Ruangguru Blog

    Suka Gengsi Minta Maaf ke Ibumu? Yuk, Coba 13 Cara Unik Berikut!

    By Ruangguru · Dec 14, 2016

    Hayoo, siapa di antara kamu yang masih suka gengsi minta maaf ke orang tua jika berbuat salah? Well, pasti ada yang merasa canggung jika berbuat atau berkata hal manis pada orang tua. Eits, tapi jangan sampai hal ini menghambat dan membuat hati orang tua terluka lho. Kira-kira, gimana ya caranya menyampaikan maaf tanpa harus bicara langsung? Kamu bisa pakai 15 cara di bawah ini untuk meluluhkan hati ibumu. Keep reading, smart buddies!

    1. Lagu

    Ungkapan "When words fail, music speaks" ini ada benarnya lho. Kamu setuju nggak? Coba buat rekaman lagu khusus untuk ibumu. Liriknya berupa ungkapan permohonan maaf dari kamu. Katakan bahwa kamu sangat menyesali perbuatanmu, dan tidak akan mengulanginya lagi.

    Menyanyikan lagu untuk ibu Menyanyikan lagu untuk ibu. (Sumber: topgiftforhim.com)

    Kalau kamu bingung merangkai kata ke dalam lirik, coba kirimkan ibumu lagu yang liriknya berisi permintaan maaf. Beberapa di antaranya, Iwan Fals-Ibu, Kenny-Cinta Untuk Mama, Ada Band-Pesona Potretmu, Carrie Underwood-Mama's Song, dan masih banyak lagi.

    2. Makanan

    Kalau biasanya ibu yang menyiapkan makanan untuk sekeluarga, kali ini coba kamu yang masak deh. Hal ini tentu mudah bagi kamu yang gemar atau berbakat dalam hal masak-memasak. Nah, buat makanan kesukaan ibumu deh.

    Membuat makanan untuk ibu Membuat makanan untuk ibu. (Sumber: foodnetwork.com)

    Tidak harus main course kok, cake saja sudah cukup bermakna. Kalau memang belum terbiasa memasak, mulailah dari resep-resep sederhana yang bisa kamu lihat di internet atau buku resep. Dari mulai belanja dan menyiapkan alat serta bahan, masak, hingga menghidangkannya dengan tampilan yang cantik. Buatlah ibumu tersenyum dengan hasil jerih payahmu sendiri. Tidak masalah kalau rasanya belum sempurna, yang penting niat dan ketulusan hatimu. Jangan lupa selipkan permintaan maaf pada makanan yang kamu hidangkan ya.

    3. Hasil buatan tangan

    Hadiah buatan tangan untuk ibu Hadiah buatan tangan untuk ibu. (Sumber: everythingsahm.net)

    Zaman sekarang, sudah semakin banyak kreasi yang bisa kamu buat dari hasil melihat referensi di internet. Coba buat rangkaian bunga dari kertas, pajangan rumah, kartu ucapan, scrapbook, sweater, dan masih banyak lagi.

    4. Slideshow/video

    Kumpulkan foto-foto kebersamaanmu dengan ibu lalu jadikan sebuah slideshow atau video. Diiringi dengan musik yang akan meluluhkan hati ibumu. Jangan hanya foto saja, tapi juga selipkan permohonan maaf ya!

    5. Puisi

    puisi singkat untuk ibu Puisi singkat untuk ibu. (Sumber: blogspot)

    Siapa yang suka berpuisi? Coba buat puisi indah deh

    6. Surat ditulis tangan

    Somehow, cara-cara konservatif bisa kamu lakukan lho. Salah satunya dengan menulis surat, atau kartu pos. Hayo, kapan terakhir kali kamu menulis surat?

