Ini Dia 8 Tips Nongkrong Tapi Tetap Hemat!

Kamu Anak Nongkrong Tapi Pengen Hemat? Ini 8 Tipsnya!

“Pulang sekolah nongkrong yuk!”

Ajakan seperti ini sulit sekali ditolak, apalagi kamu juga ngga mau melewatkan kumpul bareng temen kamu.

Sebagai pelajar yang belum punya penghasilan, kita cuma bisa mendapatkan ‘gajian’ yang diberikan oleh orang tua. Dimana, antara kamu dengan teman kamu bisa saja nominalnya berbeda, tapi bukan hal yang bisa jadi alasan yang menghalangi kamu untuk tetep nongkrong bareng teman. Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan keduanya lho, asalkan kamu tetep smart atur pengeluarannya.

Mau tahu apa saja tips-tipsnya? Yuk simak!

1. Tidak melewatkan sarapan

Jangan Lupa Sarapan Yaa!

Jangan Lupa Sarapan Yaa!

Meski sudah harus di sekolah dari pagi hari, tapi jangan pernah lewatkan sarapan ya! Dengan sarapan bisa mencegah kamu untuk merasa lapar dan keinginan untuk jajan di sekolah. Selain itu, dengan sarapan bisa membantu untuk tetap konsentrasi maksimal selama jam pelajaran!

2. Jangan malu membawa bekal

Buat Bekal Yang Lucu Yuk!

Buat Bekal Yang Lucu Yuk!

Cara ini, paling ampuh supaya kamu tidak mengeluarkan uang untuk jajan untuk makan siang! Buat kamu yang merasa malu bawa bekal, cuek aja ya. Tutup kuping aja kalau ada teman yang komentar, yang penting kan tujuan kamu berhemat bisa tercapai! Ditambah lagi, dengan membawa makanan sendiri, lebih sehat dan kebersihannya lebih terjamin lho daripada jajanan di sekolah.

Selain bawa makanan, jangan lupa untuk bawa minum juga dari rumah ya!

3. Bawa uang secukupnya

Bawa Uang Seperlunya Saja

Bawa Uang Seperlunya Saja

Bawa uang sesuai dengan budget pengeluaran harian kamu. Dengan membawa uang berlebih, kamu akan cenderung impulsif. Entah itu untuk jajan, beli barang atau keperluan lainnya yang sebenarnya tidak terlalu butuh.

4. Pastikan perut terisi saat mau nongkrong

Do Not Starve Yourself, Yaa

Do Not Starve Yourself, Yaa

Ketika diajak nongkrong, sebisa mungkin dalam kondisi perut sudah terisi. Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk pesan makanan. Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk minum saja deh! Hihi

5. Ajak nongkrong di rumah

movies at home with BFF? Why not ;)

movies at home with BFF? Why not ;)

Daripada nongkrong di luar, mending sesekali coba nongkrong di rumah teman atau bahkan di rumahmu saja. Selain bisa menghindari pengeluaran, kamu bisa nongkrong lebih santai dan leluasa. Jadi waktu nongkrong pun bisa lebih berkualitas dong!

6. Cermat memilih tempat dan pesanan

pilih menu promo aja

pilih menu promo aja

Apabila nongkrong di luar, tetap pilih-pilih tempat yang sesuai dengan kantong kamu ya! Pastikan kamu memilih tempat yang nyaman untuk ngobrol, tetapi masih terjangkau. Lebih bagus lagi, kalau yang ada paket promo. Kamu bisa mengantisipasi dengan memilih menu makanan dan minuman yang murah.

7. Cari tebengan

nebeng aja

nebeng aja

Ongkos transportasi bisa kamu siasati dengan mencari tebengan. Mau itu yang pulang pergi ke sekolah. Lebih bagus lagi, kalo setiap nongkrong juga ada teman kamu yang searah jadi kantong kamu tetap aman, yes!

8. Puasa Sunnah

fasting

fasting

Kalau kondisi keuangan udah tipis, kamu bisa mensiasatinya dengan puasa sunnah senin – kamis! Kamu jadi tidak punya alasan lagi deh untuk jajan. Lumayan kan, sambil berhemat tapi disaat bersamaan sambil beramal ibadah? Hehe…

Ya, itulah tips-tips dari kami untuk berhemat uang jajan, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya tips lain yang lebih ampuh? Yuk di share di kolom komentar :)

Happy hangout guys!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.