Ingin Kuliah Tanpa Biaya? Kemenkeu Sediakan 5.000 Beasiswa LPDP Untukmu! | Blog Ruangguru

Ingin Kuliah Tanpa Biaya? Kemenkeu Sediakan 5.000 Beasiswa LPDP Untukmu!

Kabar baik bagi kamu pemburu beasiswa nih, smart buddies! Program beasiswa dalam dan luar negeri sepanjang 2017 ini telah disiapkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk putra-putri bangsa. Di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Layanan Umum (BLU) mengelola dana sebesar Rp 22,5 triliun yang dialokasikan untuk mendanai sekolah gratis tersebut.

Eko Prasetyo selaku Direktur Utama LPDP mengungkapkan bahwa pihaknya berencana memberangkatkan lima ribu penerima beasiswa di tahun ini. Dalam setahun, LPDP membuka proses seleksi sebanyak empat kali di beberapa kota. Pendaftar tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Hal ini disampaikan beliau seusai pembukaan LPDP Edufair 31 Januari lalu di Gedung Dhanapala, Jakarta.

beasiswa LPDP - Ruangguru

Untuk perguruan tinggi luar negeri, yang selama ini menjadi negara tujuan favorit adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, dan Cina. Namun, sekarang banyak pula yang berminat ke Eropa karena program yang ditawarkan sangat menarik. Dari 10.406 penerima beasiswa yang masih menjalankan masa studi, jumlah yang kuliah di dalam negeri tetap lebih banyak ketimbang luar negeri, yaitu 5.675 orang. Umumnya, perguruan tinggi yang diminati oleh beasiswa LPDP di dalam negeri yang berakreditasi A.

Sri Mulyani selaku Menkeu mengatakan bahwa total dana yang dikelola LPDP sejak 5 tahun lalu mencapai 22,5 triliun hingga saat ini. Program beasiswa ini dibiayai dari penerimaan pajak seluruh masyarakat Indonesia. Dana ini merupakan hasil kolekan rupiah demi rupiah dengan susah payah, dan diberikan dengan senang hati pada anak Indonesia yang punya ambisi membangun Indonesia ke depan. Anggaran sebanyak ini tidak langsung untuk dihabiskan, melainkan investasi dengan bunga yang dimiliki untuk bisa menyekolahkan anak-anak.

Dalam Nawa Cita Presiden Jokowi, solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia adalah pendidikan. Nah, dalam mewujudkan cita-cita tersebut, LPDP dibentuk sejak 5 tahun lalu dengan satu tujuan investasi di sumber daya manusia.

beasiswa LPDP - Sri Mulyani

Sri Mulyani. (Sumber: cewekbanget.id)

Sri Mulyani mengakui bahwa untuk dapat mewujudkan Nawa Cita ini jelas tidak mudah, karena bukan hanya perkara uang. Sejak LPDP didirikan dengan anggaran Rp 1 triliun, mereka ingin menjaring anak-anak muda Indonesia yang punya kemampuan di bidang akademik, namun tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Di situlah beasiswa sangat diperlukan.

Bisa menyekolahkan putra-putri Indonesia ke sekolah dan universitas terbaik di dunia adalah cita-cita mulia sang Menkeu. Hal ini sudah diaplikasikan negara lain lebih dulu, terutama di ASEAN. Dengan demikian, Indonesia jelas perlu mengikuti jejak mereka.

Sri Mulyani berpesan pada para awardee LPDP, “Kalau jadi awardee, you are the different class of citizen,”. Menurutnya, para awardee adalah orang-orang terpilih yang mendapat fasilitas negara untuk melanjutkan studinya. “Itu 16.295 tidak banyak dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang 250 juta jiwa. Jadi beasiswa ini harus dirasakan sebagai pemihakan yang luar biasa, dan keberuntungan bagi penerima yang patut disyukuri,” tambahnya.

Psst, Dirut LPDP membocorkan 5 kiat sukses agar bisa tembus beasiswa LPDP. Apa saja?

beasiswa LPDP - Eko Prasetyo, Dirut LPDP

Eko Prasetyo, Dirut LPDP. (Sumber: primaradio.com)

1. Gigih

Peserta akan melalui sederetan seleksi panjang. Jadi, jika ingin lolos maka kamu harus gigih dan tekun menyiapkan semua, dari dokumen yang diperlukan, hingga menjalani proses seleksi. Mulai dari seleksi administratif, substansi melalui desk evaluasi, substansi melalui paparan, dan substansi melalui visitasi.

2. Be yourself

Yakin dan percaya akan diri sendiri wajib hukumnya. Jangan pernah terpikir untuk menggunakan jasa joki ya, smart buddies. Kamu pasti bisa kok jika persiapanmu sudah matang.

3. Kuasai Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar saat belajar di luar negeri. Jadi, pastikan kemampuan bahasa Inggrismu baik ya. Banyak-banyak latihan dan coba jalani berbagai cara agar fasih Bahasa Inggris.

4. Adaptif

Beberapa penerima beasiswa LPDP gugur di tengah jalan karena kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika hal ini terjadi, maka uang beasiswa yang diberikan harus dikembalikan pada negara. Sayang sekali, bukan? Oleh karena itu, banyak-banyak cari tahu mengenai budaya dan cara belajar di negara tujuan. Dengan demikian kamu lebih paham dan bisa menyesuaikan. Sekolah S1 dan S2 di luar negeri kan jelas beda dengan di Indonesia.

5. Letter of Acceptance (LoA)

Akan lebih baik jika kamu memiliki Letter of Acceptance (LoA) agar punya posisi tawar yang lebih tinggi. Cepat selesaikan kuliah, agar cepat juga memberikan return bagi negara. Kalau negara sudah menginvestasikan namun orang tersebut berlama-lama, maka rate of return-nya pun seakan jadi ikut turun. Tidak mau hal ini terjadi dong, smart buddies?

Baca tips lainnya juga yuk di sini. Tunggu apa lagi? Siapkan dirimu dari sekarang yuk! Selamat berjuang, smart buddies! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

4 Responses

  1. amelia says:

    Mnta info syarat dapat beasiswa ini dong minn..

  2. Aisyah says:

    cara buat ikut LPDP gimana ya,syarat yg ditentukan apa saja ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.