan terhenti, ini saat tepat untuk mengembangkannya kembali. Menjalankan hobi bisa menjadi sarana refreshing dari kepenatan selama ujian. Selain itu, hobi sekaligus passion kamu ini bisa menjadi alternatif pilihan jurusan di perguruan tinggi. Tidak ada salahnya lho berbakat dan sukses dari hobi.

    Kursus Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya

    Menguasai Bahasa Inggris adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pelajar saat ini. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris sering menjadi bahasa pengantar dalam dunia perkuliahan dan juga dunia kerja. Bahkan, buku-buku pedoman kuliah saat ini banyak mengacu pada penggunaan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengikuti kursus Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya di sela waktu ini.

    Aktivitas yang menarik bukan? Daripada kamu bingung mau ngapain di rumah, tapi tidak mau melakukan aktivitas berat yang menguras otak dan tenaga kamu, aktivitas-aktivitas ini akan membuatmu rileks namun juga bermanfaat untuk kesiapan kamu menempuh pendidikan selanjutnya.

    Semoga bermanfaat ya, cheers! :D

    Share this:

    Tags: Akademis, Aktivitas

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!