7 TED Talks Ini Memberikan Ide Dobrakan untuk Pendidikan!

7 TED Talks Ini Memberikan Ide Dobrakan untuk Pendidikan!

TED Talks selalu menginspirasi banyak orang dengan berbagai gagasan dari pembicara-pembicara di seluruh dunia. Kali ini kami menghadirkan beberapa gagasan menarik yang pernah dirangkum dalam TED Ed, bagian khusus gagasan pendidikan. Gagasan-gagasan ini relatif unik dan memberi dorongan untuk melakukan dobrakan di dunia pendidikan. Simak 7 diantaranya :

1. Geoffrey Canada : Our Failing Schools, Enough is Enough!

Photo by PBS

IDE : Lihat data, pikirkan siswa!

Dr. Geoffrey Canada memberikan sebuah analogi unik tentang bagaimana kita tidak benar-benar mengembangkan pendidikan sejak 50 tahun lalu. Beliau membandingkannya dengan bank pada masa lampau yang hanya buka pada jam 10 pagi sampai 3 sore, hingga orang sadar tidak ada orang yang butuh bank yang bisa ke bank di rentang waktu itu. Begitu juga dengan sistem pendidikan, tidak ada yang benar-benar diperbaiki, hingga kegagalan terus menerus dialami anak.

2. Susan Cain: The Power of Introverts

Photo by TED

IDE : Berikan waktu untuk bekerja sendiri, bukan hanya bekerja kelompok

Susan Cain percaya bahwa sekolah sekarang hanya memfasilitasi orang-orang ekstrovert, atau malah mendorong orang untuk menjadi extrovert, dengan terlalu banyaknya sistem bekerja kelompok untuk penyelesaian masalah. Padahal, ada potensi dalam penyelesaian masalah seorang diri, yang tidak bisa dilakukan dengan belajar kelompok, terutama oleh orang introvert. Susan mengelaborasi hal itu dan berharap diberlakukan pula sistem yang bisa mendorong perkembangan dari kekuatan orang introvert.

3. Margaret Heffernan: Dare to Disagree

Photo by wbur.org

IDE : Mengajarkan anak cara berdebat

Margaret Heffernan menjelaskan bahwa kemampuan membuka pikiran dengan menyelesaikan konflik atau tantangan ada kunci dari kemajuan seseorang. Masalahnya, kita cenderung menghindari konflik, walaupun sebatas perbedaan pendapat kecil. Oleh karena itu, beliau menjelaskan bahwa sejak kecil orang harus dilatih untuk menyampaikan pernyataan dan mempertahankannya, dengan tetap membuka pikiran terhadap argumen lain.

4. Carl Honoré: In Praise of Slowness

Photo by TED

IDE : Hapuskan pekerjaan rumah (atau permudah)

Carl Honore merasa semakin lama kita semakin banyak memberikan beban kepada siswa dengan pekerjaan rumah, sedangkan waktu semakin sedikit. Terlalu banyak pekerjaan rumah akan menghabiskan waktu anak dan tidak memberi mereka kesempatan untuk melakukan eksplorasi untuk dunia di luar sekolah, serta dalam menjalani hidup ini sendiri. Ia pun mengusulkan untuk mengurangi porsi pekerjaan rumah, atau bahkan menghapusnya!

5. Jarrett J. Krosoczka: How a Boy Became an Artist

Photo by TED

IDE : Menggambar membantu anak mengontrol emosi

Jarrett Krosoczka bercerita tentang bagaimana ia menggambar dan menulis untuk melewati masa kecilnya dengan baik, bahkan saat ditimpa masalah berat sekalipun. Ia memberi sugesti untuk memberikan waktu untuk anak menggambar, agar bisa melatih dirinya untuk kreatif mengutarakan perasaan dan menyelesaikan masalah.

6. Dave Eggers’ wish: Once Upon a School

Photo by TED

IDE : Multitasking untuk pendidikan yang lebih baik

Dave Eggers memberikan sebuah ruang khusus bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan baik dalam seni bahasa — menulis, bercerita, dll — untuk menjadi tutor atau guru bagi anak sekolah, yang bisa dikerjakan di waktu sekolah sudah selesai. Hal ini dapat mengatasi kepadatan yang terlalu besar di sekolah, terutama dalam hal perhatian terhadap siswa.

7. Stuart Firestein: Celebrate Ignorance

Photo by TED

IDE : Jangan hanya ajarkan jawaban — ajarkan pertanyaan!

Di TED2013, Dr. Firestein mengungkapkan pentingnya mendorong anak untuk lebih banyak bertanya, daripada mencekoki mereka dengan fakta yang sudah ada, yang bisa mereka hafal dan ulang-ulang sendiri.

Smart Buddies, itulah 7 TED Talks yang memberi inspirasi dengan ide-ide untuk dunia pendidikan. Bagaimana? Kamu punya ide atau tanggapan? Sampaikan di kolom komentar ya!

Sumber : TED.com

You may also like...

2 Responses

  1. indonesia banking school says:

    Sangat-sangat memberi inspirasi dengan ide-ide untuk dunia pendidikan.
    dan saya baru paham kalau menggambar dapat mengontrol emosi.

    Terimakasih inspirasinya..

  2. Rizki Martha Nisrina says:

    Very good.. 👍👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.