Informasi Terkini Mengenai SBMPTN dan SNMPTN 2017 | Blog Ruangguru

Informasi Terkini Mengenai SBMPTN dan SNMPTN 2017

Halo, smart buddies! Sudah sejauh apa persiapanmu untuk menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Hayo, masih ada yang bingung apa bedanya SNMPTN dan SBMPTN? Apa saja sih syaratnya mengikuti SBMPTN dan SNMPTN 2017? Kapan jadwalnya? Ruangguru.com akan mengulasnya khusus untuk smart buddies. Keep reading :)

SNMPTN 2017 - Suasana SBMPTN

Suasana SBMPTN. (Sumber: infosbmptn)

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN. Seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor siswa. Bagi siswa SMA/MA/SMK yang masa belajarnya 3 tahun, dimulai dari kelas X semester 1 hingga kelas XI semester 1. Kemudian, SMK yang masa belajarnya 4 tahun, mulai dari semester 1 sampai 7. Juga, didukung portofolio akademik lainnya yang menunjang. Nah, SNMPTN ini juga dikenal dengan seleksi jalur undangan. Mengapa? Dikarenakan khusus untuk siswa terbaik yang bisa menunjukkan konsistensi dan prestasi akademik yang baik. Hayoo, kira-kira kamu termasuk nggak nih, smart buddies?

Kalau kamu tidak mendapat undangan di sekolah, maka kamu bisa mengikuti seleksi nasional lainnya, yaitu SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pola seleksinya berdasar pada hasil ujian tertulis calon mahasiswa. Dengan kata lain, kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan. Beberapa jurusan juga menyertakan ujian keterampilan lho selain ujian tertulis. Seleksi jenis ini dianggap memiliki banyak keuntungan dan keunggulan baik bagi para peserta, PTN, maupun kepentingan sosial. Nah, bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah. Apabila hasil seleksi dari calon mahasiswa baru sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh panitia pelaksana, maka dinyatakan lulus.

SNMPTN 2017 - Kartu peserta

Kartu peserta. (Sumber: bandungekspress.co.id)

Mohamad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi  telah resmi meluncurkan kegiatan SNMPTN dan SBMPTN 2017. Dijadwalkan, SNMPTN mulai pada 14 Januari dan SBMPTN 11 April 2017.

Untuk alokasi daya tampung, SNMPTN dan SBMPTN paling sedikit 30 persen (sebelumnya 40 persen), sedangkan Seleksi Mandiri paling banyak 30 persen. Dengan kebijakan tersebut, diharapkan bisa merata untuk seluruh anak Indonesia, dari Papua sampai Aceh.

Ravik Karsidi, Ketua SNMPTN dan SBMPTN menjelaskan sebuah ketentuan baru. Untuk seleksi SNMPTN pertimbangannya mengacu pada hasil ujian nasional dan kesempatan siswa terbaik berdasarkan akreditasi sekolah. Sebanyak 50 persen untuk akreditasi A, 30 persen akreditasi B, 10 persen untuk akreditasi C, dan akreditasi 5 persen. Sementara itu, untuk SBMPTN, pelaksanaan seleksi berdasarkan ujian tertulis dalam bentuk Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT). Atau, dengan kombinasi hasil ujian tertulis serta ujian keterampilan.

Ravik melanjutkan, CBT pada SBMPTN sudah ditetapkan target sebanyak 30 ribu, di mana tahun sebelumnya adalah 2.550. Tahun ini, ada 85 perguruan tinggi yang akan ikut SNMPTN dan SBMPTN.

Jadwal jadi suatu hal penting yang harus kamu ketahui sebagai calon mahasiswa nih, smart buddies. Dengan mengetahui jadwal tersebut, kegiatan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN bisa kamu jalankan sesuai dengan waktunya. Simak dan catat baik-baik ya jadwalnya!

SNMPTN 2017 - Ruangguru

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2017

Trivia:

Bagi yang diterima SNMPTN, jadwal daftar ulang bersamaan dengan hari tes SBMPTN. Well, hal ini dilakukan agar calon mahasiswa yang sudah diterima melalui jalur undangan tidak membatalkan secara sepihak terhadap pilihannya tersebut. Makanya, pastikan kamu tidak asal pilih dalam menentukan jurusan dan PTN dalam seleksi undangan ya, smart buddies. Ketika nanti diterima, itu akan jadi hadiah terindah untukmu. Pssst, untuk biaya, peserta tidak dikenakan sepeser pun ya.

