Ini Dia 5 Info Lomba Terbaru yang Wajib Kamu Ikuti! | Blog Ruangguru

Ini Dia 5 Info Lomba Terbaru yang Wajib Kamu Ikuti!

Selain berprestasi di sekolah, meningkatkan prestasi di luar sekolah juga penting lho smart buddies! Catatan prestasi yang kamu punya bisa jadi poin plus saat ingin masuk perguruan tinggi atau melamar pekerjaan. Selain itu, kamu juga dapat menambah pengalaman dan mengasah kemampuanmu lebih dalam lagi. Saat ini, ada banyak pilihan lomba di berbagai bidang yang dapat kamu ikuti. Berikut 5 di antaranya:

1. FIKSI 2017

Info Lomba - FIKSI 2017

(Sumber: olimpiade.psma.kemdikbud.go.id)

Apakah di antara smart buddies ada yang bercita-cita menjadi pengusaha? Kamu bisa mulai dari sekarang, nih! Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengadakan kompetisi bertajuk FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia). Lomba ini diadakan untuk memfasilitasi para siswa SMA/MA sederajat yang mempunyai minat dan bakat berwirausaha. Selain berkompetisi, para peserta yang terpilih juga akan diberikan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan lebih lanjut. Seru kan?

Ada enam bidang wirausaha yang dilombakan, yaitu; kerajinan, desain grafis, fashion, pengembangan aplikasi dan permainan interaktif digital (digital game), boga, dan usaha lainnya. Tidak usah takut kalau smart buddies belum memulai usahanya karena lomba ini dibagi menjadi 2 kategori. Yang pertama adalah Gagasan Wirausaha, di mana wirausaha masih dalam tahap ide atau penggagasan. Sedangkan yang kedua adalah Rintisan Usaha untuk wirausaha yang sudah dirintis minimal 6 bulan dan memiliki produk yang sudah dipasarkan.

Kalau kamu tertarik untuk ikut, bisa langsung lihat panduannya dan segera daftar di sini sampai tanggal 11 Juli 2017. Finalis yang terpilih nantinya akan mengikuti Expo Kewirausahaan di Bandung pada tanggal 11-16 September 2017.

2. OPSI 2017

Info Lomba - OPSI 2017

(Sumber: olimpiade.psma.kemdikbud.go.id)

Buat smart buddies yang duduk di bangku SMA/MA sederajat dan senang melakukan penelitian, jangan sampai tidak ikut OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) ya! Kompetisi ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, lho! OPSI diadakan untuk meningkatkan minat meneliti di kalangan pelajar.

Bidang lomba pada OPSI dikelompokkan menjadi 3, yaitu Sains dan Teknologi, Matematika dan Rekayasa, serta Ilmu Sosial dan Humaniora. Kalau mau ikut, kamu harus mengirimkan proposal penelitian terlebih dulu ke link ini paling lambat tanggal 1 Juli 2017. Untuk panduannya bisa dilihat di sini. Setelah panitia memberikan surat pernyataan bahwa proposal sudah diterima, kamu dapat langsung mengunggah laporan penelitian sampai tanggal 15 Agustus 2017.

Jika smart buddies terpilih menjadi finalis, nanti akan diundang ke Malang pada 9-14 Oktober 2017 untuk mempresentasikan hasil penelitian. Para pemenang OPSI 2017 juga berkesempatan untuk mengikuti lomba penelitian tingkat internasional, lho!

3. Lomba Cipta Lagu Anak 2017

Info Lomba - Lomba Cipta Lagu Anak

(Sumber: lomba.or.id)

Seperti yang smart buddies ketahui, lagu anak di Indonesia saat ini sudah semakin sedikit. Karena itu, dalam rangka Hari Anak Nasional tahun ini Yayasan Lentera Anak Bangsa Cerdas mengadakan Lomba Cipta Lagu Anak dengan tema ‘Aku Cerdas dan Berkarakter’. Dengan mengikuti lomba ini, kamu bisa ikut berkontribusi dalam kemajuan lagu anak Indonesia.

Lomba ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa batasan umur. Lagu yang diciptakan ditujukan untuk anak usia 6-12 tahun dengan durasi maksimal 5 menit. Untuk membaca panduan lengkap dan pendaftaran bisa dilakukan di sini. Jangan lupa ya, paling lambatnya tanggal 30 Juni 2017. Nanti akan dipilih 10 nominasi lagu yang akan ditampilkan di Hall Lippo Plaza, Yogyakarta tanggal 29 Juli 2017. Nah, tunggu apalagi? Buat smart buddies yang berminat dengan dunia tarik suara, yuk ikutan!

