Semakin Fokus Belajar dengan Dekorasi Kelas di Semester Baru! | Blog Ruangguru

Semakin Fokus Belajar dengan Dekorasi Kelas di Semester Baru!

Saat memasuki tahun ajaran baru, semua guru pasti ingin menciptakan suasana belajar yang berbeda. Tentunya ada banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan itu. Salah satunya dengan cara dekorasi kelas supaya kondisi belajar menjadi fokus dan efektif. Menciptakan kelas yang menarik juga dapat memicu kreativitas para siswa. Nah, bagi Bapak/Ibu guru yang saat ini menjadi wali kelas, mari simak lima tips berikut ini yuk!

1. Menciptakan Dinding Inspirasi

Guru bisa mulai mengajak para siswa untuk mengumpulkan dan membawa majalah bekas dari rumah. Mintalah tiap-tiap dari mereka menemukan gambar yang inspiratif, seperti tokoh, tempat wisata, atau ide menarik. Masing-masing gambar ditempelkan pada satu styrofoam besar yang berwarna. Berikan judul dengan kata “Dinding Inspirasi” di atas gambar-gambar siswa. Setelah selesai, gunakan sticky notes untuk menjelaskan mengapa setiap siswa memilih gambar tersebut.

Karya seperti ini sangat berguna untuk menarik perhatian di salah satu sudut kelas. Baik guru dan juga siswa jadi mengetahui hal-hal apa yang menarik menurut setiap orang. Selanjutnya, tidak ada salahnya lho kalau membuat pembahasan dari salah satu gambar di sela-sela pelajaran. Lebih menarik lagi, kalau bisa melakukan kunjungan bersama ke salah satu tempat wisata.

2. Cat Dinding Kelas

dekorasi kelas - Memilih paduan warna cokelat dan hijau untuk warna kelas.

Memilih paduan warna cokelat dan hijau untuk warna kelas. (sumber: designshare.com)

Diskusikan bersama siswa tentang warna yang bisa membuat semangat belajar di kelas. Bisa dengan menggunakan satu warna polos, kombinasi, atau juga bergradasi. Beberapa referensi warna yang bisa dipilih antara lain putih, cokelat, kuning gading, hijau, biru, atau ungu muda. Pilihan warna yang menarik akan membuat siswa menjadi lebih nyaman saat di kelas. Proses belajar pun akan lebih fokus. Nah, akan tambah seru lagi, jika guru dan siswa mau mengecat ruang kelas bersama-sama kan?

3. Rotasi Meja dan Kursi

dekorasi kelas - Mengubah posisi meja dan kursi.

Mengubah posisi meja dan kursi. (sumber: fusionyearbooks.com)

Inilah salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk mengubah isi kelas. Menurut Ruangguru, mengubah tatanan meja serta kursi mampu mendukung efektivitas belajar. Pasalnya, guru dapat memonitor siswa dengan lebih baik dan lebih leluasa berkeliling saat mengajar. Ada beberapa referensi yang cocok untuk dicoba. Pertama, buatlah seperti huruf U sehingga kelas terkesan menjadi lebih luas. Pilihan lainnya yaitu dengan berbentuk kelompok, empat kursi dan empat meja dijadikan satu. Selain dapat lebih mengakrabkan, siswa pun jadi bisa memiliki teman belajar kelompok.

4. Ciptakan Denah Kelas

dekorasi kelas- contoh denah kelas dengan desain visual.

contoh denah kelas dengan desain visual. (sumber: xi-ipa1maminnwpancor.blogspot.co.id)

Buatlah denah posisi duduk siswa dan guru, sertakan juga posisi papan tulis, lemari atau peralatan di kelas lainnya. Guru dan siswa bisa menggambarnya secara bersama-sama, lho. Pilihan lainnya, dapat juga mengkreasikan denah kelas dengan desain visual atau 3D. Gunakanlah warna-warna yang eye-catching sehingga terlihat cukup kontras saat dipajang di dinding kelas.

5. Kreasi Jadwal Pelajaran

Jadwal pelajaran yang dipasang di dinding kelas merupakan hal yang biasa dilakukan. Akan tetapi, guru juga bisa menambahkan fungsi lainnya yaitu sebagai pengingat tugas bagi siswa. Buatlah jadwal pelajaran dan amplop-amplop berukuran mini dari kertas origami. Masing-masing amplop ditempelkan tepat di bawah jadwal harian. Saat ada tugas dari guru, siswa bisa memasukkan kertas catatan kecil ke dalam amplop tersebut. Sehingga, guru dan siswa akan sama-sama tahu tugas apa yang harus disiapkan. Jadi, tidak ada lagi siswa yang beralasan lupa tugas sekolah kan?

Nah, tips manakah yang mau Bapak/Ibu guru pilih terlebih dahulu? Semoga tips dari Ruangguru mampu membantu membuat suasana kelas menjadi lebih efektif ya! Bapak/Ibu guru juga bisa membaca mengenai hal yang harus dibenahi saat mengajar di kelas sebagai referensi lanjutannya. Selamat mencoba! (RE)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.