Ingin Belajar Sesuatu yang Baru? Cek 7 Sekolah Kejuruan Unik Berikut Ini!

Hai, smart buddies! Bagaimana Ujian Nasional kemarin? Semoga hasilnya memuaskan ya. Smart buddies kelas IX SMP, adakah yang mau melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Bila Sekolah Menengah Atas (SMA) hanya terdiri dari tiga peminatan (IPA, IPS, Bahasa), kamu mendapat lebih banyak pilihan di SMK. Selain itu, pendidikan SMK juga menekankan keterampilan sehingga kamu akan banyak bertemu kegiatan praktik. Meskipun begitu, siswa SMK juga berkesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi kok. Psst, para lulusan SMK banyak dilirik industri besar lho.

Hilangkan bayanganmu mengenai anak SMK yang hanya mahir memperbaiki mesin-mesin motor ya. Selain jurusan otomotif, beberapa sekolah berikut ini memiliki beragam program pendidikan kejuruan yang menarik. Stay tuned!

1. SMK Negeri 3 Denpasar

Perkembangan industri pariwisata Bali yang pesat menuntut kesiapan sumber daya manusia juga. Oleh karena itu, SMK Negeri 3 Denpasar menyediakan program kejuruan untuk mendukung bidang hospitality. Beberapa di antaranya:

  •         Pariwisata
  •         Tata Busana
  •         Tata Boga
  •         Tata Rias

Berbagai fasilitas pun tersedia untuk menunjang proses belajar mengajar. Ada sebuah hotel training yang biasa digunakan untuk berbagai praktik kompetensi. Dalam hotel itu juga terdapat beberapa tipe kamar, ruang salon, hingga restoran. 

SMK - Hasil fruit carving siswa SMK N 3 Denpasar Hasil fruit carving siswa SMK N 3 Denpasar.

 2. SMK Negeri 5 Yogyakarta

Cikal bakal dari sekolah ini berawal dari inisiatif para tokoh seni lukis Jogja untuk menyiapkan kader di bidang seni lukis. Sebelum beralih nama menjadi SMK, sekolah ini dikenal dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK). Coba cermati daftar program jurusan berikut ini!

  •         Animasi
  •         Desain Komunikasi Visual
  •         Desain dan Produksi Kriya Tekstil
  •         Desain dan Produksi Kriya Kulit
  •         Desain dan Produksi Kriya Keramik
  •         Desain dan Produksi Kriya Logam
  •         Desain dan Produksi Kriya Kayu

Eits, jangan salah! Daftar di atas bukan nama-nama jurusan kuliah lho. Program-program tersebut dapat kamu temui di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Masih mengira SMK hanya anak-anak yang belajar mengenai otomotif dan elektronika?

Soal masa depan? Tak perlu khawatir. Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sedang giat-giatnya memajukan ekonomi kreatif sebagai sektor ekonomi yang produktif menyumbang pendapatan domestik bruto (PDB). Bahkan, lansiran dari publikasi ekonomi kreatif 2016 oleh BPS menyebutkan bahwa ekonomi kreatif mengalami peningkatan rata-rata 10,14 % dari tahun 2010-2015. 

 SMK - Poster acara pameran tugas akhir SMK N 2 Depok Poster acara pameran tugas akhir SMK N 5 Yogyakarta. (Sumber: ketjilbergerak.com)

3. SMK Negeri 29 Jakarta

Awalnya, gedung sekolah ini mengambil bagian pada ruang hangar pesawat udara Kemayoran Jakarta pada 1954. Sejak berdirinya, SMK Negeri 29 Jakarta merupakan sekolah dengan kelompok kejuruan teknologi industri udara. Jangan heran kalau kamu akan langsung praktik dengan mesin-mesin pesawat ya. 

SMK - Siswa-siswi SMK N 29 Jakarta di tengah hangar

Siswa-siswi SMK N 29 Jakarta di tengah hanggar

Berikut program jurusan yang bisa kamu pilih:

  •         Airframe & Powerplant
  •         Electrical Avionic
  •         Elektronika Industri
  •         Teknik Pendingin dan Tata Udara

Oh ya, sekolah ini juga menerapkan pendidikan semi militer. Tentunya selain menerima pendidikan teknik, kamu akan memeroleh gemblengan latihan fisik ya. 

4. SMK Negeri 5 Jember

Didirikan pertama kali dengan nama Sekolah Menengah Teknik Pertanian (SMTP), SMK Negeri 5 Jember siap menjadi pencetak kader-kader ahli di pertanian Indonesia. Beragam program kejuruan yang dibuka sekolah ini semua berfokus pada bidang pertanian. Dari Kimia Analis yang menyelidiki berbagai obat-obatan kimia yang diperlukan tanaman hingga Pengawasan Mutu untuk menjaga kualitas panenan. Tidak hanya dibekali berbagai teknik produksi pertanian, terdapat juga cara-cara pengolahan hasil pertanian. Berikut daftar jurusan lebih lengkap.

