Guru Bingung Harus Berpenampilan Apa Saat Wawancara Kerja? Intip Triknya di Sini! | Blog Ruangguru

Guru Bingung Harus Berpenampilan Apa Saat Wawancara Kerja? Intip Triknya di Sini!

Ruangguru.com mengucapkan selamat bagi Anda yang membaca artikel ini. Berarti, Anda sudah berhasil menarik perhatian HRD untuk mengenal Anda lebih jauh lagi. Well, wawancara kerja memang momen penting dalam perjalanan karir Anda. Rasa senang, deg-degan, parno, semua bercampur jadi satu yang tidak jarang membuat Anda gugup dan gelisah.

Salah satu poin penting yang juga harus diperhatikan adalah penampilan. Semakin baik penampilan Anda, maka rasa percaya diri Anda pun semakin besar. Dengan percaya diri yang baik, maka Anda dapat menanamkan kesan pertama yang baik pula kepada pewawancara. Masih bingung harus berpenampilan seperti apa? Intip trik padu padannya di sini yuk!

1. Jas/blazer

wawancara kerja - blazer namun tetap santai

Menggunakan blazer namun tetap santai. (Sumber: man repeller)

Jas/blazer adalah pilihan paling aman baik untuk wawancara secara formal maupun non formal. Pilihlah warna basic seperti hitam, navy, coklat, krem, atau putih. Untuk dalamannya, coba kenakan pakaian berwarna cerah untuk menghidupkan penampilan Anda.

2. Kemeja dan kardigan

wawancara kerja - kemeja dipadu dengan luaran dan celana bahan

Kemeja dipadu dengan luaran dan celana bahan. (Sumber: aliexpress.com)

Eits, kalau Anda merasa terlalu ribet mengenakan jas/blazer, masih ada alternatif lain kok. Anda bisa padukan kemeja dan kardigan, sweater, atau vest sebagi luaran. Sebagai bawahan, celana atau bahan berwarna gelap netral bisa jadi pilihan yang ciamik lho.

wawancara kerja - kemeja dipadu kardigan

Kemeja dipadu kardigan. (Sumber: lookastic.com)

3. Blouse/kemeja dengan rok/celana bahan

wawancara kerja - Kemeja dan celana bahan.

Kemeja dan celana bahan. (Sumber: looksgud.com)

wawancara kerja - paduan cantik untuk wawancara

Paduan cantik untuk wawancara. (Sumber: bestylishwithme)

Memakai kemeja dan rok/celana bahan memang terkesan old-fashioned. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan pilihan yang unik. Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan blouse/kemeja yang fancy kok. Tapi jangan sampai saking ingin terlihat fancy malah jadi tidak profesional ya. Psst, untuk wanita, sah-sah saja lho menambahkan stocking hitam agar tampilan terlihat lebih naik level.

4. Dress

wawancara kerja - dress hitam dipadu kemeja

Dress hitam dipadu dengan kemeja. (Sumber: pinterest)

Jika bingung memadukan blouse dan rok, cara amannya adalah mengenakan dress. Anda bisa gunakan sack dress formal berwarna netral dan lembut, lalu ditambahkan blazer atau kardigan. Bosan dengan tampilan demikian? Coba jadikan kemeja Anda sebagai inner untuk dress. Penampilan langsung chic seketika.

5. Sepatu

memorandum

Sepatu tertutup. (Sumber: memorandum.com)

Untuk urusan sepatu, pilihlah yang tertutup. Jika wanita ingin mengenakan heels, jangan sampai terlalu tinggi hingga membuat Anda tidak nyaman. Kira-kira 3-5 cm bisa jadi pilihan yang aman.

businessinsider

Sepatu tertutup untuk wawancara. (Sumber: businessinsider.com)

Jangan lupa dilap dan semir dulu ya supaya ‘kinclong’.

6. Aksesoris

be-dapper

Aksesoris pria untuk wawancara. (Sumber: be dapper)

polyvore

Aksesoris untuk wanita. (Sumber: polyvore)

Agar tidak terlalu plain, Anda boleh menambahkan aksesoris sebagai pelengkap tampilan. Jangan sampai terlalu berlebihan ya, karena bisa merusak penampilan. Misalnya, gunakan scarf berwarna manis, atau dasi bermotif unik yang warnanya tidak terlalu mencolok.

7. Senyum

wawancara kerja - senyum

Senyum akan memberi kesan pertama yang baik. (Sumber: filipinojournal)

Jika head to toe sudah sempurna, terakhir, jangan lupa beri senyum terbaik Anda!

Ingat, berpakaianlah sewajarnya, jangan sampai terlalu terbuka. Say no to t-shirt/polo shirt dan jeans ya! Untuk riasan, tidak perlu terlalu heboh, yang penting Anda terlihat segar dan tidak kusam. Buat perekrut terkesima melihat Anda mulai dari pandangan pertama! Good luck! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.