Ruangguru Blog

    13 Hal yang Sering Terlupakan untuk Bilang "Terima Kasih Ibu"

    By Ruangguru writer · Dec 14, 2016

    Smart buddies, ibu telah mengandungmu semua selama 9 bulan dan membesarkanmu tanpa pamrih. Seringkali ibu adalah sosok penyelamat. Di dekat ibu, seorang anak pasti akan merasa nyaman dan tenang. Banyak sekali jasa seorang ibu bagi anak-anaknya. Di antara sekian banyak jasa yang telah ibu lakukan kepada kita, seringkali kamu lupa berterima kasih kepada mereka. Berikut ini adalah 13 hal yang sering lupa kamu ucapkan terima kasih kepada ibu. Simak yuk.

    Ibu berperan ganda

    Ibu seringkali memiliki peran ganda dalam kehidupanmu. Bisa menjadi ibu, sahabat, penata gaya, perias, dan lain-lain di saat yang bersamaan. Coba kamu ingat-ingat lagi siapa yang suka mengepang rambutmu atau memilihkanmu baju untuk datang ke suatu acara?

    Ibu selalu memaafkan kita apabila kita lupa mengabarinya

    Seorang ibu pasti merasa khawatir apabila anaknya tidak berada di rumah. Kamu tentu tidak akan mengerti betapa khawatirnya ia jika kamu tidak mengabari kondisimu. Ibumu bisa sampai tidak dapat tidur, lho. Namun, ia selalu memaafkan hal tersebut dan tetap memelukmu saat kamu tiba di rumah.

    Mendengarkan segala curhat kita

    terima kasih ibu Ibu yang selalu bersedia mendengar curahan hati anak. (Sumber: sheknows.com)

    Saat tidak ada lagi yang bisa kamu ajak curhat, ibu kamu adalah orang yang akan selalu siap sedia mendengarkan segala keluh kesahmu. Bukan hanya menjadi pendengar yang baik, ibu juga bisa memberi solusi terbaik untukmu. Ibu memang orang yang paling mengerti anaknya.

    Menjadi sosok yang menginspirasi

    Cara ibu dalam menjalani hari-harinya dan menyelesaikan beragam permasalahan sering kali menjadi inspirasi bagi anak-anaknya. Tidak heran apabila beberapa orang mengidolakan ibunya sendiri. Tanpa disadari kadang kamu pun mengikuti cara ibumu dalam melakukan sesuatu.

    Memiliki kecakapan yang luar biasa dalam mengasuh kita dan melakukan tugas lainnya

    terima kasih ibu Ibu yang cakap dalam segala hal. (Sumber: m-hertsandessexobserver.co.uk)

    Tugas ibu tidak hanya mengasuh kamu. Ada banyak hal yang juga ia kerjakan. Dari mulai memasak, menyetrika baju, mengantar-jemput kamu ke sekolah, membantumu mengerjakan PR Matematika, sampai berbelanja. Meski banyak hal yang harus diurus, ibu selalu bisa menyelesaikan semuanya dengan amat baik.

    Saat kita meminta bantuannya mencarikan barang yang hilang

    Kamu pasti pernah kebingungan mencari suatu barang milikmu. Kemudian, hanya ibu kamu yang bisa menemukannya. Ibu biasanya adalah orang yang paling teliti di rumah. Saat ibumu berhasil menemukan barangmu yang hilang, apakah kamu mengucapkan terima kasih kepadanya?

    Untuk segala hal yang telah ia belikan untuk kita

    terima kasih ibu Ibu membelikan banyak hal untuk anak. (Sumber: care.com)

    Ibu rela memberikan apa pun yang diinginkan oleh anaknya. Misalnya saat kamu berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, kamu melihat sebuah baju yang kamu sukai. Meskipun kamu tidak benar-benar membutuhkannya, biasanya seorang ibu akan senang jika ia dapat membelikan barang yang kamu sukai.

    Semua makanan di rumah

    Jika kamu pernah merasakan berada jauh dari rumah, kamu pasti tahu betapa nikmatnya berada di rumah. Terutama karena kamu bisa makan apa saja di rumahmu. Masakan ibu memang masakan yang paling enak dan sesuai dengan seleramu.

    Memberikan kita saudara kandung

    terima kasih ibu Ibu dan saudara kandung. (Sumber: everafterportraits.com)

    Ibu telah melahirkan kakak dan adik kandung untukmu. Dengan begitu, kamu jadi memiliki teman bermain dan bercerita. Meskipun kadang kamu bertengkar dengan saudara kandungmu, tetapi mereka adalah orang-orang terdekatmu yang paling kamu sayangi.

    Melahirkan kita ke dunia

    Tentunya kamu harus berterima kasih karena ibumu telah berjuang melahirkan kamu ke dunia ini. Perjuangan seorang ibu saat melahirkan itu pertaruhan hidup dan mati, lho. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh durhaka kepada ibumu, ya smart buddies.

    Selalu menyemangati kita

    Selama hal-hal yang kamu lakukan positif, ibumu pasti akan mendukung. Saat kamu mengalami kegagalan, ibu kamu akan terus membesarkan hatimu dan memberi semangat. Apa pun yang terjadi, ibumu akan selalu ada untukmu.

    Telah mengantar jemput kita sekolah dan melakukan kegiatan lainnya

    Ibu mengantar anak ke sekolah. (Sumber: dailymail.co.uk) Ibu mengantar anak ke sekolah. (Sumber: dailymail.co.uk)

    Siapa yang mengantar kamu beraktivitas sehari-hari? Sebagian besar dari kamu mungkin diantar oleh ibu. Baik ke sekolah ataupun ke tempat les. Ibu juga selalu berusaha untuk hadir dalam acara-acara pentingmu. Dari mulai perayaan hari ulang tahunmu sampai acara pentas di sekolah.

    Karena sudah melakukan yang terbaik yang ia bisa lakukan

    Ibu mungkin bukanlah sosok yang sempurna, tetapi percayalah bahwa ia selalu melakukan yang terbaik yang ia bisa untukmu. Kadang ada hal-hal yang sebenarnya tidak bisa ia lakukan, tapi ia berusaha sebaik mungkin untuk membahagiakanmu. Ibumu ingin agar kamu bisa menjadi lebih baik dan lebih hebat dari dirinya sendiri.

    Smart buddies, itu dia 13 hal yang kadang kamu lupa untuk ucapkan terima kasih kepada ibumu. Di hari ibu ini, jangan lupa untuk berterima kasih kepada ibumu ya. Kamu juga bisa memberikan perhatian lebih dengan membelikannya hadiah. Jadilah anak yang membanggakan karena #DidikanIbu :) Apa hal yang paling kamu sukai dari ibumu? Coba ceritakan di kolom komentar ya. Bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: fun facts

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!