Kamu Berprestasi di SMK? Coba Beasiswa Kemendikbud Yuk! | Blog Ruangguru

Kamu Berprestasi di SMK? Coba Beasiswa Kemendikbud Yuk!

beasiswa kemendikbud - Mulai siapkan syarat-syaratnya yuk!

Mulai siapkan syarat-syaratnya yuk! (sumber: pesertadidik.ditpsmk.net)

Smart buddies, kamu siswa aktif SMK dan punya beragam prestasi? Kabar baik untuk kamu, saat ini ada kesempatan beasiswa Kemendikbud 2017. Beasiswa yang satu ini mempunyai satu syarat khusus, kamu harus berasal dari daerah bencana untuk mendapat bantuan pemerintah ini. Tujuannya adalah memberikan motivasi, juga sebagai bentuk penghargaan untuk kamu yang berprestasi sesuai minat dan bakat. Beasiswa ini berada di bawah naungan Direktorat Pembinaan SMK dan mencari 1.000 siswa untuk dibiayai. Kamukah salah satunya? Nah, buat yang penasaran dengan caranya, simak terus sampai akhir ya!

1. Memiliki prestasi akademik atau non akademik

Bicara soal prestasi, ternyata nggak melulu soal jadi juara kelas yang punya nilai rapor bagus. Kamu juga bisa menunjukkan kemampuanmu di sisi lain. Beberapa contohnya seperti di bidang inovasi, perekayasa, atau keilmuan. Kalau kamu pernah mencetak prestasi lainnya yang diakui oleh pemerintah, boleh daftar juga lho. Misalnya, mencegah tindak kejahatan, membantu menanggulangi bencana, atau melakukan hal positif yang diekspos media massa. Tapi yang pasti, harus tetap di tingkat provinsi atau nasional, ya!

2. Melampirkan bukti prestasi

beasiswa kemendikbud - Buktikan kalau kamu berprestasi!

Buktikan kalau kamu berprestasi! (sumber: swimming.org)

Walau keikutsertaan kamu di berbagai perlombaan cukup banyak, tapi percuma kalau nggak ada buktinya. Supaya bisa meraih beasiswa ini, kamu harus menyertakan piagam, sertifikat, atau surat penetapan juara dari penyelenggara.

3. Belum pernah memperoleh beasiswa Kemendikbud

Calon pendaftar diharuskan bukan penerima bantuan pendidikan dari Direktorat Pembinaan SMK tahun 2016, juga belum pernah mendapat penghargaan sebagai juara nasional dari Direktorat PSMK 2017.

4. Berdomisili di daerah bencana

Kamu sendiri yang bisa menentukan apakah daerah asalmu itu rawan bencana atau nggak? Nantinya di bagian pengisian formulir, akan ditanyakan juga jenis bencana apa yang sering terjadi.

5. Direkomendasikan pihak sekolah

Sebelum  ditetapkan sebagai penerima bantuan yang disahkan oleh Direktorat PSMK, kamu harus mendapat rekomendasi dari sekolah. Caranya, pertama kamu unduh Surat Pengantar Sekolah di sini. Kemudian, minta pihak sekolah mengisi formulir tersebut dan dilengkapi stempel. Selanjutnya, Dinas Pendidikan Provinsi akan mengesahkannya.

Gimana nih menurut smart buddies persyaratannya? Cukup mudah, kan? Yuk, segera persiapkan berkasnya dari sekarang. Kamu bisa baca petunjuk lengkapnya di link ini. Semoga kamu jadi salah satu yang beruntung! (RE/DR)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.