Ini Dia 5 Pencemaran Lingkungan Terburuk! | Blog Ruangguru

Ini Dia 5 Pencemaran Lingkungan Terburuk!

Pencemaran lingkungan dapat terjadi dalam berbagai bentuk yang tidak kita duga. Smart buddies tahu apa saja pencemaran lingkungan terburuk yang pernah terjadi di dunia? Well, pencemaran lingkungan tentu memberikan dampak yang buruk untuk manusia, hewan, dan lingkungan di sekitarnya. Peristiwa pencemaran lingkungan biasanya terjadi akibat faktor human error atau kelalaian manusia. Yuk ketahui beberapa di antaranya agar dapat menjadi bahan pelajaran untuk kita. Keep scrolling smart buddies!

1. Tragedi Chernobyl

Smart buddies pernah dengar tragedi Chernobyl? Tragedi Chernobyl terjadi pada 26 April 1986 di kota Pripyat, Ukraina. Tragedi ini menjadi tragedi nuklir terbesar di dunia saat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl meledak. Ledakan tersebut melepaskan partikel radioaktif dalam jumlah besar ke atmosfer bumi yang kemudian menyebar ke wilayah sepanjang perbatasan Ukraina, Rusia, Belarusia, dan sejumlah negara di Eropa Utara.

pencemaran lingkungan - Kota hantu Pripyat setelah tragedi Chernobyl

Kota hantu Pripyat setelah tragedi Chernobyl (Sumber: konsciouskloud.com)

Tragedi Chernobyl merupakan insiden nuklir terburuk di dunia dinilai dari hal kerugian finansial dan juga korban jiwa. Ledakan reaktor nuklir Chernobyl menewaskan 32 orang dan puluhan lainnya menderita luka radiasi dalam beberapa hari pertama bencana terjadi.

Sejak tahun 1986-2000 atau selama 14 tahun, ada sebanyak 350.400 orang yang dipindahkan dari wilayah yang terkontaminasi. Chernobyl Forum memperkirakan terdapat hampir 4000 orang yang meninggal dunia akibat kanker atau penyakit lain terkait radiasi. Serem banget ya smart buddies. Semoga kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

2. Tragedi Gas Bhopal

Tragedi ini terjadi pada malam tanggal 3 Desember 1984, saat gas beracun bocor dari pabrik pestisida Union Carbide di Bhopal, India. Tragedi ini dikatakan sebagai kecelakaan industri terburuk sepanjang sejarah akibat banyaknya angka kematian dan dampak lingkungan yang ditimbulkan.

pencemaran lingkungan - Daftar korban tragedi Bhopal

Daftar korban tragedi Bhopal (Sumber: downtoearth.org.in)

Bencana ini menewaskan sekitar 2.000-8.000 orang dalam beberapa hari setelah bencana Bhopal. Sebagian besar merasa tercekik akibat menghirup gas, nyeri pernapasan, sakit mata, hingga pembengkakan otak sebelum kematiannya. Hampir 100.000 orang juga mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat paparan gas berkepanjangan di tahun-tahun setelah tragedi Bhopal.

3. Pencemaran Minyak Exxon Valdez

Pada 24 Maret 1989, kapal super tanker Exxon Valdez yang mengangkut 12 juta galon minyak mentah karam di perairan Alaska. Kapal tersebut karam dalam perjalanannya menuju Long Beach, California. Bayangkan saja smart buddies, akibat kejadian ini seluruh barel minyak yang dibawa oleh kapal tersebut tumpah dan mencemari perairan. Pencemaran ini menutupi perairan hingga 2.100 km dari garis pantai, yang meliputi wilayah seluas 28ribu km persegi.

pencemaran lingkungan - Petugas mengevakuasi burung yang terkena oil Exxon Valdez

Petugas mengevakuasi burung yang terkena oil Exxon Valdez (Sumber: newsela.com)

Peristiwa ini memang tidak berdampak langsung pada manusia, tetapi dampak pada hewan dan biota laut sangat parah. Lokasi karamnya kapal Exxon Valdez merupakan habitat dari ikan salmon, berang-berang laut, anjing laut serta burung laut. Akibat peristiwa ini lebih dari 250.000 ekor burung dan biota laut yang tidak terhitung jumlahnya mati. Perusahaan Exxon menghabiskan dana sekitar 2,1 miliar dolar untuk  membersihkan laut.

4. Peristiwa Three Mile Island

Tragedi ini terjadi di Harrisburg, ibukota negara bagian Pennsylvannia, Amerika Serikat pada 28 Maret 1979. Kecelakaan nuklir Three Mile Island disebabkan oleh kegagalan fungsi pendingin yang mengakibatkan kerusakan pada bagian inti reaktor nuklir. Akibatnya, terjadi pelepasan sejumlah gas dan iodium radioaktif ke lingkungan, hingga membuat ratusan ribu orang dievakuasi dari daerah sekitar. Insiden ini juga menimbulkan sentimen negatif pada publik terhadap pemanfaatan tenaga nuklir. Jika tidak digunakan dengan sangat hati-hati, nuklir memang sangat berbahaya smart buddies.

pencemaran lingkungan - Monumen informasi peristiwa nuklir di Three Mile Island

Monumen informasi peristiwa nuklir di Three Mile Island (Sumber: baltimoresun.com)

5. Lumpur Panas Lapindo

Nah, yang satu ini dari dalam negeri sendiri nih smart buddies. Banjir lumpur panas Sidoarjo terjadi pada bulan Mei 2006, sebagai akibat dari ‘meletusnya’ gunung lumpur yang dipicu oleh ledakan gas alam dari pengeboran sumur minyak oleh PT Lapindo Brantas di Jawa Timur, Indonesia.

Semburan lumpur panas Sidoarjo telah menghancurkan rumah dan properti penduduk, serta menewaskan 13 orang akibat jebolnya dinding tanggul penahan lumpur. Psst, semburan lumpur masih terus keluar hingga hari ini lho smart buddies, dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga 30 tahun ke depan. Serem banget ya.

pencemaran lingkungan - Lumpur panas Sidoarjo

Lumpur panas Sidoarjo (Sumber: wordpress.com)

Beberapa contoh peristiwa pencemaran lingkungan tadi mengingatkan kita untuk harus terus berhati-hati agar jangan sampai merusak alam, apalagi mencelakakan manusia. Yuk sama-sama jaga lingkungan kita, jangan patah semangat dan terus belajar untuk membuat lingkungan kita menjadi lebih baik. (SA/DR)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.