Kisah Btariany Anindita: Berjuang Lulus SBMPTN di Sela Perawatan Rumah Sakit (2) | Blog Ruangguru

Kisah Btariany Anindita: Berjuang Lulus SBMPTN di Sela Perawatan Rumah Sakit (2)

Smart Buddies, masih ingat kisah tentang Btariany yang berusaha keras untuk bisa lulus SBMPTN? Kali ini, ia melanjutkan cerita perjuangannya. Kamu sudah siap membacanya? Yuk, disimak!

Saat itu Riri merasa kehabisan waktu untuk pengerjaan Tes Potensi Akademik (TPA) akibat lambatnya proses pemindahan ruangan SBMPTN. Akan tetapi, menurutnya hari itu masih ada keberuntungan karena ia bisa menjawab semua soal Tes Kemampuan Dasar (TKD). Riri mengaku, soal-soal tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Ia merasa semua soal yang ada, persis seperti materi yang dipelajari sebelumnya selama sebulan penuh. Padahal, ia sempat ragu apakah cara belajar yang dipilihnya dapat ampuh membantu persiapan SBMPTN. Alasannya, ia menggunakan cara yang tidak biasa dibandingkan teman-teman lain.

lulus sbmptn - Btariany Anandita (Riri)

Btariany Anandita (Riri)

Sejak dua bulan sebelum SBMPTN, Riri memang sudah memutuskan untuk belajar dengan bantuan tutor secara online. Ia tergabung di dalam sebuah chat group bersama teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia. Fitur ini begitu dimanfaatkannya untuk memperoleh contoh-contoh soal sebanyak mungkin. Tutornya juga memberikan jadwal belajar yang tidak memberatkan para siswa. Setiap soal-soal pun dapat didiskusikan secara intensif hingga malam hari. Satu hal yang paling Riri tunggu, yaitu tryout di setiap akhir pekan untuk mengukur kemampuannya.

Selain belajar, ia menjadikan chat group tersebut sebagai wadah bersosialisasi juga. Saling memberi support antar sesama calon peserta SBMPTN. Riri bercerita, bahwa ada dua sistem belajar yang diterapkan oleh tutor. Pertama, dengan melibatkan semua siswa di satu grup besar. Kedua, grup kecil yang hanya berisikan empat orang siswa. Alasannya, masing-masing siswa tersebut memiliki pola belajar yang serupa. “Menurut saya pribadi, kelompok yang kecil itu justru sangat penting karena bisa memberi pengaruh secara personal ke teman lain,” kata mahasiswa baru Fakultas Hukum, UNPAD ini.  

Melalui belajar online, semua siswa juga mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai program studi apa yang akan dipilih. Supaya dapat lebih terarah, sesuai keinginan, dan juga semakin percaya diri menjelang hari ujian. Nah, tipe belajar seperti ini cocok untukmu yang mencari alternatif lain untuk persiapan SBMPTN seperti Riri. Program belajar yang bernama Ruangguru Digital Bootcamp (RGDB) ini, mampu meningkatkan peluang dua kali lipat untuk lulus SBMPTN.

Bagi Smart Buddies yang tertarik bergabung di RGDB angkatan kedua, sudah bisa mengikuti pre-order di bulan ini. Nantinya kamu akan mulai belajar di bulan Oktober. Klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba, ya! (RE/DR)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.