  •         Kimia Analis, Multimedia, Teknik Komputer Jaringan
  •         Mekanisasi Pertanian, Agribisnis Perikanan
  •         Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura
  •         Agribisnis Tanaman Perkebunanm, Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan
  •         Budidaya Ternak Unggas, Pengolahan Hasil Pertanian, Pengawasan Mutu

Berdiri di atas tanah seluas 8 hektar, sekolah ini digadang-gadang sebagai sekolah pertanian terluas di Indonesia. Laboratorium dalam dan luar ruangan tentunya digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Mencari sekolah yang mengizinkan kamu “berkotor-kotor ria di tanah”? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan masuk sekolah ini.

SMK - Belajar langsung sambil berkotor-kotoran Belajar langsung sambil berkotor-kotoran.

 5. SMK Negeri 2 Kasihan

Tahukah kamu, SMK Negeri 2 Kasihan ini merupakan satu-satunya sekolah musik klasik di Indonesia? Dikenal dengan nama Sekolah Menengah Musik (SMM), sekolah ini berdiri atas inisiatif pemain musik keraton yang terbiasa memainkan orkestra barat. Smart buddies ingin serius mempelajari musik sedari awal? Coba tengok program kejuruan di SMK Negeri 2 Kasihan, Yogyakarta ini!

  •         Vokal, Flute, Oboe, Klarinet, Saxophone
  •         Corno/Horn, Trompet, Trobone, Tuba, Cello
  •         Piano, Gitar, Perkusi, Biola, Biola Alto, Contra Bass

Siswa akan diarahkan untuk mengambil jurusan satu alat musik tertentu. Setiap tahun, tidak banyak lho kuota untuk masing-masing alat musik. Jumlah ini disesuaikan dengan kebutuhan tiap instrumen untuk membentuk orkestra secara penuh.

SMK - Penampilan orkestra SMK N 2 Kasihan Penampilan orkestra SMK N 2 Kasihan. (sumber: smmyk.sch.id)

 Tidak hanya sebagai pendidikan, orkestra SMK Negeri 2 Kasihan merupakan penyaji musik orkestra di Istana Negara Jakarta dalam rangka peringatan detik-detik proklamasi. Tak hanya itu, siswa yang ingin melakukan pertunjukkan musik non orkestra juga didukung penuh oleh pihak sekolah. Seperti Bekereng Percussion Concert #4 Popvolution, ajang yang diadakan baru-baru ini (13/05) memberi panggung siswa perkusi untuk unjuk gigi. 

6. SMK Negeri 1 Cimahi

Program jurusan yang tersedia:

  •         Kontrol Mekanik, Kontrol Proses, Pertelevisian
  •         Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Elektronika Industri
  •         Teknik Elektronika Komunikasi, Teknik Komputer Jaringan
  •         Teknik Otomasi Industri, Teknik Pendinginan dan Tata Udara
  •         Teknik Produksi dan Penyiaran Program

Sekilas, daftar di atas menunjukkan jurusan-jurusan tipikal SMK pada umumnya. Namun bila diperhatikan lebih dekat di beberapa jurusan, hanya SMK Negeri 1 Cimahi yang membuka program kejuruan tersebut di Indonesia. Sebut saja Kontrol Mekanik dan Kontrol Proses. Sementara kebutuhan ahli di bidang-bidang ini sedang meningkat guna mendongkrak industri dalam negeri. Smart buddies bisa bayangkan betapa cerah prospek lulusan ini di masa mendatang? 

 SMK - SMK Negeri 1 Cimahi SMK Negeri 1 Cimahi

Didirikan pada tahun 1977, sekolah ini dulu dikenal sebagai Sekolah Teknik Menengah (STM) Pembangunan Bandung. Fyi, sekolah ini merupakan salah satu SMK yang menerapkan program pendidikan kejuruan selama 4 tahun. Nantinya, lulusan SMK Negeri 1 Cimahi ini memperoleh ijazah setingkat D1 hasil kerja sama dengan Politeknik  Manufaktur (POLMAN) Bandung. 

7. SMK Negeri 36 Jakarta

Siapa yang masih ingat dengan Popeye si pelaut? Apakah smart buddies bercita-cita menjadi seorang pelaut juga? SMK Negeri 36 Jakarta ini salah satu sekolah yang menyediakan program kejuruan berbasis pelayaran dan perikanan. Coba simak daftar jurusan berikut ini!

  •         Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Agribisnis Perikanan
  •         Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Kapal Penangkap Ikan
  •         Teknik Permesinan, Teknik Alat Berat, Teknik Kendaraan Ringan

Mulai dirintis pada 1968, sekolah ini berdiri dengan nama Sekolah Teknik (ST) Negeri 12 Perkapalan. Pernah bernama sebagai STM Negeri 9, kini SMK Negeri 36 Jakarta memiliki misi sebagai pusat pendidikan kelautan di Indonesia.

SMK - Siswa SMK N 36 Jakarta dengan seragam kebanggaannya Siswa SMK N 36 Jakarta dengan seragam kebanggaannya. (Sumber: smkn36jkt.sch.id)

 Apakah penjelasan Ruangguru kali ini cukup membuka pandanganmu mengenai SMK? Tenang, anak SMK juga bisa kuliah kok. Ingat ya, bukan hanya tempat yang menentukan kesuksesan kamu. Jadi mantapkan niat dan kobarkan semangat karena banyak cara dapat ditempuh untuk membuat #BelajarJadiMudah

Ruangguru writer