Ingin Melamar Kerja Tapi Kemampuan Bahasa Inggris Kurang Baik? Coba 5 Cara Ini! | Blog Ruangguru

Ingin Melamar Kerja Tapi Kemampuan Bahasa Inggris Kurang Baik? Coba 5 Cara Ini!

Dulu, bahasa Inggris belum sepenting sekarang, terutama di dunia kerja. Namun sekarang, memiliki kemampuan bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Kadang, para pelamar sungkan mengirim lamaran karena skill bahasa Inggris dirasa kurang. Nah, jangan berkecil hati dulu! Sebelum melamar kerja, asah dulu kemampuan bahasa Inggrismu dengan 5 cara menyenangkan di bawah ini!

#1. Manfaatkan media yang menyenangkan

kemampuan bahasa inggris

Foto: mikecanex

Film merupakan media yang dirasa paling tepat untuk belajar bahasa asing. Kamu bisa belajar listening dan pronounciation dari percakapan antar pemain. Pasti seru kan kalau kamu sambil mengikuti cara mereka berbicara. Coba ajak kakak/adik dan teman, akan jauh lebih fun!

Selain film, lagu juga dapat mengasah skill bahasa Inggrismu lho. Coba iseng-iseng dengarkan lagu tanpa baca liriknya. Catat di sebuah kertas, kemudian cocokkan dengan lirik aslinya. Kira-kira, banyak salahnya nggak ya? Jangan lupa artinya diterjemahkan agar perbendaharaan katamu semakin kaya.

kemampuan bahasa inggris

Foto: anglo-austrian.at

Kamu masih malas baca buku? Eits, kalau kamu tidak mulai membiasakan baca dari sekarang, ke depannya akan menyesal lho! Sudah sering kan, dengar pepatah ‘buku adalah jendela dunia’? Kamu juga memerlukan buku untuk belajar struktur Bahasa Inggris ini, smart buddies. Sangat membantu meningkatkan kemampuan reading dan writing lho! Jadi, mulai sekarang coba konsumsi banyak-banyak bacaan berbahasa Inggris yuk! Buku berbahasa Inggris memang tidak murah. Jangan sedih! Banyak sekali kok referensi e-book yang memudahkanmu mengakses bacaan berbahasa Inggris dari berbagai negara.

#2. Belajar privat

Belajar dengan ahlinya adalah salah satu solusi terbaik. Nah, menyiasatinya yaitu belajar dengan guru privat. Di sepanjang jalan kamu bisa menemukan banyak sekali brosur dan stiker yang menempel di tiang listrik atau gerbang menawarkan jasa guru privat. Tapi bagaimana cara memastikan bahwa guru tersebut benar-benar qualified dan bisa dipercaya?

kemampuan bahasa inggris

Di zaman yang serba maju ini, apa pun jadi lebih mudah lho! Coba cari guru privat Bahasa Inggris yang terdekat dengan lokasimu di Ruangguru.com deh. Berbekal laptop atau bahkan segenggam smartphone dan koneksi internet, kamu bisa menemukan guru privat berkualitas. Kamu bisa pilih sendiri lho guru mana yang akan mengajar kamu. Baca profilnya, lihat rating, testimoni, dan sesuaikan dengan budget kamu.

Ketika kamu sudah mendapat guru, coba berinteraksilah dengan Bahasa Inggris. Jadi, kamu tidak hanya memperdalam ilmu secara tulisan, namun juga lisan. Minta guru privatmu untuk rajin-rajin memberi latihan agar kamu semakin terlatih. Eits, latihan juga bisa berupa games kok, jadi tidak akan jenuh.

#3. Jadilah pengguna media sosial yang cerdas

kemampuan bahasa inggris

Foto: acc.nt.edu.au

Daripada media sosial hanya dipakai untuk ‘ajang’ berkeluh kesah dan pamer, mending coba untuk belajar. Gimana caranya? Coba cari akun media sosial dengan konten bahasa Inggris yang seru. Kamu bisa lihat konten video Youtube, Twitter yang isinya kosakata bahasa Inggris, dan sebagainya. Eits, jangan hanya menyimak konten-konten tersebut. Berikan feedback berupa komentar dan gunakan bahasa Inggris ya. Pastikan komentarmu positif dan tidak mengundang kontroversi ya.

#4. Pentingnya interaksi

Kunci sukses bisa bahasa Inggris itu sebenarnya adalah praktik. Coba mulai praktikkan jika bicara dengan siapa pun. Kalau kamu masih malu-malu, dimulai dari orang rumah juga tidak masalah. Mau cara yang lebih seru? Tantang teman-temanmu untuk chatting menggunakan Bahasa Inggris. Kalau yang banyak melakukan kesalahan, ada sanksinya. Bisa juga lho dengan mencoba “English Day”. Jadi, pada hari tertentu kamu dan lingkunganmu harus bercakap-cakap Bahasa Inggris. Tidak perlu takut salah dan dianggap sok ya, ini semua demi kebaikanmu juga. Kamu juga bisa coba permainan scrabble, find word games, once upon a time, dan lainnya jika sedang kumpul keluarga. Selain mengasah kemampuan Bahasa Inggris, permainan-permainan tersebut akan menambah kedekatanmu dengan saudara-saudaramu. Dengan cara-cara menyenangkan ini, pasti jadi cepat lancar dan rasa percaya diri juga meningkat.

#5. Mainkan!

kemampuan bahasa inggris

Foto: google play

Di waktu senggang, kamu bisa bermain game untuk refresh otak. Pada game, aturlah bahasa pengantarnya menjadi Bahasa Inggris. Kamu akan terlatih melihat istilah-istilah asing. Selain itu, kamu juga bisa coba game yang mengasah kemampuan Bahasa Inggris. Coba saja Grammaropolis Complete, Grammar Up, Grammar Phone, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 cara yang menyenangkan agar kemampuan bahasa Inggrismu meningkat. Rajin-rajin dipraktikkan ya, smart buddies! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Michelle says:

    Sangat bermanfaat😊 terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.