Cara Efektif Membagi Waktu untuk Si Super Sibuk | Blog Ruangguru

Cara Efektif Membagi Waktu untuk Si Super Sibuk

Beberapa bulan lagi, liburan semester akan segera berakhir. Segala kegiatan perkuliahan dan organisasi pun akan segera dimulai. Dengan membayangkannya saja mungkin sudah membuat kepalamu rasanya mau pecah. Kamu akan kembali dipertemukan dengan rutinitas harian yang harus dilalui. Jika kamu tidak pintar mengatur keduanya tentunya kamu bisa jadi pusing sendiri. Nah, intip enam cara berikut yuk supaya bisa mengatasinya dengan baik!

membagi waktu

membagi waktu

Foto: sites.austincc.edu

Kamu perlu mengingat kembali apa sebenarnya tujuanmu untuk kuliah. Sebagian besar orang berkuliah tujuan utamanya adalah untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Sedangkan organisasi bertujuan untuk melatih soft skill kamu. Keduanya harus berjalan dengan seimbang. Jangan sampai gara-gara terlalu aktif di organisasi, tugas menjadi terbengkalai dan kuliahmu jadi berantakan. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan utamamu untuk berkuliah, bukan?

membagi waktu

membagi waktu

Foto: conversionfanatics.com

Waktu adalah uang. Agar tidak menyesal nantinya, kamu harus pandai memanfaatkan waktu yang kamu miliki dengan kegiatan berguna. Buatlah jadwal kegiatan apa saja yang harus kamu kerjakan. Misalnya membuat jadwal harian yang dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari. Kamu juga bisa membuat jadwal kegiatan mingguan dan bulanan. Pastikan tidak ada jadwal kuliah dan kegiatan organisasi yang saling bertabrakan. Dengan membuat jadwal, segala kegiatan perkuliahan dan organisasi yang kamu lakukan akan menjadi lebih terarah. Jadi kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan pekerjaan yang kurang penting.

membagi waktu

membagi waktu

Foto: cauldronsandcupcakes.com

Mahasiswa yang baik adalah mereka yang bisa menentukan prioritas pada setiap kegiatanya. Mulailah membuat prioritas paling tinggi pada kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas dan belajar untuk kuis atau ujian. Lalu prioritas selanjutnya adalah untuk segala kegiatan organisasi. Kurangilah prioritas pada kegiatan yang tidak terlalu penting seperti menonton televisi atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk berkumpul dengan teman tanpa tujuan yang jelas.

membagi waktu

Menunda pekerjaan adalah kebiasaan buruk dan tidak bertanggung jawab. Jika kamu masih suka melakukan hal ini, segala jadwal kegiatan bisa menjadi berantakan. Biasakanlah dirimu untuk mencicil segala sesuatunya sedikit-sedikit setiap hari agar pekerjaanmu terasa lebih ringan. Jangan menumpuk semua pekerjaan di akhir karena kamu akan merasa terburu-buru mengerjakannya sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. Agar kamu tidak menunda pekerjaan maka tentukan deadline. Hal ini bertujuan supaya semua kegiatan menjadi lebih efektif untuk dikerjakan.

membagi waktu

membagi waktu

Foto: magicenglish.org

Segala masalah bisa diselesaikan jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan kemampuan ini, pesan yang ingin kamu sampaikan akan diterima secara tepat oleh orang yang menerimanya. Hal ini pun berlaku bagi kamu yang aktif berorganisasi. Misalnya besok kamu ada kuis, tapi hari ini organisasimu ada agenda. Cobalah komunikasikan kepada anggota organisasimu kalau kamu ingin meminta kompensasi waktu. Kamu bisa menyampaikannya secara baik-baik supaya mereka mengerti.

membagi waktu

Di sela kesibukanmu, coba tetap sempatkan belajar dengan cara yang paling mudah. Lusa ada kuis? Belajar kan tidak melulu harus baca buku, ke perpustakaan, dan lainnya. Salah satu cara belajar yang menyenangkan adalah dengan menggunakan gadget. Asah otakmu dengan mengerjakan soal-soal di tes online ruangguru.com deh. Tidak hanya seputar akademik, tapi juga non akademik lho. Dijamin tidak akan membosankan. Kamu juga bisa mengerjakan di mana saja dan kapan pun! Supaya lebih seru, coba kerjakan ramai-ramai dengan temanmu. Siapa yang bisa mengerjakan dengan cepat dan skornya bagus?

Sekian beberapa tips untuk kamu yang senang berorganisasi, namun tetap ingin prestasi kuliahnya tetap cemerlang. Semoga membantu! ☺

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.