Time Management: Atur Jadwal Secara Efektif

Time Management: Atur Jadwalmu Secara Efektif Dengan 4 Tips Ini!

“Ya ampun! Ada tugas ya?” “Hah, besok kuis?” Sering gak mendengar ucapan tadi oleh temen kamu, atau bahkan itu terlontar dari diri kamu sendiri? Berarti ini saatnya untuk membenahi lagi agenda kamu dan menyusun strategi agar jadwalmu tidak berakhir berantakan. Jadwal yang baik bahkan dapat membantu untuk mengurangi tingkat stres, loh!

Baca yuk 4 tips praktis di bawah ini biar time-management kamu semakin baik:

1. Buat To-Do-List dan tentukan prioritas

Buat Jadwal Harianmu!

Buat Jadwal Harianmu!

Senin depan kamu ada undangan ulang tahun tapi besoknya ada ulangan Matematika. Di sini kamu harus bisa memilih mana yang lebih penting untuk dilakukan. Catat semua kegiatan kamu hingga beberapa minggu kedepan dan tentukan prioritas untuk masing-masing kegiatan.

2. Realistis dan seimbang

Setelah membuat daftar prioritas, kamu jangan lupa untuk memikirkan waktu beristirahat dan bersosialisasi juga ya! Berikan jeda yang realistis karena tubuh kamu juga mempunyai batasnya dalam beraktivitas. :)

3. No procrastination!

Jangan Suka Menunda

Jangan Suka Menunda

Salah satu cara terbaik dalam manajemen waktu adalah dengan fokus menyelesaikan apa yang bisa diselesaikan dalam hari tersebut. Menunda hanya akan menambah kerjaan kamu kedepannya. Selain itu, coba cek kembali pada saat kapan dan di mana kamu bisa belajar dengan fokus dan produktif. Kenali juga style belajar kamu yang paling efektif agar tugas dapat dikerjakan lebih cepat dan hasilnya jadi maksimal.

4. Evaluasi jadwal

Evaluasi Apa Yang Sudah Tercapai

Evaluasi Apa Yang Sudah Tercapai

Setelah kegiatan satu minggu lalu berakhir, evaluasi lagi jalannya kegiatan kamu. Kegiatan yang masih terlewat, tugas yang pada akhirnya masih tetap dikerjakan dengan buru-buru, semua dievaluasi kembali untuk untuk terus memperbaiki cara belajar kamu.

Menyeimbangkan seluruh kegiatan kita memang terasa susah pada awalnya. Akan tetapi, kita harus bisa secara perlahan memulainya, karena seiring berjalannya waktu dan usia kita bertambah, maka tanggung jawab kita juga pasti akan semakin bertambah.

Kita bisa mulai dari meluangkan waktu di awal hari atau awal minggu untuk menyusun jadwal sehingga manajemen waktu kita menjadi semakin efektif. Sukses ujian namun flash-travel weekend depan tetap jalan? Bisa dong! :)

Share juga yuk tips kamu dalam menyusun jadwal di kolom komentar!

Cheers!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. sri rahmawati says:

    Good excellent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.