Belajar Bahasa Korea? Kenapa Tidak? | Blog Ruangguru

Belajar Bahasa Korea? Kenapa Tidak?

Hayooo, siapa yang suka nonton drama Korea dan mengidolakan artis-artisnya? Bagi yang terkena demam Korea pasti ingin pergi ke negeri ginseng ini. Kamu nggak mau kan hanya melihat keindahan negaranya dari layar kaca terus?

Kira-kira butuh persiapan apa saja ya? Bagaimana kalau kamu coba mempelajari bahasanya saja dulu? Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang cukup unik yang ada di dunia, lho. Kenapa bisa dibilang unik? Yuk kita simak!

Apa saja yang ditawarkan-125

Bahasa Korea dalam penulisannya menggunakan huruf Hangeul. Zaman dulu, sebelum Hangeul diciptakan masyarakat Korea menggunakan huruf Cina (atau disebut juga dengan Hanja). Namun sebagian masyarakat, khususnya kalangan bawah pada masa itu, merasa Hanja sangat sulit untuk dipelajari. Oleh karena hal ini, buta huruf sempat merajalela di Korea.

Selain itu, Hanja juga dianggap kurang tepat dalam merepresentasikan bahasa Korea. Dulu masyarakat Korea secara lisan menggunakan bahasa Korea, sedangkan dalam penulisan mereka menggunakan huruf Cina. Kalian kebayang nggak sih betapa sulitnya mengaplikasikan bahasa sendiri dengan huruf asing?

belajar bahasa Korea

Foto: koreakini.com

Akhirnya, pada tanggal 9 Oktober 1443, Raja Sejong dari Dinasti Joseon menciptakan sistem penulisan baru yang lebih mudah untuk dimengerti. Nah, penulisan inilah yang disebut dengan Hangeul. Terdapat 24 huruf Hangeul yang terdiri dari 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Saat pertama kali diciptakan, huruf Hangeul berjumlah 28 yang terdiri dari 17 huruf mati (konsonan) dan 11 huruf hidup (vokal). Namun akhirnya 3 huruf mati (konsonan) dan 1 huruf hidup (vokal) dihilangkan.  Hingga saat ini, tanggal 9 Oktober ditetapkan sebagai hari Hangeul di Korea. Dari 6000 bahasa yang ada di dunia, hanya ada 100 bahasa yang memiliki aksara sendiri. Bahasa Korea yang menggunakan huruf Hangeul adalah salah satunya lho.

belajar bahasa Korea

belajar bahasa Korea

Foto: dramafever.com

Sekitar tahun 2012, televisi Indonesia mulai ramai menayangkan berbagai macam drama Korea. Artis-artis Korea pun kerap kali muncul di televisi melalui berbagai macam video musik. Akhirnya banyak remaja Indonesia yang mulai mengidolakan artis dan boyband/girlband Korea seperti 2PM, Big Bang, SNSD, dan lain-lain. Boyband dan girlband Korea pun beberapa kali sempat mengadakan konser di Indonesia. Besarnya antusiasme remaja Indonesia terhadap boyband dan girlband Korea terlihat dari banyaknya jumlah mereka yang menghadiri konser tersebut.

belajar bahasa Korea

Foto: sonicomusica.com

belajar bahasa Korea

Foto: wallpapersonthe.net

Demam budaya pop Korea ini dikenal dengan nama Korean Wave atau Korean Hallyu. Hal ini pun membuat remaja Indonesia mulai tertarik untuk mempelajari budaya Korea, termasuk mempelajari bahasanya. Terbukti pada tahun 2013 jurusan Sastra Korea termasuk dalam tiga besar jurusan yang paling diminati di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Apa saja yang ditawarkan-127

Tentunya jika kamu bisa berbahasa Korea, kamu akan merasakan beberapa manfaat, seperti:

  • Hal pertama ini sangat penting bagi kamu yang beminat melanjutkan pendidikan ke Korea. Perlu diketahui, beberapa kampus di Korea mewajibkan para mahasiswa asingnya untuk bisa berbahasa Korea. Hal ini dikarenakan beberapa mata kuliah juga menggunakan bahasa Korea. Meskipun kamu akan mendapatkan pelatihan bahasa Korea pada tahun pertama, tetapi bukankah akan terasa lebih mudah jika kamu sudah menguasai bahasa Korea sebelumnya? ☺
belajar bahasa korea

Foto: kdramalove.com

  • Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia sedang unggul dalam segala bidang, misalnya bidang ekonomi. Hal ini tentunya bisa membuka peluang untuk karir dan bisnis bagi kamu. Saat ini banyak sekali perusahaan asal Korea yang membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. Contohnya adalah Samsung, LG, dan Hyundai. Tentunya jika kamu tertarik bekerja di perusahaan asal Korea, jago berbahasa Korea merupakan suatu nilai plus yang dapat memberikanmu kesempatan yang lebih besar.
  • Kamu berencana untuk jalan-jalan ke Korea? Tahukah kamu kalau ternyata banyak lho orang Korea yang tidak terlalu fasih berbahasa Inggris? Kemudian, sebagian besar petunjuk jalan di Korea juga menggunakan huruf Hangeul. Nah, jika kamu bisa berbahasa Korea tentunya akan membuat perjalananmu ke Korea terasa lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan.
  • Semakin mewabahnya demam Korea di Indonesia, semakin banyak pula orang Indonesia yang tertarik untuk menguasai bahasa Korea. Bagi kamu yang sudah menguasai bahasa Korea, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana berbagi ilmu dengan cara mengajar bahasa Korea. Selain bermanfaat bagi orang lain, kamu juga bisa menambah uang jajan, lho. Sambil menyelam minum air ya ☺

Wah ternyata menguasai bahasa Korea bermanfaat juga ya. Jadi, untuk apa ragu lagi? Ayo mulai belajar bahasa Korea dari sekarang!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

3 Responses

  1. Nurul says:

    Rekomendasi situs atau aplikasi belajar bahasa korea gratis dong

  2. Ida says:

    Belajar bahasa inggris dulu baru korea

  3. Thanks for a marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you can be
    a great author. I will be sure to bookmark your blog and may come back later in life.

    I want to encourage you to continue your great posts, have a nice afternoon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.