Ruangguru Blog

    Ciptakan Belajar Efektif ala Guru dengan Membuat Silabus Sendiri!

    By Ruangguru · Jul 3, 2017

    Tahun ajaran baru akan segera tiba. Apakah Bapak dan Ibu guru sudah mulai mempersiapkan silabus atau rencana pembelajaran? Silabus setiap mata pelajaran berisikan komponen pokok yang dapat menjawab kompetensi yang akan dikembangkan pada siswa, cara mengembangkannya, dan cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dicapai oleh siswa. Berikut langkah-langkah untuk membuat silabus untuk menciptakan belajar efektif.

    1. Perhatikan komponen silabus

    Pada format silabus, terdapat 8 komponen yang harus diisi. Kedelapan komponen tersebut adalah standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator (penanda pencapaian kompetensi dasar), penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. 

    2. Petakan standar kompetensi dan kompetensi dasar

    Ini merupakan langkah pertama dalam membuat silabus. Standar kompetensi adalah seperangkat kompetensi yang harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya. Sedangkan kompetensi dasar adalah rincian dari standar kompetensi , berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dicapai siswa. 

    3. Pilih dan tentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar

    belajar efektif - huffingtonpost.com Memilih cara pembelajaran sesuai potensi (sumber: huffingtonpost.com)

    Dalam menentukan materi pembelajaran, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Hal-hal tersebut adalah:

    • Potensi peserta didik
    • Relevansi dengan karakteristik daerah
    • Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik
    • Kebermanfaatan bagi siswa
    • Struktur keilmuan
    • Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
    • Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
    • Alokasi waktu

    4. Merancang kegiatan pembelajaran

    Buatlah kegiatan pembelajaran semenarik mungkin sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar. Bapak/Ibu guru dapat mencari referensi untuk metode kegiatan pembelajaran unik dan menarik lewat artikel ini.

    5. Tentukan indikator pencapaian agar lebih mudah merancang penilaian

    Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur. Indikator tersebut dapat mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi 3 indikator. 

    6. Tentukanlah jenis penilaian

    Penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian kompetensi dasar dan indikator oleh peserta didik. Alat penilaian dapat menggunakan tes tertulis, tes lisan, proyek, dan sebagainya. Sebaiknya, alat penilaian yang digunakan betul-betul menguji pehamaman peserta didik, bukan sekadar hafalan. 

    7. Alokasikan waktu kegiatan pembelajaran

    Alokasi waktu yang dicantumkan pada silabus adalah perkiraan waktu rata-rata bagi peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar. Saat menentukan, yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesulitan, keluasan, dan tingkat kepentingan materi. Jangan lupa juga mengalokasikan waktu untuk tes/ulangan, remedial, dan cadangan. 

    8. Tentukanlah sumber belajar yang akan digunakan

    Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber belajar tidak harus berupa buku, tetapi bisa juga website , video, dan sebagainya. Gunakanlah sumber belajar yang bervariatif agar peserta didik tidak merasa bosan. 

    Itulah langkah-langkah dalam membuat silabus yang nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk kegiatan belajar di kelas. Semoga langkah-langkah yang Ruangguru berikan dapat mempermudah Bapak dan Ibu guru, ya. (NF/DR)

    Share this:

    Tags: fun facts, Mengajar Cerdas, Mengajar Kreatif

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!