Pahami 5 Ciri Pelaku Bullying! | Blog Ruangguru

Pahami 5 Ciri Pelaku Bullying!

Smart Buddies, tahukah kamu saat ini kasus bullying kembali marak? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bullying? Dalam bahasa inggris, tindakan ini bermakna sebagai bentuk intimidasi kepada orang lain. Nah, akhir-akhir ini kasus bullying berakhir dengan adanya upaya bunuh diri dari sang korban. Akibatnya tekanan yang didapatkan dari orangĀ  sekitarnya. Sayangnya, tidak semua pelaku menyadari bahwa ia sudah melakukan perilaku tersebut. Nah, bahaya kan? Yuk, mulai sekarang coba kita kenali apa saja tanda-tanda orang yang melakukan bullying. Jangan sampai selama ini secara tidak sadar kita juga sudah melakukannya. Baca terus ya!

1. Selalu ingin berkuasa

pelaku bullying-merasa selalu berkuasa

Merasa selalu berkuasa (Sumber: 0-bullying.com)

Orang yang memiliki kecenderungan untuk berkuasa, terkadang merasa dirinya lebih hebat dari yang lain. Benar, kan? Tipe orang seperti ini kerap kali memerintah teman-temannya untuk melakukan berbagai hal. Misalnya, untuk sekedar mengambil buku, mengerjakan tugas sekolah, dan bahkan membeli makanan. Padahal sebenarnya hal-hal tersebut dapat dilakukan sendiri. Orang yang selalu ingin berkuasa terkesan ingin selalu memiliki peran penting di lingkungannya. Nah, apakah ada satu di antara kalian yang seperti ini?

2. Bersikap egois

pelaku bullying

Pelaku bersikap egois (Sumber: roking.mama.id)

Setiap orang memang perlu mementingkan diri sendiri. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus juga menjadi bahaya, lho. Kalau kamu terlalu egois, bisa jadi inilah faktor utama yang memicu bullying. Alasannya, kamu akan terlalu peduli terhadap keinginan dan kesenangan kamu pribadi. Orang yang egois juga mudah mengabaikan perasaan orang lain. kebiasaan tersebut membuat kamu nantinya menjadi orang yang tidak bisa bersimpati dan empati terhadap sesame. Jika diberi saran atau kritik, bahkan selalu memberikan respon yang negatif.

3. Mudah marah

pelaku bullying

Pelaku bullying mudah marah (Sumber: bullied.id)

Ciri lain bahwa kamu sudah melakukan bullying adalah mudah marah kepada orang lain. Tindakan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya selalu tidak puas terhadap keadaan sekitar atau kurang perhatian. Ketika seseorang memiliki sifat ini, mereka cenderung bersikap agresif, merasa tidak aman, dan cemas. Akhirnya, kemarahannya pun dilampiaskan dengan melakukan keonaran atau justru memarahi orang lain.

4. Tidak merasa bersalah

Seusai kamu marah atau berbuat salah kepada teman, pernahkan kamu merasa bersalah? Jika jawabannya tidak, bisa jadi kamu memiliki salah satu sifat pelaku bullying. Kebiasaan orang yang memiliki sifat ini, kerap mudah melontarkan ejekan, memperolok, serta mempermalukan orang lain tanpa merasa bersalah. Kalau terus dibiarkan, bisa sangat berbahaya, lho! Bahkan dari hasil perbuatanmu ini, dapat membuat korban menjadi pendendam, dan juga melakukan bullying terhadap orang lain.

5. Tidak memiliki empati dan rasa iba

Pelaku bullying - Pelaku tidak memiliki rasa iba

Pelaku tidak memiliki rasa iba (Sumber: istick.com)

Para pelaku bullying akan mengalami krisis rasa empati dan iba terhadap keadaan di sekitarnya. Mereka tidak bisa membayangkan posisinya sebagai korban. Terlebih, mereka tidak peduli saat melihat keadaan korban yang telah mereka intimidasi. Oleh karena itu, adanya penanaman rasa empati begitu penting untuk kamu lakukan. Coba mulai sekarang, perbanyak mengikuti kegiatan kemanusiaan yang dapat menumbuhkan rasa empatimu kepada orang lain!

Nah, adakah sikapmu yang telah disebutkan pada lima poin penjelasan di atas? Semoga tidak ya, Smart Buddies! Yuk, berikan komentarmu tentang bullying dan share artikel ini ke temanmu agar mereka bisa menghindari kelima sifat tersebut ya! (NN/RE)

You may also like...

4 Responses

  1. Rina kristiana says:

    Btw aku selalu dibully Dr SD sampai skrg pun aku Masih dibully, dan skrg aku rasa aku memiliki sifat yg disebutkan diatas. Apakah ini dampak dari bullying yg dilkukan tmn ku dlu Dan skrg ? Aku sangat egois Dan pemarah, aku cenderung tidak mempunyai rasa bersalah. Ternyata aku sangat menyedihkan. Bagaimana aku mengatasi ini?

    • Halo Rina Kristiana,

      Coba mulai menyalurkan emosimu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang digemari. Selain itu, kamu bisa menceritakan kepada orangtua ataupun teman-temanmu apabila memiliki masalah. Berusahalah untuk tidak egois, mencoba untuk mendengarkan dan mengerti orang lain baik lho. Ayo semangat kamu pasti bisa menghindari sifat-sifat tersebut :))

      Terima kasih.

  2. natasha.p.w says:

    Aku sekarang kelas 6 SD, aku dari kelas 4 sering dibully kalo aku mau lapor ke ortu malah diaancam.aku dibullynya itu kayak rambutnya di tarik lah dan lain lain cara atasi agar aku gk dibully lagi gimana?

    • Ruangguru says:

      Halo Natasha,

      Siapa yang melakukannya? Apa kata-kata ancamannya?
      Terkadang kita perlu bersikap tegas bahkan ‘galak’ lho. Jangan pernah terlihat lemah di depan orang yang melakukan bully ke kamu.
      Apalagi kalau kamu sampai menangis di depan dia.

      Tunjukkan ke dia, kalau kamu berani. Jika dia masih suka menarik rambutmu, tepis tangannya dengan tegas.
      Jika dia mengejek, tidak usah kamu respon. Nanti dia capek sendiri karena mengganggumu itu jadi tidak menarik.
      Kalau kamu merasa dia sudah keterlaluan, kamu bisa laporkan juga ke guru, sebelum menyampaikan ke orangtua.

      Terakhir, jauhi tempat sepi. Ajak teman-temanmu untuk selalu berada di sekitarmu (atau cari tempat yang ramai).
      Supaya menjauhi bahaya dari si pembully. Semangat ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.