4. ASEAN Photo Contest and Video Bloggers Contest 2017

Lomba Terbaru - ASEAN Photo Competition

(Sumber: kemlu.go.id)

Info Lomba - ASEAN Vloggers Competition

(Sumber: kemlu.go.id)

Dalam rangka ulang tahun ASEAN ke-50 pada tahun 2017 ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengadakan 2 jenis lomba yang menarik untuk smart buddies ikuti, nih! Bertajuk ‘ASEAN Photo Contest and Video Blog Contest 2017’, lomba ini ditujukan untuk WNI berusia 15-30 tahun.

Untuk lomba foto, temanya adalah ‘ASEAN adalah Kita: Yang Muda yang Berkarya’. Para peserta harus mengunggah fotonya di Instagram dengan menyertakan judul karya, caption singkat, dan hashtag #ASEAN50, #50thASEAN, dan #ASEANadalahkita. Sedangkan untuk lomba vlog, temanya adalah ‘Aku dan ASEAN’. Video berdurasi maksimal 5 menit tersebut dapat diunggah ke youtube dengan hashtag #ASEANadalahkita dan #ASEAN50. Lalu, URL video dikirim ke email asean50tahun@gmail.com disertai subjek ASEAN Video Bloggers (Vloggers) Competition.

Foto dan vlog harus dikirim sebelum tanggal 30 Juni 2017. Informasi lebih lanjutnya bisa dilihat di sini. Psst, nantinya pemenang dari kompetisi ini berkesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ASEAN baik di dalam maupun luar negeri, lho! Asyik kan?

5. 2017 International Essay Contest for Young People

Info Lomba - Essay Contest

(Sumber: goipeace.or.jp)

Kalau smart buddies sudah sering mengikuti perlombaan di tingkat nasional, sekarang saatnya mencoba lomba di tingkat internasional. Sejak tahun 2000, The Goi Peace Foundation yang bermarkas di Jepang mengadakan International Essay Contest for Young People yang bisa diikuti para pemuda di seluruh dunia. Kompetisi ini juga merupakan salah satu program dari UNESCO Global Action Programme on Education for Sustainable Development.

Peserta dibagi menjadi 2 kategori yaitu Children dan Youth. Kategori Children untuk usia sampai dengan 14 tahun sedangkan Youth untuk usia 15-25 tahun. Tema yang diangkat tahun ini adalah ‘Learning from Nature’. Esai dapat ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Jepang. Batas pengumpulannya adalah tanggal 15 Juni 2017 melalui link ini. Juara pertama masing-masing kategori akan diundang ke Jepang pada bulan November 2017 untuk menerima penghargaan Minister of Education Award. Wow, menarik sekali ya!

Bagaimana, apakah ada lomba yang ingin smart buddies ikuti? Menang atau kalah dalam suatu perlombaan bukanlah masalah. Yang penting adalah tidak takut untuk mencoba dan pantang menyerah. Terus semangat untuk mengikuti lomba dan meningkatkan prestasi ya! (NF/DR)

You may also like...

26 Responses

  1. Ae says:

    Gaada lomba menulis cerpen kah? 😥

  2. Ela haris frianda says:

    Tidak ada olimpiade kimia kah?

  3. Intan mutia says:

    Wow saya akan mengikutinya

  4. Ika says:

    Di mana saya bisa mencari info2 lomba lainnya? Thx

  5. Putri says:

    Ga ada lomba yang bertema debat kah ?

  6. Harilla says:

    Ga ada lomba olimpiade ya??

  7. Tarisa says:

    Wow saya ingin ikut lomba ini ke lihatan nya seru

  8. revina muthia says:

    Gak ada lomba buat novel,cerpen atau olimpiade tingkat smp gitu ya??😢😢

  9. Raihan says:

    Lomba yg berhubungan dgn Bhs. Inggris ad ga? Yg BUKAN dlm waktu dekat

  10. Indira Prakoso says:

    Olimpiade biologi gaada yah?

  11. Jihan says:

    Lomba desain poster gak ada yaah?

  12. Hasna says:

    Saya mau nanya kalo baru lulus sma tapi saya sudah mendaftar kuliah dikategorikan siswa atau mahasiswa
    Dan apa saja lomba yg dpat diikuti oleh kategori itu?

    • Ruangguru says:

      Hi Hasna,

      Kamu berarti sudah diterima di universitas, kan?
      Kalau begitu status kamu sudah mahasiswa :)
      Silakan klik link ini ya, ada beragam lomba yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.
      Selamat mencoba!

  13. naya says:

    tidak ada lomba opsi tingkat smp kah ? klo ada saya ingin mencoba mengikuti nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.