    Surat untuk ibu yang ditulis tangan Surat untuk ibu yang ditulis tangan. (Sumber: ibtimes.com)

    Tulis dengan tulisan tanganmu sendiri untuk menyampaikan rasa terima kasih sekaligus permohonan maaf. Cara memberikan suratnya pun bisa kamu kerjakan dengan cara unik, yaitu kirim melalui pos ke alamat rumah. Bayangkan bagaimana ekspresi ibumu yang biasanya menerima surat tagihan, tiba-tiba mendapat sepucuk surat yang manis. Terlebih, itu dari anaknya, pasti senyam-senyum sendiri.

    7. Pijatan

    Coba sesekali kamu pijat ibumu. Pijat lembut ibumu mulai dari kepala, tubuh, hingga kakinya. Sambil memijit, kamu bisa sambil bercerita, dan selipkan ucapan maaf dan terima kasih. Jika sambil dipijat, tubuh sedang dalam kondisi rileks dan pikiran lebih jernih. Dengan demikian, ngobrol pun jadi lebih santai. Seusai dipijat, kamu bisa buatkan teh, kopi, jahe, atau minuman hangat kesukaannya.

    8. Pelukan hangat dan kecupan lembut

    Memeluk ibu Memeluk ibu. (Sumber: gigareel.com)

    Ini cara paling sederhana, namun belum tentu kamu bisa melakukannya dengan mudah. Benar tidak? Ingat, dulu siapa yang selalu memelukmu jika terjatuh, menangis, dan bahagia? Masih mau meninggikan gengsimu? Pikir-pikir lagi deh.

    9. Tiket

    Beli tiket untuk nonton bioskop atau konser berdua, kenapa tidak? Mungkin, kamu juga bisa pesan tiket kereta atau pesawat untuk melakukan perjalanan singkat dengan ibumu.

    10. Membereskan pekerjaan rumah

    membersihkan rumah Membersihkan rumah. (Sumber: find-way.net)

    Kalau biasanya kamu masih sering malas-malasan jika dimintai tolong ibumu untuk membereskan rumah, inilah saatnya. Mulai dari merapikan kamarmu sendiri, menyapu halaman, menyiram tanaman, mencuci piring, dan sebagainya. Kamu bisa lakukan hal-hal tersebut di akhir pekan. Siapa yang masih tega marah sih kalau dibuat senang seperti demikian?

    11. Prestasi

    Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya berprestasi? Untuk menebus segala rasa bersalah, cetaklah prestasi sebanyak-banyaknya. Banyak ikut seminar dan pelatihan yang mengarahkanmu ke olimpiade, perlombaan internasional, beasiswa, dan masih banyak lagi. Eits, tidak harus langsung ke arah sana kok. Mulai saja dengan memperbaiki dan mempertahankan nilaimu di sekolah supaya rapor tidak seperti kebakaran.

    12. Charity

    charity Charity. (Sumber: coindesk.com)

    Coba deh kamu lakukan aksi sosial sesekali, misalnya menghibur anak-anak di bangsal, mengajar anak jalanan, berkunjung ke panti jompo, dan sebagainya. Dengan melaksanakan hal-hal demikian, ibumu akan senang melihat anaknya berbuat baik terhadap sesama. 

    13. Manfaatkan internet (blog, Youtube)

    Kalau memang niat banget, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan baik lho. Coba buat sebuah blog yang berisikan kisah dan foto-foto kebersamaan kamu dan sang ibu. Selain blog, kamu juga bisa memanfaatkan Youtube lho untuk mengupload video khusus permintaan maaf untuk ibu. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi orang lain, kan? Sesudah kamu mengisi konten, berikan linknya. Perhatikan mimik wajahnya ketika melihat apa isi dari link yang kamu berikan.

    Nah, itu dia 13 ide unik untuk minta maaf kepada ibumu. Sebentar lagi kan Hari Ibu, kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu adalah contoh #DidikanIbu yang berhasil. Kamu punya ide lain? Yuk ceritakan di kolom komentar. (TN)

    Share this:

    Tags: fun facts, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!