Kuota minimal untuk jalur SNMPTN 2017 menurun dibanding tahun lalu, dari 40 persen menjadi 30 persen. Jika PTN A punya jatah untuk 100 mahasiswa baru, maka setidaknya 30 di antaranya untuk yang masuk melalui jalur SNMPTN. Bisa lebih dari 30 kursi, namun tidak boleh sampai kurang dari angka tersebut. Berapa banyak jatah kursi yang ditawarkan masing-masing jurusan untuk SNMPTN? Kamu bisa cek ke situs resmi SNMPTN langsung ya, smart buddies.

Nah, sekarang kita beralih ke SBMPTN. Catat dan simpan baik-baik nih jadwalnya.

SNMPTN 2017 - Ruangguru

Jadwal pelaksanaan SBMPTN 2017.

Trivia

Kuota SBMPTN minimal 30 persen dari total kursi yang tersedia untuk mahasiswa baru. Kuota ini boleh dilebihkan, tapi tidak boleh dikurangi. Untuk mengetahui berapa banyak daya tampung jurusan yang diimpikan, kamu bisa lihat di situs resmi SBMPTN ya.

Berbeda dengan SNMPTN, kalau SBMPTN setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar 200.000 rupiah.

Hasil SBMPTN ada juga yang akan dipakai untuk jalur Mandiri seperti SIMAK UI atau UTUL UGM. Akan tetapi, beberapa universitas memilih untuk menggunakan nilai SBMPTN sebagai penentu. Dengan demikian, tidak perlu tes-tes lagi deh. Salah satu universitas yang mulai menerapkan hal tersebut pada ujian mandirinya adalah Universitas Airlangga.

Beberapa PTN juga mengadakan seleksi masuk sendiri yang tidak hanya menyediakan jalur reguler. Masih ada jalur paralel, vokasi, dan kelas internasional, seerti SIMAK UI atau UTUL UGM. Akan tetapi, beberapa universitas memilih untuk menggunakan nilai SBMPTN sebagai satu-satunya penentu. Dengan demikian, tidak perlu tes-tes lagi deh. Salah satu universitas yang mulai menerapkan hal tersebut pada ujian mandirinya adalah Universitas Airlangga.

Nah, demikian dulu informasi terkini seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017. Persiapkan dirimu sebaik mungkin dari sekarang yuk, smart buddies! Perbanyak mengerjakan latihan soal, konsultasi dengan guru, jaga kesehatan, dan jangan lupa berdoa! Cheers! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

12 Responses

  1. Risda Adriana says:

    Jika telah lulus SNMPTN, apa tidak bisa lagi mendaftar SBMPTN???

  2. Ahmad Farhan says:

    Terimakasih banyak atas informasinya, min :)

  3. Lani Analies says:

    Kak verifikasi aka daftar ulang snmptn dibarengin sama sbmptn sejak tahub berapa? Kira2 2018 gitu juga nggak ya. Terimakasih banyak atas infonya

    • Halo, Lani Analies! Semenjak 2011, pendaftaran ulang SNMPTN dan ujian tulis SBMPTN diadakan pada hari yang sama. Mengenai skema 2018, pantau selalu informasinya di sini ya. Semangat mempersiapkan! :)

  4. Nikolaus says:

    Permisi,,, saya kan telah diterima di SBMPTN,, tetapi saya ingiin membatalkan/menolaknya,,, dengan alasan tidak sesuai dengan jurusan… apakah sekolah sayaakan kena blacklist??

  5. Sean says:

    My brother suggested I might like this website.
    He was entirely right. This post actually made my day.
    You can not imagine simply how much time I had spent for this
    info! Thanks!

  6. Kanita says:

    Hay, saya kan skrg kelas 3 SMA dan saya masih bingung. Bagaimana kalau kita daftar lewat snmptn ke universitas misal A ternyata keterima, tapi kita mau ikutan sbmptn di universitas B, apakah tidak apa2 ?

    • Ruangguru says:

      Halo Kanita,

      Jika kamu diterima oleh universitas A melalui jalur SNMPTN, pasti ada masa waktu untuk kamu segera melakukan konfirmasi registrasi ulang atau tidak.
      Kalau memang kamu tidak mau menerima penawaran tersebut, itu pilihanmu untuk mengikuti SBMPTN dan mendaftar universitas B.
      Semoga paham ya :)

  7. Rina says:

    Mau tanya kak anak saya kebetulan kls 12 dan bersekolah di afrika selatan..apakah nanti klo pulang dan ingin melanjutkan ke ptn harus mengikuti ujian persamaan. Tksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.